Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

17 January 2017

Mendapatkan Kartu Touch n Go di KL

Liburan atau beraktivitas di Malaysia, Kuala Lumpur tepatnya ternyata membutuhkan kepraktisan dalam bertansaksi. Terlebih kami yang sedang "roadtrip" di Malaysia, tentunya persoalan membayar biaya tol menjadi pekerjaan rumah kalau harus bayar tunai.

Berbekal hasil mengamati jendela ketika naik bus dari KLIA ke KL, yang juga lewat tol ada opsi pembayaran menggunakan kartu Touch n Go, di Indonesia seperti e-money Bank Mandiri, Flazz BCA, Brizzi-nya BRI, kalau di Singapura seperti NETS.

Kartu Touch n Go, di Malaysia merupakan kartu "pengganti uang" yang sangat powerful menurut saya dan sangat membantu ketika roadtrip untuk bayar parkir, bayar tol dan naik MRT, LRT atau Kommuter selama di KL.

Membeli di NU Sentral
Bagi anda yang ingin mendapatkan kartu Touch n Go tidaklah sulit, provider kartu ini menyediakan beberapa self service kiosk, seperti yang paling mudah ditemukan ada di NU Sentral, lantai 2.

Konter Touch n Go di NU Sentral


Lokasi SSK (Self Service Kiosk) cek di touchngo.com.my

Kalau anda berada di KL Sentral, berjalanlah ke arah eskalator ke NU Sentral, lalu belok kiri dan naik ke lantai 2

Eskalator ke NU Sentral dari Stasiun KL Sentral

Membeli di KLIA
Apabila mau naik mobil rental dari KLIA dan memerlukan kartu Touch n Go, per 2018 akhir sudah bisa dibeli di Self Service Kiosk (SSK) di Bandara KLIA, lantai 2 dekat car park (arah ke hotel Sama-sama).

Self Service Kiosk Touch n Go di bandara KLIA, lantai 2 dekat Car Park

panduan penggunaan SSK


Setelah menemukan tempat untuk membelinya, Touch n Go mengenakan biaya kartu 10 Ringgit (2016), sehingga apabila akan membeli kartu dan menginginkan deposit 50 Ringgit maka kita harus memasukkan uang ke kiosk-nya sebesar 60 Ringgit.. Saya dibantu oleh petugas Touch n Go untuk melakukan transaksi, dan whoalaa...keluarlah kartu Touch n Go tersebut..


Kartu Touch n Go, edisi 20 Tahun


Update 2018, Touch n Go juga sudah ada dengan bundling myrapid dengan harga RM15. Silahkan ke konter penjualan kartu myrapid seperti di Hub. Pasar Seni (sebelah terminal bus Pasar Seni dan dibawah Stasiun LRT Pasar Seni).

Yang saya masih bingung adalah minimum deposit, karena berbeda-beda setiap tempat, misal untuk bayar tol, minimum saldo bisa 25 Ringgit - 50 Ringgit, untuk parkir 2,5 Ringgit, untuk bisa naik LRT minimal 3 Ringgit. Jadi tergantung kartu Touch n Go-nya mau dipakai untuk apa.


Reload
Untuk reload / top up tidak sulit, selain di NU Sentral terdapat beberapa tempat untuk reload seperti di Rest & Relax Area ini, ada kiosk untuk top up.

SSK (Self Service Kiosk) di R&R Lebuh Raya Utara Selatan


Kegunaan 
Beberapa kegunaannya yang sudah saya coba dari kartu ini adalah naik Monorel dari KL Sentral (NU Sentral tepatnya), Naik KTM ke dari Stasiun Putra ke Batu Caves, dan naik LRT dari Stasiun Pasar Seni ke KL Sentral. Prosesnya mudah hanya tapping di stasiun awal mula berangkat dan tapping di stasiun tujuan. Tapi perlu diperhatikan, di beberapa stasiun tempat tappingnya ada jalur khusus Touch n Go, tidak jalur token / kartu SmartRapid.

Naik Monorel dengan Touch n Go

Tidak hanya untuk naik Monorel, LRT dan naik kereta KTM saja, kartu Touch n Go ini sudah pernah saya coba untuk naik Bus RapidKL dari LRT Bangsar ke MidValley Mega Mall. Untuk naik bus kita tapping di pintu masuk dan tapping di pintu keluar.



Baca : Tips Naik MRT di Kuala Lumpur

Selain itu, bagi pengendara kendaraan, kartu Touch n Go berguna untuk membayar tol, membayar parkir seperti saat kami ke Berjaya Times Square, tinggal tapping saja dan perhatikan saldonya sisa berapa di layar alat tapping.


Membayar Tol dengan Touch n Go



Perlu gak kita beli kartu Touch n Go?
Jawabannya tergantung pada kita mau ngapain aja, cuma traveling aja dengan public transportation misal seperti MRT / LRT / Monorail.. gak perlu Touch n Go. Karena bisa menggunakan token one way trip, cara mendapatkan token one way trip bisa dilihat disini. Apalagi menggunakan bus gratis GoKL, jelas ga perlu bayar apa-apa.. Kalau mau naik bus yang standar bisa bayar cash tergantug zonanya, atau kalau mau agak mudah sedikit bisa menggunakan kartu smartRapid yang bisa didapatkan di kantor penjualan tertentu, seperti di Hub. Pasar Seni.

Tapi kalau anda ingin koleksi, ya perlu beli..
Pengen koleksi juga kartu Touch n Go? ke NU Sentral aja.. tapi sekarang bisa juga lho di KLIA

Link Bermanfaat :
- Touch n Go (www.touchngo.com.my)
- MyRapid Package Recommender (www.myrapid.com.my)




35 comments:

  1. Terima kasih infonya, sgt membantu

    ReplyDelete
  2. ada email? mau tanya2 seputar transportasi kuala lumpur hehe. bulan september saya akan menuju kuala lumpur untuk menonton konser. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat posting about us atau klik disini . silahkan kontak saja..

      Delete
  3. Hai mas Arsanto, sebelumnya terimakasih atas informasinya. Sangat bermanfaat sekali, tapi saya mau bertanya. Malaysia itu (Kuala Lumpur) menyediakan tourist pass untuk transportasi atau tidak? Kebetulan bulan november ini saya mau ke Kuala Lumpur, dan berniat naik MRT untuk mempersingkat waktu dari Bandara menuju Klang Lama. Mohon infonya ya mas, terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adanya MyRapid Smart Card (berlaku 7 hari atau 30 hari) namun penggunaannya terbatas.. saya pribadi prefer Touch n' Go.. atau manual pakai token atau cash..

      Delete
  4. Halo mas, mau tanya kl touch n go ini skrg deposit brapa ya?
    Trus bisa untuk smua kendaraan kan ya, kyk ktm, comuter, mrt,lrt, bus juga?
    Trus untuk deposit n sisa uang bisa refund ga?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada biaya kartu sebesar 10 ringgit. Ngisinya terserah berapa aja (kalau di kiosk ada di kelipatan tertentu). Blm pernah refund, biasanya saya abisin.

      Bisa buat ktm commuter, lrt, bus, bayar tol, bayar parkir

      Delete
  5. Kl boleh minta saran butuh duitbrapa ya khusus di siapkan untuk transport aja buat 3hari 2malam di kl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Budget tergantung tujuan, mau ke mana? Kalau dr KLIA-KL minimal 10-12 ringgit sekali jalan. Di kota kalau pakai GoKL gratis, kalau naik lrt ya sehari budgetin aja 10-15 ringgit. Coba ke web rapidKL dan buat rencana perjalanan bisa ketauah perlu berapa.

      Delete
  6. Ok coba deh mampir ke webnya, niatnya sih kl bisa keliling kl nya pake go kl, itu ada webnya juga ga mas?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  7. Sy biasa ke kl pake token kadang ribet klo ga ada uang pecahan kecil untk beli tokenny kudu nuker dulu. Lebh simple pake kartu keyny apalagi klo sring ke kl. Thanks infony

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup simpel karena tidak ribet.. selamat jalan-jalan

      Delete
  8. Halo kak, cara pakai kartu touch n go apakah hanya tap pada stasiun awal masuk dan stasiun keluar saja? Apakah ada pilihan mau ke stasiun mana pada mesin tap touch n go?
    Saya menemukan beberapa informasi stasiun yg mesin touch n go nya rusak, sehingga hanya bisa pakai token. Apakah banyak stasiun yg seperti ini?
    Lalu, minimarket apa saja yg menerima pembayaran dengan touch n go?
    Mohon infonya dan terima kasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau touch n go, Tap di stasiun masuk dan tap di stasiun keluar (mesinnya tergabung dengan pintu sebelum masuk peron). Tidak ada pilihan mau stasiun mana di mesin tersebut.

      Memang belum semua stasiun ada yang terima Touch n Go, jadi terpaksa menggunakan token.

      Untuk minimarket saya belum pernah coba, jadi belum bisa memberikan gambaran di mana saja yang menerima.

      Selamat Berlibur..

      Delete
  9. Mas mau nanya.. klo buat tol ada minimum saldonya? Tarif tol lihat dmana ya..khususnya yg keluar kota.. mau coba roadtrip.. lalu kalo sewa mobil adaa rekomendasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada, RM25 kalau nggak salah tp itu thn 2016.. untuk tarif cek di http://www.llm.gov.my

      Tapi jangan khawatir, di dalam jalan tol (lebuhraya) ada tempat isi ulang.

      Sewa mobil banyak mas, saya sendiri pakai Thrifty. Cek di posting tentang roadtrip ada kok

      Delete
  10. Mas mau tanya, utk anak anak umur 6 tahun kalau beli kartu Touch n Go ini harga utk anak anak ya, jadi tinggal blg ke petugasnya , apa benar begitu ? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kartu TnG hanya untuk 1 jenis, dewasa saja, jadi kalau anak beli ya dikenali sebagai dewasa.. Untuk anak dibawah 7 tahun naik MRT / LRT masih gratis kok

      Delete
  11. Berapa lama masa aktif kartu touch n go nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 tahun sejak pemakaian terakhir, kalau kartu tidak aktif (tidak ditopup atau digunakan)

      Delete
  12. Mas, kartu touch n go bisa dibeli di KLIA2 kah? supaya dari airport bisa langsung jalan pake touch n go.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut informasi dari web touchngo.com.my bisa, di Self Service Kiosk. Lokasinya KLIA2 Car Park A dan Car Park B.

      Delete
  13. Bisa direfund ga? Aq msh ada sisa lumayan klo bisa direfund. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya blm pernah refund krn kalau mau kembali saya belanjakan.. coba mampir ke website resminya

      Delete
  14. Mas punya rekomendasi tiket pesawat murah atau promo ga ke KL ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Search semua maskapai yg melayani penerbangan ke KL dan subscribe newsletternya/social media mereka.. biasanya infonya dari email / twitter / FB / IG

      Delete
  15. Mas mau tanya. Satu kartu touch n go ini bisa digunakan utk brp org? Apakah spt Ezlink (s’pore) 1 org 1 kartu atau spt Istanbulkart (turki) bisa di tap hingga 4 org?
    Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 kartu 1 orang sepengalaman saya.. tapi kalau utk parkir / tol per kendaraan

      Delete
  16. Selamat pagi,mas mau nanya bedanya touch n go dgn myrapid apa ya? Saya rencana mau pake buat naik lrt,mrt sama monorail saja,kira kira worthed yg mana? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Touch n Go itu kartu pengganti uang (seperti e money / flazz card di Indonesia) penggunaannya juga bisa untuk bayar parkir, bayar tol..
      Nah myrapid itu ada 2 tipe, tipe 1 adalah kartu yang terbatas waktu (seperti Kartu Multi Trip di KRL Jabodetabek, cuma kalau KMT kan terbatas saldo) dan pemakaiannya terbatas untuk transportasi saja. Tipe kedua ya sama dengan Touch n Go.
      Pilih mana itu tergantung tipe kamu, mungkin bisa dicoba myrapid smart 7 yang bisa untuk 1 minggu.

      Delete
  17. Kartu ktm boleh tak bang buat naik bus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun tak paham betul, boleh ke tak guna kartu ktm. maaf

      Delete

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com