Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

11 July 2015

Naik Bus Dari Johor Bahru ke Singapore

Setelah posting sebelumnya tentang cara naik bus dan MRT di Singapura juga naik bus dari Singapura ke Johor, kali ini saya coba sharing pengalaman saat kembali ke Singapura dari Johor dengan Bus.

Naik Bus LM1 dari Hello Kitty Land atau Mall Of Medini (Legoland)
Karena kami sekeluarga bermain di Dari Hello Kitty Land / Little Big Club (Puteri Harbour) sebagai itenary terakhir dalam perjalanan di Johor, dan sudah cukup siang, kami memutuskan untuk kembali ke Singapura. Untuk ke Singapura kami rencana ke Terminal Larkin terlebih dahulu untuk kemudian ke Singapura.

Menuju pintu menunggu bus di Little Big Club, Puteri Harbour

Jadwal Bus

Dari tempat menunggu bus Little Big Club, Puteri Harbour, kami menunggu bus LM1, yang mengarah ke Larkin Terminal (terminal busnya Johor Bahru), kami coba ke Larkin Terminal supaya tahu juga bagaimana caranya kalau start naik bus dari Terminal Larkin ini. Tapi kalau tidak mau ribet, tidak usah turun di Larkin Terminal tapi langsung ke JB Sentral (bilang dari awal ke supir busnya) dan masuk ke JB CIQ, nanti naik bus ke Singapuranya dari bawah JB CIQ bisa juga dan membayarnya dari JB CIQ.

Kalau dari Legoland naik bus LM1 di Mall Of Medini, yang dekat dengan Legoland dan bilang saja mau ke Singapura, nanti turun di JB CIQ dan beli tiket di petugas saat mengantri selepas imigrasi keluar Malaysia.

Ke JB CIQ & Cek Imigrasi Keluar Malaysia

Sudut tempat menunggu bus ke Singapura di Larkin Terminal

Jangan kaget kalau ke terminal bus ini, akan banyak orang yang menawarkan jasa bus. biasanya menawarkan ke beberapa jurusan kota, cukup dijawab akan ke Singapura mereka sudah paham. Oya, sebelum naik bus pastikan anda punya uang ringgit dalam jumlah yang pas karena mereka tidak mempunyai uang kembalian. bisaa aja ni bus...

CWL Bus


Akhirnya setelah menunggu, datang pula bus CWL Causeway Link, bus ini akan mengantar sampai JB CIQ & Woodlands. Setelah sampai di JB CIQ, ikuti proses imigrasi untuk keluar dari Malaysia. dan turun ke tempat pemberhentian bus.


Ke Woodlands dan Masuk Singapura
Setelah selesai urusan imigrasi, turun ke bawah tempat menunggu bis, jangan panik, karena ramai sekali yang akan naik bus ke Woodlands. Beberapa orang yang mulai naik disini akan antre membayar, bila kita dari Larkin Terminal cukup tunjukkan tiket kita saja dan ikuti instruksi petugas.

Setelah sampai di Woodlands, jangan lupa isi form kartu masuk Singapura (embarkation card). Tipsnya kalau akan travel beberapa negara terutama Singapura, jangan lupa minta form kartu ini lebih dari satu. Proses isi form dan antre di imigrasi memakan waktu yang cukup lama. Jangan khawatir ditinggal bus, karena bus yang ke Singapura cukup banyak. Karena kami ke Queen St. Terminal maka kami mengantre di jalur CW2.



Biaya yang dikeluarkan untuk transport aja (Januari 2015):
- Tiket LM1 (HKT-Larkin) : MYR 2.8 x 2 + MYR 1.4 = MYR 7
- Tiket CWL (Larkin-Queen St.) : MYR 3.3 x 2 + MYR 1.5 = MYR 8.1

Setelah sampai Singapura, petualangan dimulai lagi, mau naik Bus atau MRT? caranya bisa disimak di posting ini.

Info & Disclaimer :
  • Selain itu masih ada opsi naik bus dari Legoland ke Singapura via 2nd link immigration dengan bus CW7L atau bus JPO2 dari Hello Kitty Land dan sambung CW3 atau CW4 di saat keluar dari imigrasi Malaysia ke Jurong East MRT. Bayarnya cukup sekali di bus CW7L atau JPO2.
  • Januari 2017 Tiket dari Larkin ke Queen St. MYR 3.4 dari LandTransportGuru
  • Harga tiket dapat berubah sewaktu, cek di www.causewaylink.com.my



8 comments:

  1. Buat Iis Subandriyah, setahu saya imigrasi buka terus dan STP hanya digunakan di Singapura saja tetapi STP bisa di top up untuk menjadi kartu seperti ez-link jaga-jaga kalau mau tetap dipakai naik bus JB-Singapura.

    Untuk jadwal paling pagi pukul 4.15 waktu Malaysia dari JB CIQ dengan bus CW1 ke Kranji MRT Singapura.

    ReplyDelete
  2. Untuk Bagus Cetak, di posting ini bisa dibayangkan perjalanan JB ke Singapura, kalau anak-anak mungkin enjoy. Nah lansia ini yang perlu perhatian khusus.

    Kalau naik bus dari JB CIQ ke Bugis kira2 begini (plus perkiraan jarak, aslinya saya gak ngitung)
    - jalan kaki ke imigrasi dari pintu masuk JB Sentral (200-300 m), naik eskalator / lift khusus difabel (bila dengan kursi roda)
    - ke hall imigrasi JB (100 m)
    - turun ke halte bus dengan eskalator / lift difabel (100 m)
    - naik bus ke SG (bisa Bus Causeway Link, Bus SBS 170, bus Singapore Johor Express)
    - turun dari bus, naik eskalator / lift difabel ke hall imigrasi Singapura (200 m)
    - turun ke halte bus, dan naik bus ke queen st terminal di Bugis (CW2, SBS 170).
    - Atau ke Kranji MRT (bus CW1) dan naik MRT ke Bugis (red line sambung green line), Kalau ke kranji MRT masih harus naik dan turun eskalator / lift difabel 2x yaitu di Stasiun MRT kranji dan MRT Bugis dan transfer jalur MRT.

    Jarak Queen Street Terminal ke Bugis MRT (300m), Misal sudah di Bugis dan harus ke hotel lagi, mentok pakai taksi online..

    Sewa van, mahal.. naik kereta shuttle tebrau JB Sentral - Woodlands train chkpoint, jalannya dan transitnya lumayan.. Semoga membantu..

    ReplyDelete
  3. Makasih banget mas... Informasi anda sangat membantu sekali.. Sekali lg makasih...

    ReplyDelete
  4. Mau tanya. Bus pertama dari Johor ke Singapore jam berapa ya? Soalnya pesawaat balik dari Singapore dan pagi jam 8. Khawatir gak keburu. hehe thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Opsi 1, JB-Changi dengan bus TS1, bus paling pagi jam 5 tapi untuk lebih jelas lihat di link Transtar TS 1..

      Opsi 2, JB-MRT Kranji,lanjut MRT ke Changi, bus CW 1 paling pagi bus jam 4.15, lebih jelas lihat di Bus Causeway Link..

      Delete
  5. Mas Kukuh,

    KTM sepertinya banyak perubahan, KL-SG harus transit di Stasiun Gemas / Stasiun Tampin, coba cek www.ktmb.com.my dan klik di bagian Train Schedule utk Gemas / Tampin - JB, klik di ETS untuk KL Sentral - Gemas dan klik di KTM untuk KL Sentral - Tampin.

    ReplyDelete
  6. Postingan ini benar2 membantu,,,
    Mw tanya sedikit mas, brrti kalau dr JB CIQ ke queen street itu terminal akhir utk bus antar negara ya ?? Trus nnti kalau mw balik malaysia pakai bus naiknya dr queen street terminal lg gitu ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jalur (JB CIQ-Queen St) yang saya tulis ini jawabannya YA.. kalau mau balik YA juga (Queen St - JB)...

      Alternatif lain bisa dari Stasiun MRT Kranji di Singapura kalau mau balik ke Malaysia

      Delete

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com