Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

29 December 2016

Balada Mencari Ayam Goreng Ipin Upin di Kampung Durian Runtuh

Bagi anak-anak, ketika diajak ke Malaysia yang terbesit di pikirannya adalah film animasi Upin Ipin, yang memang hampir setiap hari tayang di televisi Indonesia, bahkan bisa sampai 3 kali tayang setiap hari walaupun ceritanya diulang-ulang. Tapi memang film animasi tersebut menyampaikan pesan moral yang mendalam bagi anak-anak yang menonton.

Di depan rumah Upin Ipin, Kampong Durian Runtuh

Salah satu yang jadi itenary ke anak saya ketika persiapan untuk liburan ke Malaysia, Kuala Lumpur dan roadtrip ke Penang adalah makan di restoran Ipin Upin yang dekat dengan Kuala Lumpur, kenapa saya iyakan karena setelah mengecek di internet restoranya tersebar banyak dan yang paling gampang adalah ke daerah Ampang, kebetulan dekat dengan stasiun MRT Ampang yang ternyata masuk daerah Selangor. Dicek juga di google street lokasinya di pojokan ruko gitu lah...Wah kalo dekat stasiun mah gampang lah..

Perjalanan pun dimulai, setelah pagi ke Dataran Merdeka, KL City Gallery dan melihat Masjid Jamek, kami pun mempersiapkan untuk makan siang di Restoran Upin Ipin yang di petanya dari stasiun Masjid Jamek kami naik MRT menuju stasiun ampang dan beli tiketnya di kiosk, karena belum punya kartu Touch n' Go dan gak beli smart cardnya RapidKL.

Sampai Ampang, setelah turun dari MRT anak saya udah girang aja bakal nyoba ayam goreng.. mungkin di kepalanya udah mbayangin si Upin Ipin makan ayam goreng.

Jalan ke ruko, mencari mana nih tempatnya...


Eh kok ga ada..

Pojokan kok jadi bukan restoran, masih ada yang kerja untuk renovasi rukonya lagi..


Tengok kanan kiri, juga ga ada..


Dan ternyata kecewaaa... restonya sudah tutup dan ganti jadi bank...



Peta Kedai Makan Upin Ipin di Ampang, ternyata sudah tutup


Teriak-teriak lah anak saya sampai ga mau pulang, ga mau makan, hwaaa... tapi pelan-pelan dibujuk, kita makannya sore aja yak sambil cari pusat tempat makannya.. dengan berlinang air mata akhirnya mau juga.. ini hari kedua di KL, dan dia kecewa.. Sudah siang, Lapar dan gagal mendapatkan restoran yang diidamkan, lengkap sudah kekecewaannya... Maafkan orangtuamu ini nak yang gagal membaca peta dan situasi...

Ibarat Mission Possible, tiba-tiba ada perintah masuk via "pager telepati" hanya dengan pandangan mata emak-emak, hahaha :

Prioritas satu adalah Mencari Ayam Goreng Upin Ipin and mission must complete! 

Terpaksa ganti itenary, jadwalnya kami mutar-mutar KL seperti ke Menara KL dan Petronas Twin Tower terpaksa ditunda.. Akhirnya diputuskan untuk kembali ke Masjid Jamek dan makan di sekitar situ yang ujung-ujungnya McD karena cuma McD dan KFC setahu saya yang ada olahan beras. Lalu ke Restoran Upin Ipin yang lain. Ide ke McD untuk menenangkan anak saya, karena dapat mainan happy meal.

Lokasi Rumah Makan Upin Ipin di sekitar KL, masih buka atau tidak? cek websitenya dulu sebelum jalan..

Sambil makan siang, kami mencari informasi di website Les Copaque, produsen film animasi Upin Ipin, ada restorannya di sebelah dari kantor Les Copaque namanya Geng's Corner dan lainnya lagi adalah Restoran Upin & Ipin, dan ternyata hanya ada 2 outlet yang ada di sekitar KL, lainnya berarti sudah tutup. Yang paling dekat adanya di....... Seksyen 13 Shah Alam, Selangor... alamak... Kaki lumayan pegal setelah jalan kaki di Kasturi Walk, Dataran Merdeka, Masjid Jamek, tambah gagal di Ampang, kayanya nge-Grab oke juga tapi kok naik MRT dan Kereta Kommuter trus naik taksi gak terlalu ribet sekalian nambah pengalaman. Akhirnya diputuskan ke Stasiun Batu Tiga lalu jalan kaki ke Seksyen 13.

Restoran Upin Ipin Seksyen 13, Shah Alam, Selangor

Perjalanan ke Stasuin Batu Tiga menggukanan Komuter yang menuju Port Klang (Pelabuhan Klang) yang melewati stasiun KL Sentral atau stasiun Kuala Lumpur yang dekat dengan Masjid Jamek, tapi karena di stasiun Kuala Lumpur transitnya jauh jadinya transit kereta kommuternya di KL Sentral. Sesampai di KL Sentral kami beli token lagi di loket kommuter untuk ke stasiun Batu Tiga di daerah Selangor.

Lokasi Kommuter Stasiun Batu Tiga, Restoran Upin Ipin ada di belakang Tesco

Lancar sampai di Batu Tiga, selanjutnya kami mau naik taksi, tapi setelah lihat peta, saya bilang "jaraknya ga jauh kok.. 20 menit aja jalan kaki.." tapi ternyata 2,5 km bo jaraknya... tambah dikejar anjing lagi.. kali ini yang ngedumel ibunya si anak, tapi gakpapa itung-itung olah raga biar lemaknya turun.. yang saya heran, anak saya selama jalan kaki bilangnya.. aku semangat kok pa.. aku semangat kok ma.. ni anak 5 tahun kok ya semangat banget..

Perjalanan ke Seksyen 13, pakai balada dikejar anjing penjaga lagi...

Melihat kendaraan yang ada gambarnya Ipin Upin dan tulisan Les Copaque di sebuah gedung, anak saya teriak-teriak, itu tu.... buat saya dan istri, wow... akhirnya.. perjalanan mencarinya selesai juga..

Gengs corner saudaranya Restoran Upin Ipin di Seksyen 13, Shah Alam

Cari menu Ayam Goreng, sudah bisa senyum

Suasana Restoran

Untuk makanannya kami hanya memesan ayam goreng kunyit dan kangkung belacan, anak saya yang pasti memilih ayam goreng kunyit, saya memilih kangkung balacan untuk mengenang memori rasa balacan buatan orang melayu yang sudah lama tidak saya cicipi. Setelah datang ternyata ayam gorengnya sudah di-fillet, sehingga gak ribet makannya, dan ternyata memang gurih ayam goreng kampung.

Ayam Goreng Kunyit

Kangkung Balacan

Emang anak-anak punya style sendiri-sendiri.. setelah makan ayam goreng, ya sudah, mau diajak pulang juga.. cuma karena belum sholat ashar kami ke mall AEON Shah Alam yang terletak di sebelah komplek ruko ini untuk sholat, ketika menyebrang istri saya lihat bus Smart Selangor atau Smart Shah Alam 002, trus dia nyeletuk.. "ada bus lewat sini ya?".. saya jawab, "ga jelas deh, ga ada websitenya, bus pekerja kali" karena sambil lalu ya udah ilang gitu aja dan kami ngadem dulu di mall... capek jalan 2,5 km.

Pulangnya, untuk ke stasiun batu tiga, sesuai petuah istri saya, kami menunggu dulu di samping AEON Mall untuk melihat bus itu, siapa tahu ada bus datang... dan memang berkah, setelah menunggu 15 menit ada bus Smart Selangor datang dengan tujuan Batu Tiga, dan ternyata Free / Gratis / Percuma... asyik.

Bus Smart Selangor, 002, Jurusan Batu Tiga - Seksyen 13

Untuk kembali ke hotel, kami transit di Stasiun Subang Jaya yang di jaringan Klang Valley Interchange System ternyata memegang peranan penting dan tidak memilih transit ke KL Sentral karena pasti ramai di KL Sentral, di Subang Jaya kami naik laluan (jalur) Kelana Jaya, seperti dugaan, sepi.. Sampai hotel Geo, hotel yang direkomendasikan dari Mbak Olen, gosok minyak semua karena pegal-pegal.. ngukur KL demi Ayam Goreng...

Pesan Moral kali ini adalah :
  1. Jangan terlalu percaya pada aplikasi map, belum tentu valid.. supaya valid bisa cek ke website resmi atau telepon.
  2. Di Malaysia banyak transportasi gratis, seperti bus GoKL dan Smart Bus Selangor ini, jangan menyerah mencari informasi.
  3. Tetap semangat
Geng's Corner






Tertarik mengajak anak ke sini dan perlu informasi? silahkan tinggalkan komentar


***

Posting ini didedikasikan ke anak saya dan anak-anak yang lain yang suka travelling dan juga untuk travel companion-nya sangat teguh pendiriannya untuk mendapatkan sesuatu... seperti ayam goreng...


Location: Seksyen 13, Shah Alam, Selangor, Malaysia

14 comments:

  1. sebenarnya masih ada restoran upin ipin dekat ampang. memang betul dekat sahaja dengan station LRT Ampang. Sepatutnya encik naik bus rapidKL nombor 300 dari LRT station pergi ke restoran upin ipin tu. tak perlu pergi sampai shah alam. jauh tu. ini link http://kedaimakanupinipin.com/store/selangor_taman_dagang

    ReplyDelete
  2. restoran upin ipin tu bukannya on the spot dekat dengan station LRT. boleh naik uber ataupun naik bus rapidKL no. 300. tapi tak apalah, at least encik dapat explore Klang Valley (termasuk KL) yang kebanyakan tourist hanya tertumpu di KL sahaja.

    Additional info : Shah Alam, Subang Jaya dan Ampang tidak termasuk dalam bandar Kuala Lumpur tetapi masih lagi berada dalam kawasan Klang Valley.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terime kaseh.. betol Shah Alam, Subang Jaya dan Ampang termasuk dalam bandar Selangor Darul Ehsan... explore klang valley area, pun bagus

      Delete
  3. Saya br pertama mw ke malaysia. Kira2 kalo sampe malaysia jam 15.00 ke resto upin ipin bisa ga ya? Apa perlu bermalam di shah alam juga? Mohon informasinya dan terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info di web Geng's corner tutup sampai jam 12 malam.. Pertanyaannya apakah memang mau ke Shah Alam? Akan lebih nyaman menginap di KL tentunya..

      Delete
  4. apakah restoran upin ipin masih ada? dan jika ada dimana saja..terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang aktif di FB mungkin Gengs Corner, di Shah Alam seksyen 13.. cara kesana ikuti aja tulisan ini, dari stasiun Batu Tiga bisa naik bus Smart Selangor SA02, turun terdekat di AEON Mall lalu jalan kaki ke resto..

      Delete
  5. Om, itu foto anak yg di rumah upin ipin lokasinya dimana? Apakah di restorannya atau ditempat lain, dan perjalan dari KL Sentral ke tujuan berapa lama? Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelah restoran, sekitar tempat jualan merchandise Upin Ipin, Jalan Boling Padang E 13/E,
      Seksyen 13, 40100 Shah Alam,
      Selangor, Malaysia.

      Sekitar 45menit - 1 jam dengan kombinasi Kereta Kommuter dan bus di Shah Alam

      Delete
    2. Sebelah restoran, sekitar tempat jualan merchandise Upin Ipin, Jalan Boling Padang E 13/E,
      Seksyen 13, 40100 Shah Alam,
      Selangor, Malaysia.

      Sekitar 45menit - 1 jam dengan kombinasi Kereta Kommuter dan bus di Shah Alam

      Delete
  6. Kalau saya menginap di Kuala Lumpur untuk bisa ke Tempat makan ini tidak perlu menginap di Selangorkan? Apa bisa naik uber saja PP dri Kuala Lumpur? lali apa ini persis sebelah Upin Ipin Store? Terima kasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak perlu nginap di Selangor, kami juga PP kemarin. Iya dekat dengan Upin Ipin store

      Delete

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com