Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

11 July 2015

Naik Bus dari Singapore ke Johor Bahru

Akhirnya.. tulisan ini bisa selesai juga, terlambat beberapa bulan karena kesibukan yang menyita..

Kali ini saya ingin berbagi tips liburan, yang kebetulan berada di Malaysia. Yup.. Johor.. atau yang dikenal dengan Johor Bahru.

Johor Bahru ternyata menyimpan spot liburan yang cukup mengasyikan, terutama bila membawa keluarga, anak kecil ya... Agenda pada liburan kali ini adalah ke Johor Bahru. Anak lagi senang banget sama yang namanya Angry Bird, mulai dari nama karakter Red, Chuck sampe Hal, yang ijoo..

Karena kami stay liburannya di Singapura, untuk ke Johor Bahru harus melewati perbatasan antara Singapura dan Malaysia. Alternatif untuk ke Johor Bahru dari Singapura ada beberapa metode, pertama dari Changi Airport langsung menggunakan bus ke Johor yang disediakan gratis oleh beberapa maskapai, penampakan loketnya bisa dilihat disini. Namun pilihan ini tidak kami lakukan karena daripada bawa barang berat mendingan barangnya disimpan di penginapan. Sedangkan kalau dari pusat kota Singapura salah satu yang paling murah adalah menggunakan bus dari Singapura ke Johor Bahru. Berikut beberapa langkah untuk ke Johor Bahru.

1. Ke Queen Street Terminal
Di pusat kota, pemberangkatan bus tujuan Johor ada di Queen Street Terminal, lokasinya dekat dengan MRT Bugis (green line & blue line). Dekatnya itu.. Ya... Kalau jalan kaki kira-kira 5 menit, cuma nyebrang jalan 2 kali. Kalau dari kawasan Little India, jalan kaki ke arah belakang Sim Lim Tower, terminal terletak di belakang lapangan parkir. Sedangkan, kalau dari daerah Bugis ini foto terminalnya..cukup minimalis..
Queen Street Terminal



Tapi sebelum ke Queen Street Terminal, jangan lupa cek lagi dokumen perjalanan seperti paspor & makanan untuk si kecil.

2. Siapkan Uang SGD dalam jumlah kecil
Setelah sampai siapkan SGD dalam jumlah kecil, bisa juga lihat-lihat dulu informasi yang ada di papan. Papan informasi memuat biaya per orang. Bulan Januari 2015 ongkosnya SGD 3.30 untuk dewasa dapat dibayar cash dan kalau punya kartu EZ-Link atau NETS Flash Pay bisa juga digunakan, tinggal tapping saja dengan biaya yang sama. Sedangkan untuk anak-anak biayanya SGD 1.5.

biaya naik bus CW2 ke Johor (gambar 2017)
Eh ternyata akhir tahun 2017, udah ganti lagi cara bayarnya jadi sistem cashless. Jadi kalau gak punya Ez-link atau NETS, atau bahkan Manjalink card harus beli token card dulu baru bisa antri.

cashless CW2


3. Pilih Bus yang akan digunakan
Bus yang melayani jalur Singapore - Johor Bahru dari Queen St. Terminal ada 3, yaitu
  • SBS No. 170 milik Singapura, 
  • Causeway Link no CW2 dari perusahaan Handal Indah, Malaysia dan 
  • Johor Bahru Express dari Malaysia. (SJE)

jalur antrian, kiri SJE, kanan CW

Untuk urusan kenyamanan bus, busnya bersih-bersih so tinggal pilih aja bus yang mau digunakan. Beberapa catatannya ya..
  • Causeway Link banyak jam pemberangkatannya sekitar 15-30 menit sekali dan cukup cepat perjalanannya, karena hanya berhenti di Woodlands dan JB CIQ sebelum akhirnya ke Larkin Terminal, namun antri bus ini saat di imigrasi (Woodlands) untuk menuju JB CIQ cukup memakan waktu.
  • SBS 170, berhenti di beberapa tempat pemberhentian sepanjang jalur ke Johor, tapi kalau kata teman saya yang tinggal di Singapura, bus ini cukup cepat juga dan lebih sedikit antriannya dibanding bus Causeway Link di Woodlands. 
  • Johor Bahru Express jadwalnya tidak sebanyak keduanya.

Kali ini kami memilih menggunakan causeway link, beli tiketnya di counter yang jaga mbah-mbah. Disini kalo kamu ga bawa uang kecil, petugas tiketnya siap ngasih kembalian.

Causeway Link Bus

SBS 170 Bus

Singapore Johor Express bus di Queen Street Terminal

4. Nikmatin Perjalanannya
Jarak ke Johor tidak terlalu jauh dan karena bus yang kami pilih adalah CW2 yang merupakan Bus Ekspress, perjalanan terasa cukup cepat, ditunjang dengan AC yang dingin. Yup.. sepertinya AC merupakan fasilitas standar public transport di Singapura. Perjalanan ini ditempuh sekitar 1 jam, pada waktu itu weekdays (bukan weekend) sudah termasuk macet di tol Singapura karena padat.

Selama perjalanan dari Singapura ke Johor, kita akan melihat beberapa pemandangan
stasiun satelit yang dilewati saat perjalanan

5. Turun di Woodlands Checkpoint dan cek Imigrasi
Woodlands Checkpoint itu adalah titik imigrasi keluar masuk Singapura via 1st link (jalur 1) yang berada di daerah Woodlands, jangan tertukar dengan Woodlands MRT yaaa... Disini kita diminta untuk turun dan melaporkan keberangkatan ke Johor, sama seperti imigrasi biasa. Jangan lupa persiapkan paspor anda dan embarkation card.

Catatan, tiket bus jangan hilang. 

6. Jangan panik kalau ditinggal bus dari Woodlands Checkpoint
Setelah proses imigrasi selesai, jalan ke bawah tepat antri naik bus... Waduh bus yang tadi dinaikin kok jalan duluan nah kita gimana?...

Jangan panik.. Ya usut punya usut ternyata bus CW2 ke Johor itu kalau sudah di Woodlands Checkpoint dinaikin semua penumpangnya Causeway Link dari titik pemberangkatan yang lain jadinya ya bisa jadi ditinggal.

Kalau ketemu kondisi seperti ini pokoknya tetep antri di jalur penumpang Causeway Link, nanti akan diangkut oleh bus berikutnya.
suasana bus

Kalau masih bingung ya tanya aja sama petugasnya Causeway Link. Anda akan ditunjukkan bus yang mengarah ke JB CIQ (Imigrasi di Johor Bahru)

7. Turun di JB CIQ & Masuk Malaysia
Setelah sampai di JB CIQ, kita turun lagi dari bus dan naik tangga masuk ke bagian imigrasi. Kalau sudah selesai proses imigrasi keluar aja langsung, dan pilih tujuan berikutnya. Kalau mau ke Larkin Terminal, jangan mengambil ke arah JB Sentral Station tetapi setelah paspor distempel langsung turun ke tempat bus parkir di bagian bawah imigrasi JB CIQ, nanti naik bus CWL yang ke Larkin Terminal.

Karena kami berencana ke JB Sentral & Angry Bird Park di JBCC kami keluar langsung (tidak naik bus). JB Sentral dan JB CIQ bersebelahan, JB Sentral sebenarnya stasiun kereta api terintegrasi, ada stasiun kereta, ada terminal bus, ada tempat ngetem taksi.. Kalau mau ke kota lain di Malaysia seperti Kuala Lumpur, bisa naik kereta api dari stasiun ini.

JB Sentral

Sampai di JB Sentral, kalau belum bawa Ringgit Malaysia bisa langsung tukar aja uang yang dibawa, banyak money changer di JB Sentral. Kalau lapar, juga banyak kios yang menyuguhkan makanan.

8. Mau ke Hello Kitty Land / Little Big Club & Legoland
Kalau mau ke Hello Kitty Land / Little Big Club yang terletak di Puteri Harbour dan Legoland di daerah Gelang Patah, ga usah kembali ke bus yang dinaikin dari JB CIQ, langsung keluar ke arah Terminal Bus JB Sentral. Tempat naik - turun penumpang bus berada di bawah ( lantai dasar) dari JB Sentral. 

Untuk ke terminal bus JB Sentral cukup turun tangga dari lantai atas / jembatan penyebrangan. Untuk mempermudah membayangkan, jembatan antara JB Sentral dengan JB CIQ ini seperti kalau mau pindah antar pemberhentian naik Transjakarta busway..

papan informasi

tangga turun ke terminal bus

Bus ke Legoland / Hello Kitty Land / Little Big Club dari JB Central dioperasikan oleh Causeway Link dan letaknya paling ujung, jadi jalan aja sampe ujung. Kode busnya LM 1 yang berujung di terminal Gelang Patah, sebuah daerah dekat legoland. Bayar tiketnya di atas bus sama supirnya dan berilah uang pas karena gak ada uang kembalian.

LM 1 ke Legoland, Puteri Harbour Theme Park dan Hello Kitty Land


Kalau ke Hello Kitty Land turun di Puteri Harbour Theme Park, sedangkan ke Legoland turun di Mall of Medini (kalau gak salah per September 2016). Kalau sudah di Hello Kitty Land mau ke Legoland ada free shutlle bus ke Mall of Medini, pun begitu sebaliknya.

pintu masuk Mall of Medini di sebelah Legoland

Oya jam pemberangkatan ke sana tidak setiap jam di hari biasa namun untuk hari libur jadwal setiap jam, coba cek di jadwal ini...


Kalau bingung rutenya seperti apa, coba lihat ini.
Rute, Jadwal Bus LM1, JPO2 & SL 1 ke Hello Kitty & Legoland


9. Mau ke Angry Bird Park
Angry Bird Park ada di Komtar JBCC, itu nama Mall di Johor, letaknya persis di sebelah JB Sentral, jadi langsung jalan terus keluar dari JB CIQ ke JB Sentral dan menuju jembatan penyeberangan ke JBCC Komtar. Letaknya disebelah kanan.

menuju Angry Bird Activity Park di JBCC Komtar


Bagi muslim yang akan melakukan sholat, di Johor cukup banyak tempat yang dapat digunakan untuk sholat, seperti di area hall JB CIQ.


Alternatif lain ke Johor :
  • Naik Bus dari exit Kranji MRT kode bus CW1
  • Naik Bus Resort World Sentosa
  • Naik Bus / Coach dari Singapore Flyer / Lavender MRT
  • Naik Bus dari Jurong East Temp. Interchange, kode bus CW 4 atau CW 3 lewat 2nd link immigration (lebih dekat ke Legoland), untuk ke Legoland harus pindah ke bus CW7L saat masuk Malaysia, sedangkan ke Hello Kitty Land harus naik lagi LM1 dari Legoland ke Hello Kitty Land / Puteri Harbour.
Biaya untuk transport naik bus Causeway Link CW2 plus LM1 (ini tahun 2015, akhir 2017 juga masih sama) :
Queen St.-JB CIQ/JB Sentral : 2xSGD 3.3 + SGD 1.5 = SGD 8.1
JB Sentral - Hello Kitty Land : 2xMYR4 + MYR2 : MYR 10
JB Sentral - Legoland : dewasa MYR 4.5, anak-anak MYR 2.3




Kalau mau kembali ke Singapura dari Johor Bahru ikuti link perjalanan kembali dari Johor ke Singapura. Selama di Singapura bisa naik Bus atau MRT, caranya bisa dilihat disini.

Tips :
- Bawa barang bawaan seperlunya karena barang bawaan harus dibawa turun lewat imigrasi
- Simpan dan serahkan embarkation card kepada petugas imigrasi Singapura lihat di www.ica.gov.sg
- Bila membawa anak kecil, dampingi saat di imigrasi

Kalau mau tanya-tanya bisa isi kolom komentar atau tinggalkan alamat email..
So.. kapan liburan?

***

Disclaimer :
- Biaya tiket bisa berubah sewaktu-waktu, cek di web Causewaylink


160 comments:

  1. assalamualaikum wr.wb

    mau nanya mas, dari Kranji ke stasiun kereta JB sentral bagaimana? misalkan naik bus dari kranji nanti turunnya dimana? trus kita jalan kemana lagi untuk bisa sampai ke stasiun JB sentral ?

    terimaksih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Kranji ke JB Sentral naik bus, stepnya hampir sama dengan yang saya tulis.. untuk sampai di JB Sentral melewati 2 pemeriksaan imigrasi yaitu keluar Singapura di Woodlands dan masuk Malaysia di JB CIQ, JB Sentral di sebelah JB CIQ, tidak perlu naik bus

      Delete
  2. Hallo mas, mau nanya...

    daari Stasiun Kranji beli tiket bus ke Jb sentral letak loketnya dmn?
    trus kalo jam 6 atau 7 malam (waktu singapura/malaysia)sampai d kranji, apa masih ada bus yg berjalan ke arah JB CIQ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus terakhir dari Singapura pukul 23.00, loketnya di lobyy bawah stasiun

      Delete
  3. mau tanya mas, kalo dari jb sentral ke KLCC naik mrt bisa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai kereta cek di www.ktmb.com.my, pada prinsipnya bisa, namun harus transit.
      JB Sentral ke KL Sentral via Gemas (dengan kereta & kereta listrik), dari KL Sentral ke KLCC (dengan MRT)

      Cek di http://www.ktmb.com.my

      Delete
  4. Mau start dari Senai Airport - JPO - Legoland - Johor Bahru Center dalam setengah hari bisa gak? buat foto-foto aja karna harus nyebrang ke Singapura sebelum pkl 16:00.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gak direkomendasikan mas Riki kalau harus dengan bus walaupun bisa aja, karena dari legoland ke JB Sentral pas weekdays ga banyak armadanya. Kalau pas weekend agak lumayan tapi banyak wisatawan juga. Saran saya pakai shuttle / coach langsung Singapura, atau taksi. Atau cek jadwal di causewaylink.com.my

      Delete
  5. Mau tanya,kira" proses imigrasi di woodland sma jb makan waktu brp lama ya?krn saya kereta 1/2 12 malam dari jb sentral..trus saya bawa koper naik bus cwl boleh bawa naik keatas kan?makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses imigrasi di Woodland untuk keluar dari Singapura cepat kok mbak Rina, asal semua dokumen lengkap (paspor dan disembarkation card), koper ukuran normal bisa dibawa ke bus.

      Proses imigrasi di JB CIQ juga cukup cepat tapi tergantung hari, kalau weekend ya lumayan lama bisa nunggu 20-30 menit karena antrian panjang. Yang lama lagi itu macet di jembatan Singapura - Malaysia, beri waktu spare 1 jam paling tidak untuk proses imigrasi Singapura - Malaysia.

      Delete
  6. Koper boleh masuk ke cwl ngga ya?trus kira" makan waktu berapa lama untuk imigrasi keluar sing lanjut masuk jb?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koper bisa dibawa, untuk imigrasi rata-rata 20-30 menit untuk proses keluar dari Woodlands dan proses masuk ke JB CIQ, lamanya saat macet di jembatan Singapura - Malaysia, menurut saya beri waktu spare 1 jam untuk proses ini.

      Selamat berlibur..

      Delete
  7. Berarti baiknya saya dari queen st terminal jam berapa ya kalo kereta stngah 12 malam?trus ribet ngga ya kalo bawa" koper keliling sing �� Soalnya kalo titip di changi makan waktu bolak balik nya..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya jam 20.30 malam sudah maksimal berangkat, keliling Singapura bawa koper bisa aja tapi pasti ribet.

      Spot tempat menitip koper ada beberapa :
      1. Yang terdekat dengan Queen St. Terminal bisa dititip di InnCrowd Hostel, Little India(http://www.the-inncrowd.com/storage.htm), nanti tinggal jalan kaki 10-15 menit ke terminal bus
      2. Kalau jalan-jalan ke Sentosa, bisa titip di luggage storage di beberapa area di sana, ke Johor naik Bus TS8 Sentosa - JB CIQ, saran saya ambil keberangkatan jam 20.00

      Mengingatkan aja, traffic malam hari pada weekend sangat padat, agar dijadikan pertimbangan

      Delete
    2. Baik mas terimakasih banyak atas infonya yg sangat jelas..

      Delete
  8. Berarti lebih baik jam 8 sudah naik bis di queen st ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya begitu mbak, di sebelah JB Sentral juga ada mall Komtar, bisa buat jalan-jalan & menunggu.. selamat berlibur..

      Delete
  9. Mas sebaiknya sy pesan tiket CS pas mau berangkat atau 1 hari sebelumnya? Soalnya sy rencana 3 harian diSG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya lebih suka jalan mutar2 dengan Singapore Tourist Pass, sampai bosen muter Singapura biayanya flat, ada di bagian lain blog ini

      Delete
    2. Tiket bus City Sightseeing ya maksudnya? Beli advance atau langsung menurut saya tidak terlalu beda, hanya kalau sebelumnya kamu punya waktu untuk mengatur aktivitas

      Delete
  10. terima kasih mas. artikelnya sangat membantu, jika berkenan saya boleh minta kontak WA nya ? hehe pengen tanya-tanya lebih dalam

    ReplyDelete
  11. Mas mau minta rekomendasi transportasi d singapore untuk jalan2 sama keluarga dan kami mau menginap d kampung glam.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Changi - Kampong Glam bisa naik MRT turun di MRT Bugis / MRT Lavender tergantung lokasi hotel, untuk keliling Singapura bisa naik MRT & bus, sebelum naik MRT di Changi bisa beli kartu Singapore Tourist Pass (semacam kartu naik busway / kommuter line di Jakarta) yang bisa unlimited* selama beberapa hari. Lebih lanjut bisa cek di http://westborneoroad.blogspot.com/2015/01/cara-naik-mrt-bus-di-singapura.html

      Delete
  12. Mas, boleh minta rekomendasi transportasi untuk jalan2 d singapore bersama keluarga anak usia 8th dan 12th

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh mbak, paling simpel naik bus & mrt, cara naiknya ada di bagian lain blog ini. Kalau mau detail boleh email mbak ke saya.. selamat berlibur

      Delete
    2. Lebih lanjut bisa cek di posting ini untuk cara naik Bus dan MRT di Singapura

      Delete
    3. Terima kasih banyak mas infonya
      Btw, ke johor bisa pakai ez link juga ya? Untuk anak usia 8 tahun tiket dewaaa atau anak2 kalau ke johor karena kota juga rencananya mau lanajut ke legoland

      Delete
    4. Bisa pakai Ez-Link pas di Singapura ke Johor (khusus Causeway Link dan SBS Bus), kalau di Johor ke Singapura dulu kami bayar cash RM3.4/orang (Queen St-Larkin). Kalau 8 tahun (dibawah 12 tahun) masih tarif anak-anak

      Delete
  13. mas.. mau tanya kalau langsung ke Woodlands ada bus yang ke Johor Baru? Saya rencana dari Singapore mau ke Melaka.mohon petunjuknya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari Woodlands MRT jalan kaki dulu ke Woodlands Temporary Interchange Bus Terminal (semacam terminal bus) lalu naik Bus kode 950, turun di JB Sentral. Atau naik MRT dulu ke Kranji MRT dan naik bus ke JB yang lebih banyak pilihannya (kode CW1, 170, 160)

      Kalau dari Woodlands Checkpoint (Imigrasi) semua bus ke Johor pasti ke Johor Bahru, kalau mau ke Melaka naik kereta api nanti turun di JB CIQ lalu jalan ke JB Sentral, kalau mau ke Melaka naik bus bisa ke Terminal Larkin naik bus kode CW1,CW2, 170

      Selamat Jalan-jalan..

      Delete
  14. Siang mas,
    Lebih baik beli tiket di terminal queen street H-1 atau bs pada on the spot? Saya rencananya mau ke malaka hari jumat, khawatir rame dan kehabisan tiket.
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang belinya tiket on the spot, langsung sambil antri bus. Jangan khawatir karena busnya lumayan banyak, ada bus Causeway Link yang beroperasi sampai jam 11 malam, selain itu masih ada bus lain seperti Singapore Johor Express (SJE) dan bus SBS no. 170. Justru yang perlu diperhatikan adalah saat di imigrasi karena bisa memakan waktu yang lama.

      Delete
  15. Mas informasinya dong, kalo dari JB sentral Mau ke Senai Airport itu menggunakan transportasi apa? Kira" berapa jam perjalan dr JB sentral to Senai airport.. terima kasih sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dengan Bus ada Causeway Link, kode AA1. Nunggunya di jalur paling ujung terminal JB Sentral (sebelah jalur tunggu bis ke Legoland). Kira2 sejam perjalanan.

      Delete
  16. Halo mas, kira-kira lebih cepet lebih enak kalo ke johor naik busnya via mrt kranji/ udah naik dari queens st ya? Saya bawa anak kecil soalnya.
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepat sampai Woodlands ya dari Kranji MRT.. Kalau diukur segi jarak jalan kaki dari stasiun MRT juga enakan dari Kranji, lumayan kan kalo harus gendong anak.. Queen St enaknya ada di tengah kota.. keduanya representatif jg kok untuk anak-anak

      Delete
  17. Halo mas, mau nanya dong.
    Mendingan ke jhbnya via mrt kranji/queen st?
    Lebih cepet yang mana ya?saya bawa anak kecil soalnya
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sampai Woodlands (Singapore Immigration) lebih cepat dari Kranji, naik CW1, jalan kaki dari stasiun juga lebih dekat.. Queen Street, enaknya di dekat kota, kalau saya lebih sering ke Queen Street dengan anak saya, karena lokasinya di tengah kota.. Justru yang menghabiskan waktu lama ada di imigrasi.. selamat berliburan..

      Delete
  18. Mas klo dr singapore bis terakhir ke johor jam brp?
    Klo saya dr singapore jam 9 malam mau ke johor lbh baik naik apa?
    Saya pengen nginap di daerah dkt legoland, rutenya naik apa? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaza, saya coba bantu satu persatu ya... ini untuk alternatif pertama naik bus dengan jalur imigrasi 1st link (Woodlands - JB CIQ) seperti tulisan diatas

      Mas klo dr singapore bis terakhir ke johor jam brp?
      Jam 11 malam kalau dari Queen Street Terminal, Jam 11.30 malam kalau dari Kranji MRT, semuanya waktu Singapura.

      Klo saya dr singapore jam 9 malam mau ke johor lbh baik naik apa?
      Naik bus ke Johor tapi hanya sampai ke JB CIQ atau pusat kota saja. Estimasi sampai Johor jam 10 malam
      Kalau ke Legoland / Puteri Harbour pilihannya hanya naik taksi kalau sudah malam. Karena jadwal paling malam bus dari JB Sentral dengan kode LM1 (JB Sentral - Hello Kitty Land / Legoland) jam 18.30, paling pagi jam 08.00 dari JB Sentral.

      Saya pengen nginap di daerah dkt legoland, rutenya naik apa?
      Dekat legoland-nya dimana nih? Ada 2 rute ke Legoland dengan bus umum,
      Bus paling banyak armadanya adalah Causeway Link dari Kranji MRT (rute CW1) dan dari Queen Street yang saya tulis (rute CW2) bilang saja mau ke JB Sentral.
      Setelah keluar imigrasi Singapura naik bus rute CWL (untuk transfer ke imigrasi Malaysia) dan setelah imigrasi langsung jalan kaki ke JB Sentral, turun ke bawah terminal bus, ke Legoland / Hello Kitty Land naik bus kode LM1.


      kuti saja step-step yang saya tuliskan, masih update kok itu. Kalau mau tanya-tanya lebih banyak bisa email.

      Delete
  19. Mas klo saya mau dr singapore jam 9 mlm mw ke johor kira2 enaknya naik apa?
    Saya berencana ingin menginap dekat legoland., kira2 naik apa? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. tambahan alternatif kedua naik bus dengan jalur imigrasi 2nd link (Tuas - Tg. Kupang)

      Bus Terakhir ke Johor : kode CW3, Jam 11.45 waktu Singapura dari Jurong East Temp. Terminal sebelah Jurong East MRT (Jalur Hijau). Waktu tempuh via 2nd link termasuk imigrasi bisa 1-1,5 jam.

      Kalau mau ke Legoland tinggal pindah bus dari CW3 ke CW7L setelah selesai masuk imigrasi Malaysia, bus terakhir CW7L ke Legoland jam 9.20 malam waktu singapura. Bus CW7L hanya sampai Legoland / Mall of Medini, kalau mau ke Hello Kitty Land / Puteri Harbour tetap harus naik taksi.

      Delete
  20. Mas..kalau saya nginep di lucky plaza untuk ke johor tujuannya ke premium outlet baiknya bagaimana, dan bis apa? Trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari Lucky Plaza jalan kaki ke MRT Orchard, naik MRT ke stasiun Kranji, lalu keluar dan naik bus causewaylink kode CW1, setelah selesai di imigrasi Malaysia langsung jalan kaki ke JB Sentral dan turun ke terminalnya, naik bus causewaylink kode JPO1 untuk ke premium outlet.

      Delete
  21. Salam. Mas, kalau dari johor bahru ke singapore paling pagi jam berapa ? bis dari singapore ke johor apakah sudah gratis termasuk dalam STP (singapore tourist pass)? Kantor imigrasi buka sampai jam berapa? Terimakasih

    ReplyDelete
  22. bisa dibaca disini khusus untuk dari Johor Bahru ke Singapura

    ReplyDelete
  23. Mas mau nanya kalo landing di singapore jam 5 sore dan berencana lgs ke kuala lumpur dengan bus baiknnya gimana ya? apa tidak beresiko kalo beli tiket ots

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung naik bus dari Changi ke Johor aja, bus transtar kode TS1. Nanti sambung JB sentral ke Larkin, lanjut bus ke KL

      Delete
  24. Mas boleh minta WA nya mas, aku mau tanya tanya ni.

    ReplyDelete
  25. Halo mas, boleh minta rute lengkap ga kalau mau naik bus ke melaka dari bugis singapore. Saya dari tadi cari tp kebanyakan ga to the point.. mohon dibalas ya, karna mau antar keluar pergi check up. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai bus umum yang seperti saya tulis harus ganti-ganti bus / moda selama perjalanan Singapura ke Malaka, kasihan kalau untuk yang perlu check up / sakit.

      Saya sarankan naik bus ekspres saja dari Singapura seperti Bus KKKL Singapura - Malaka yang ada di Katong, cukup satu kali naik saja dari Singapura langsung ke Malaka dan tidak perlu berurusan dengan orang-orang yang menawarkan jasa bus di Terminal Larkin, Johor

      Delete
    2. Nah iya mas saya jg kepikiran mau yg 1 kali naik aja. Karna bawa keluarga. Tp tidak tau rute nya kalau ke katong naik apa. Saya nginap di hostel plush pods bugis. Kalau dari MRT bugis gimana ya rute nya?
      makasih

      Delete
    3. Mas, boleh di e-mail ke saya juga? kebetulan saya juga mau ke melaka. kl dr Queen Street Bugis langsung Melaka bisa? Saya cek di easybook ada Bus 707 express itu. kalau dibanding KKKL Express enakan mana? Saya kurang tahu daerah Katong. Thanks

      Delete
    4. Kirim email aja mas, alamat email saya ada di bagian About Us

      Bedanya 707 naik dari terminal queen street, perusahaan dari Singapura..
      Kalau KKKL itu provider bus perusahaan dari Malaysia..

      Enakan mana, ga tahu.. karena saya lebih memilih yang paling murah.. bis di sana bersih2 dan ACnya dingin..

      Delete
  26. Halo mas, boleh minta rute lengkap ga kalau mau naik bus ke melaka dari bugis singapore. Saya dari tadi cari tp kebanyakan ga to the point.. mohon dibalas ya, karna mau antar keluar pergi check up. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tetap mau menggunakan bus umum dari Bugis ke Malakaya langkahnya :
      - Ke Terminal Queen Stret via MRT Bugis, 350 meter jalan kaki
      - Ke Johor Bahru (Larkin Terminal), naik bus Causeway Link CW2 seperti tulisan, tetapi harus melalui prosedur wajib turun naik turun di woodlands checkpoint (Imigrasi Singapura), naik bus CWL lagi ke JB CIQ (imigrasi Malaysia), turun naik turun di JB CIQ, naik bus lagi ke Larkin Terminal
      - Ke Melaka, pesan bus Causeway Link yang tujuan Melaka terlebih dahulu daripada berhadapan dengan orang-orang yang menawarkan jasa bus di Terminal Larkin, dan perhatikan jadwalnya di Jadwal Bus Causeway Link Johor - Melaka

      Semoga bermanfaat

      Delete
  27. Hallo Mas,
    Mau tanya untuk rute Singapore - Kuala Lumpur.
    1. Lebih baik turun dri MRT Woodlands / Kranji ? Saya lihat di peta Mrt itu lebih dlu woodlands.
    2. Dri MRt naik Bus CW brp ya ke JB ? & Harga busnya brp ya ? & tiketnya bisa Ots kah ?
    3. Jika naik bus apakah ada tempat untuk koper ?
    4. JB Sentral itu tempat kereta ya ? Untuk beli tiketnya, apakah bisa beli langsung ? & harganya brp ya ?

    Maaf, pertanyaannya terlalu banyak.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu satu persatu ya..

      1. Lebih baik turun dri MRT Woodlands / Kranji ? Saya lihat di peta Mrt itu lebih dlu woodlands.
      Just info, Woodlands Checkpoint (imigrasi) bisa diakses dari beberapa stasiun MRT terdekat. Paling banyak dipilih ya Kranji MRT, karena lebih banyak pilihan bus-nya dan lebih sering frekuensinya, lebih dekat jalannya untuk ke tempat naik bus, diskusi serupa lihat disini, saya memilih dari Queen St. terminal karena disitu yang terdekat dari pusat kota dan pilihannya juga banyak.
      2. Dri MRT naik Bus CW brp ya ke JB ? & Harga busnya brp ya ? & tiketnya bisa Ots kah ?
      MRT Mana? Kranji MRT naik CW1, tiket OTS, harganya kalau gak salah $1,5, harga updatenya cek di https://causewaylink.com.my
      3. Jika naik bus apakah ada tempat untuk koper ?
      Koper ditaruh di dekat bangku kita, jadi harus diperhatikan
      4. JB Sentral itu tempat kereta ya ? Untuk beli tiketnya, apakah bisa beli langsung ? & harganya brp ya ?
      JB Sentral itu stasiun yang terintegrasi (mirip Gambir), ada Kereta, Bus, Taksi. Tiket bisa beli langsung atau online di http://www.ktmb.com.my, sebaiknya punya tiket dulu ya apalagi weekend sering banyak yang mau naik kereta. Untuk ke KL harus turun di stasiun Gemas, urutannya JB Sentral - Gemas (ganti kereta) - KL Sentral

      Semoga membantu

      Delete
    2. Terima kasih infonya :)

      Boleh minta WA ?
      Saya mau tanya spesifiknya.
      Thanks

      Delete
    3. Ada alamat email? nanti saya kontak

      Delete
  28. halo mas, artikel nya sangat membantu, trimakasih bnyak.ada yg mau saya tanyakan
    1.utk dr JB sentral ke KL keberangkatan pagi/siang recomended naik kereta ato bis ya?
    2.utk kereta, katanya hrs beli tiket ke gemas station, dilanjut ke KL.jangka waktu JB ke gemas waktuny brp jam ya mas? kira2 saya harus beli tiket Gemas ke KL nya pd jam brp dr tiket JB ke gemas supaya tdk terlambat ato kelamaan nunggu
    3.bagi tips nya dong mas, mnghadapi calo bis di terminal larkin JB ke KL :D,,lalu bis apa yg recomended dr larkin ke KL?
    terimakasih banyak, mhn bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Putra Adi,
      Untuk pertanyaan nomor 1 : Setiap moda transportasi punya keunikan dan pemandangannya sendiri-sendiri.

      Jadwal kereta JB-Gemas paling pagi : 10.00, sampai Gemas 14.25, lengkapnya cek disini
      Jadwal kereta Gemas-KL Sentral setelah itu pukul 1500, 21.10, lengkapnya cek disini

      Kalau memang pagi2 sekali harus berangkat, pilihannya harus dengan bus. Paling pagi pukul 7, jadwal salah satu provider bus bisa cek disini

      Untuk nomor 2, sekitar setengah jam kalau ikut jadwal yang pagi

      Untuk nomor 3, ada KKKL Ekspres, Transnasional dan Causeway Link

      Kalau mau lebih detail bisa kirim email mas, semoga membantu

      Delete
  29. artikelnya bermanfaat sekali, trimakasih mas.ada yg mau saya tanyakan
    1. dr Johor Bahru ke KL keberangkatan pagi/siang recomended pakai kereta / bis?
    2. utk naik kereta dr JB sentral ke KL, kn harus transit di gemas station.kira2 brp lama prjalanan dr JB ke gemas? utk pmbelian tiket kereta online, agar tdk trlambat/lama mnunggu di gemas pd saat transit, saya hrs beli tiket gemas di jadwal waktu yg mana?
    3. kira2 tips mnghadapi calo bis di larkin trminal buat ke KL gmn ya mas, lalu bis apa yg recomended utk ke KL sentral?
    trimakasih bantuannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu jawab mas :
      1. Menurut saya sama aja, kalo pake bis enaknya langsung ke KL (terminal besepadu), kalau naik kereta harus transit.
      2. Jadwal kereta termasuk sampainya JB-Gemas coba cek www.ktmb.com.my
      Sedikit gambaran, JB-Gemas itu kereta diesel, Gemas-KL Sentral itu kereta listrik. Di Indonesia bayangannya seperti naik kereta dari luar kota Jakarta, turun di Jatinegara trus ganti KRL.
      Karena Gemas-KL itu sering, jadi tidak perlu khawatir.
      3. Tipsnya, beli tiket dulu online mas, misal di perusahaan bis Causeway Link. Nanti sampai di Larkin tinggal ke konternya aja

      Delete
  30. Mas... Mau nanya.. saya berencana berangkat dri Johor Bahru ke Singapore ( daerah Bugis ), berangkat dari Hotel area JB CIQ. saya totalnya 9 orang dengan kondisi 2 orang tua,(Tidak bisa jalan jauh sekali ). dan 2 orang anak usia 10 tahun. Bagusan cara yang bagaimana saya mesti tempuh dari JB to Singapore ya? Mohon petunjuknya.. TErima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk JB - Singapore dengan bus bisa dilihat disini

      Diskusinya di posting JB ke Singapura ya..

      Delete
  31. Hallo mz mau nanya,.. berencana mau ke singapura membawa anak usia 2 tahun, sampai di changi jam 11 malam, rencana mau bermalam di changi, pagi nya mau lanjut ke uss , merlion, menginap semlm di singapura. pagi nya lanjut ke Legoland, kemudian ke JB lanjut Kuala lumpur naik Train Sleeper.. jalan jalan Ke KL satu hari, mlm nya balik ind. bagaimana menurut mase ? mohon petunjuknya? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap Itenerary-nya.. Mas Johan Asmara

      Jika anda bertanya mungkinkah? jawabannya mungkin sekali..
      Nikmatkah? saya kebetulan bukan tipikal yang itenarynya mepet-mepet karena bawa anak, apalagi yang menggendong anaknya..

      Tidur di Changi di mana? kalau hotel okelah.. tapi kalau belum punya ide coba cek di web mas efenerr untuk tidur di Changi.

      Ke USS dan Merlion, bisa banget.. ke Merlion pagi-pagi juga bagus, baru lanjut ke USS setelah jam buka. Kami sekeluarga sudah pernah coba, bisa dilihat disini

      Untuk ke Legoland bisa baca di posting ini, dari Legoland ke JB Sentral bisa dilihat disini, paling yang harus dipastikan adalah jadwal Kereta dari JB ke KL karena itu yang menentukan jam berapa harus menyudahi kegiatan di legoland

      Di KL juga bisa mutar-mutar di sekitar KL, macam ke Petronas Tower, beberapa cerita tentang KL bisa dilihat disini

      Delete
  32. Mas, mau tanya donk,jadi kalau singapura ke johor dan jalan2 ke legoland dll tuh memakan waktu brp lama?1 hari cukup gak?atau harus nginap di malaysia lagi?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dengan tapi perhatikan:
      - Legoland, Buka pukul 10.00, tutup pukul 19.00
      - Hello Kitty Town, buka pukul 10.00, tutup pukul 18.00
      - Angry Bird Park, buka pukul 10.00, tutup pukul 22.00

      Usahakan berangkat pagi, misal jam 7 pagi dan perut sudah isi makanan, sampai Johor jam 8an, lalu ke Legoland / Hello Kitty Town terlebih dahulu, bebas memilih, kalau saya pribadi lebih memilih ke Legoland dulu sekitar 4-5 jam karena permainannya cukup banyak di outdoor, setelah itu ke Hello Kitty Town, cukup main 1,5-2 jam, lalu kembali ke JB Sentral dan jalan kaki ke Angry Bird Park di Komtar Mall, sambil main disana bisa sambil beristirahat dan bersiap fighting kembali ke Singapura sekitar pukul 22 malam.

      Satu catatan penting ketika sampai di Legoland (Mall Of Medini) / Hello Kitty Town dan naik bus, tanyakan jam terakhir bus beroperasi pada hari itu, karena mungkin ada perubahan.. selamat berpetualang..

      Delete
  33. Pak mau tanya donk, kalau dari singapur ke malay lego land dan jalan2 ke hk trus angrybird tadi memakan waktu 1 harian cukup gak ya?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jalan-jalan ke Johor 1 hari (Angry Bird + Hello Kitty Land) Bisa, sebagai gambaran bisa lihat di posting kami ke Angry Bird & Little Big Club, kalau tambah ke Legoland lihat catatan di atas ya

      Delete
  34. Hallo pak arsanto..

    Tulisan bapak luar biasa.. sangat membantu banyak orang, tapi maaf pak dari sekian banyak pertanyaan saya lihat blm ada yg menanyakan apabila menggunakan taxi dari singapur ke johor.

    Saya coba share rencana perjalanan saya & mhn informasinya ya pak, jadi rencanya saya akan melakukan trip sing-johor-sing. Hari pertama sampai di sing jam 4pm, Hari ke 2 rencana ke uss, hari ke 3 rencana bermain di legoland, hari ke 4 kembali ke jkt.

    Awalnya kami berencana kembali ke jkt dari johor tapi karena tiket sing-jkt lbh murah rencana pun berubah, pertanyaan kami berapa biaya taxi dari sing ke johor, apabila menggunakan taxi apakah proses diimigrasi sama dgn menggunakan bus ?

    Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih.. saya belum pernah naik taksi SG-JB, alasannya karena cukup mahal..$40-$80, itupun belum tentu sampai Legoland (masih ngebis / ganti taksi lagi). Kalau rute hampir sama karena pool taksi khusus ke JB hanya ada di Larkin Terminal (Ban San St.), SG. Antara mobil kecil (taksi) dengan bus beda jalurnya di imigrasi. Sepertinya tidak perlu turun seperti bus, taksi berhenti di pintu khusus imigrasi.

      Alternatif lain:
      - diantar mobil misal di sgmytaxi / johortransport (tutup mata biayanya)
      - naik bus yang nunggu penumpang di imigrasi (tidak ditinggal) misal WTS Travel / Superior Coach, Just info, Bus ke Legoland

      Delete
  35. @thebigtrouble.. Bisa banget pak.. Asal Cocok dengan budget di kantong aza. Karena Jika pesan dari SIN, otomatis biayaya dihitung dengan Singapore Dollar. Wkwkwkwkw... Kmren saya pesan dari Johor Ke Singapore dengan mini Van aza. dihitung 120 Singapore Dollar. Untuk Pulang dari Johor, harganya juga lebih kurang sama ( Mungkin bisa dapat 100 SGD). Untuk Proses imigrasinya. Beda dengan menggunakan Bus. Bandingkan dengan menggunakan Bus CIQ yang No. 160 atau 170 yang hanya 1,6 SGD. Bisa dihitung sndiri perbedaannya.. Tapi itu kembali kepada Pak The BIGTROUBLE... You own the money, off coz you can choose the which one.. wkwkwwkkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mas Bagus Cetak sudah bantu jawab, malah 120 SGD.. Gimana perjalanannya mas Bagus Cetak?

      Delete
  36. Di area johor bahru kami mau bermain di legoland, rekomendasi baiknya nginap hotel mana ya mas? Krn hotel legoland so expensive

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lihat partner hotel Legoland disini , beberapa menyediakan shuttle ke Legoland (biasanya ada tambahan biaya). Kalau mau nginap yang lebih variatif, saya menyarankan di dekat JB Sentral, tidak terlalu jauh dari hub transportasi.

      Delete
  37. Apa yang dimadsud ke emberkasion card? Mohon dijawab, ya. Maaf menggangu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Formulir untuk masuk dan keluar imigrasi Singapura, bentuknya lihat disini. Kalau masuk Singapura via pesawat, biasanya diberikan saat di pesawat, kalau via bus disediakan di imigrasi

      Delete
    2. Maaf mas boleh tanya, apa pertanyaan yg ada di formulir embarkasi ? Apa bener tidak boleh hilang? Apa kegunaanya? Terima kasih ya mas maklum baru pertama kali k luar negeri
      Btw info2 yg diberikan sangat membantu

      Delete
    3. Embarkation card itu kartu yang berisi pertanyaan Nama, No Pasport, Negara tempat tinggal, Tempat tinggal saat di SG, masih ada beberapa pertanyaan lain, silahkan lengkapnya lihat www.ica.gov.sg

      Kartu tersebut ada 2 bagian, 1 bagian ditinggal saat masuk. bagian yang kedua dibawa kita dan diserahkan saat nanti keluar. Kartu tidak boleh hilang karena itu adalah penanda / data kita saat di SG.. kalau hilang ya lapor saja ke petugas saat di imigrasi keluar SG.

      Delete
  38. mas, bagi nomor WA donk, saya mau naya detil, boleh kannnn ??? hahahhaha

    ReplyDelete
  39. Hallo kak, boleh bantu jelaskan untuk rute perjalanan dr sg ke johor, johor ke klcc, dari klcc ke airport dengan estimasi waktu dan biayanya? Kebetulan saya mahasiswa mau meminimalisir biaya tapi bisa memaksimalkan kesempatan selama backpacker ini. Terimakasih

    ReplyDelete
  40. Lihat diskusi ini di post ini. Silahkan pilih sendiri perjalanannya dan lakukan riset, backpacker kan?

    Bus SG-JB, cek maskapainya ada bus gratis gak ke JB? kalau tidak ada silahkan baca post ini dan alternatif ke JB lainnya.

    Bus JB-KL (TBS), silahkan lihat jadwal disini, dari TBS ke KLCC naik Kereta Kommuter ke KL Sentral.

    Kereta JB-Gemas lihat jadwal disini, lanjut Gemas-KL Sentral, lihat jadwal disini dan cek harganya disini

    dari KL Sentral ke KLCC naik MRT, di post disini

    ReplyDelete
  41. Siang mas Arsanto,
    Saya ada rencana mau jalan ke Singapure - Johor - Kuala Lumpur
    16 Agustus s/d 20 Agustus 2017 perjalana dari Batam ke Kuala lumpur dengan mampir ke beberapa tempat (Lego Land, Petronas, Batu Caves & Genting).Di Singapura nya saya hanya bermalam saja (16 Agustus 2017, saya naik last Ferry dari Batam ke Singapura nya), di Singapura saya rencana nya bermalam di tempat teman di Ang Mo Kio dan pagi nya 17 Agustus sudah berangkat ke Lego Land (di sini menginap semalam).18 Agustus 2017 saya lanjut ke KL (Petronas & Batu Caves kalo memang bisa langsung 2 tempat) dan akan bermalam (mohon info bermalam nya di mana, karena saya ada rencana ke Genting) dan tanggal 20 Agustus rencana nya saya akan pulang lewat KL langsung ke Padang dengan pesawar sore dari KL nya.
    Mohon saya bisa di berikan rute dari Singapura nya dan naik kendaraan apa serta hotel yang di rekomendasikan untuk 4 orang (suamai istri & 2 anak perempuan).
    Mohon bisa di email ke toto.cristianto@gmail.com
    dan minta no tlp nya yah mas, supaya saya bisa WA juga kalo mau tanya-tanya.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  42. Pagi Pak,

    Rencananya tgl 23 sept besok dr singapore saya mau ke legoland. Kalau menggunakan coach dr singapore flyer, itu langsung menuju legoland kan? atau arus ganti bus lagi? Lalu antara coach dan bus umum apakah perbandingan harganya jauh? Mohon pencerahannya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dari singapore flyer, coachnya ga ganti2 lagi.. langsung ke legoland..

      Perbandingan harganya lebih mahal 4 kali lipat, cek aja wts travel

      Delete
  43. Mas, kalo dah sampe JB CIQ dan mau ke Larkin Terminal kan bisa naik bus CW ya. Itu bayar lagi kah atau nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau beli tiket dari Singapura dan di tiket tertera tujuan Larkin bisa naik bus CWL, tidak perlu bayar lagi

      Delete
  44. Mas mau nanya, kalau berangkat dr changi yg last bus ke johor kira2 aman tdk ya ?

    ReplyDelete
  45. Maksdnya rawan gak dijln menuju johor bahrunya. Maaf niy nubie dan soalnya traveling bawa balita juga. Trs klo tiket bus itu bisa dibeli on board atau harus di tiket counternya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaupun kalau naik pesawat Jetstar & Scoot bisa dapat free shuttle bus ke JB dari Changi, termasuk last bus yg dimaksud... Menurut saya kalau bawa balita mending nggak deh, kasihan balita dinihari harus melek, naik turun bangunan imigrasi.. saran saya, istirahat dulu dan naik bus esok paginya... tapi silahkan memilih..

      Delete
    2. Tiket bayar di atas bus, kalau bisa bayar uang pas.. cek di

      http://www.transtar.travel/cross-border-services

      Delete
    3. Terima kasih saran nya mas, sy sepertinya pilih opsi stay dl disingapore, baru besok nya ke JB. Oia mau nya kalau stay hotel di dekat mustafa mau ke JB, better pilih jalur ke queen st atau pake mrt ke woodland ?

      Delete
    4. Jarak dari Little India (Mustafa center) ke stasiun MRT atau ke stasiun bus Queen St beda-beda tipis, kalau saya lebih memilih ke Queen St, capeknya lebih sedikit karena tidak perlu pindah2 MRT, turun MRT dan naik bus lagi..

      Delete
  46. mas, klo dari JB sentral mau ke Resort World, paling enak dan ga ribet transportnya naik apa dan berapa lama, terakhir dari Resort World jam berapa, krna plan seharian di USS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adanya dari JB CIQ atau Woodlands CIQ, bus TS8. Lihat disini , trus download aja jadwalnya.. selamat berlibur..

      Delete
  47. mas, kalo kita cuma sehari di singapore dari johor alamat tinggal embarkation card diisi apa ya. Soalnya emang ga nginep cuma mau jalan sehari aja terus balik johor lagi. makasih

    ReplyDelete
  48. Mas; tgl. 16 Nop ini saya mo ke KL ala backpackeran via Singapura menginap satu malam daerah lavender bisa kah dijelaskan gmna caranya dan estimasi waktu dan biaya perjalanan darat dengan bus mulai dari lavender ke KL ? Waktu keberangkatan bus ke KL paling akhir jam Berapa? Mohon penjelasannya, maklum baru pertama kali ke luar negeri mas 😊

    ReplyDelete
  49. Kalau saran, saya sudah pernah posting comment mas, scroll ke atas aja ada diskusinya untuk dari SG ke KL. Kalau ditanya paling murah ya per segmen.. SG-Johor lalu Johor-KL dengan bus.

    Gimana caranya? ke Terminal/pool keberangkatan, beli tiket on-the-spot/online, naik bus, bawa paspor, keluar SG, masuk Malaysia, nikmati perjalanan, sampai KL.

    Detail bus jadwal dan biaya silahkan cek easybook.com

    ReplyDelete
  50. Hi Mas Arsanto,

    Mau nanya, sekarang dari KL sentral ke woodlands naik senandung sutera ngga ada ya rute itu? saya cek di easybook ga ada rute itu. tahun 2014 sih masih bisa dari KL sentral ke woodlands.
    rencana Maret saya dari KL ke SG mau naik kereta, ada rekomendasi rute nya atau apapun terkait perjalanan ke SG?

    terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Kukuh saya jawab di Posting ini yaa..

      Alternatif naik bus mas, dari KL Sentral langsung ke SG

      Delete
  51. Halo Pak Arsanto..salam kenal..tulisannya sangat membantu sekali..
    Kalau boleh saya mau minta pendapat dan infonya..
    Rencana saya ingin travelling sg-jb-kl bersama suami dan 2 anak (4tahun - 6tahun)
    3hari di sg (26 mar - 28 mar)
    3hari di jb (28 mar - 30 mar)
    3hari di kl (30 mar - 2apr)

    Dari sg ke jb rencana dengan bus...sebelumnya pernah ada yang tanya apakah naik bus bisa membawa koper.bapak jawab : bisa asalkan yang standar.. Kalau misalkan koper 28" boleh gak ya pak..soalnya sekalian banyak.bawa 1 koper saja...

    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mantap liburannya.. sebenarnya bisa saja bawa koper besar tetapi mungkin harus naik dari pintu bus yang besar dan harus ngobrol dengan petugas busnya. Sedangkan kalau koper standar bisa lewat pintu depan bus dan tidak repot angkat-angkat karena semua serba sendiri.
      Nanti di imigrasi juga sepertinya harus naik lift karena biasanya di depan eskalator ada pembatas, khawatir koper besar tidak bisa lewat.

      Delete
  52. Kalo mau naik taxi dari singapore ke johor ada tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Taksi khusus Singapura-Johor juga berangkat dari terminal ini. Coba scroll di bagian comment. Ada bahasan tentang taksi

      Delete
  53. Infonya sangat bermanfaat..
    Tq

    ReplyDelete
  54. 1. kalau dari Stasiun MRT Bugis mau ke Merlion bisa naik MRT ga, turun dimana?

    2. Nitip koper di Changi, ada ga, biayanya berapa?

    3. Dari Singapura mau ke JB bisa naik MRT yg langsung ke JB ga? Tanpa naik bis.

    4. Kalau ada MRT dari Sing ke JB, dari Bugis terus kemana?

    Kami rencananya sampai di Changi tengah malam terus mau nginep di Changi, pagi2 mau ke USS, Bugis dan Merlion saja.

    Sorenya mau ke JB.

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. MRT terdekat dengan Merlion : Raffles Place, 2 stasiun dari MRT Bugis
      2. Seharusnya bisa, cek disini
      3&4. Gak ada, adanya naik kereta Stasiun Woodlands-JB Sentral, tapi tidak interkoneksi langsung dengan jalur MRT karena harus naik MRT ke MRT Marsiling, naik bus lagi ke Woodlands Station, jalan ke stasiun.
      Alternatif ke Johor selain dari Bugis, ada dari Changi (bus) langsung, cek di web ini

      Delete
  55. Pak tlg ty:
    1. Klo naik CW 2 dari Queen st terminal ke JB bisa pakai kartu pass wisata Singapore yg berlaku 3 hari itu ga?
    2. Koper besar naik CW 2 diperbolehkan ga? Cz rncn pulang lgsg dari Senai.
    3. Rncn sy menginap di "81 Rochor" Mayo st,Little India, klo dari Changi naik MRT lebih dekat stasiun MRT Jalan Besar, stasiun MRT Rochor atau stasiun MRT Bugis?
    Terimakasih 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Sayangnya gak bisa, kalau memang mau pakai kartu itu dari Bugis bisa naik bus 170 ke Stasiun MRT Kranji, refund Singapore Pass lalu naik bus CW1 ke Johor. Tapi ya capek naik turun bus. Atau alternatifnya refund di Stasiun MRT Bugis lalu jalan kaki ke Queen St. lalu naik bus CW2 ke Johor Bahru
      2. Bisa
      3. Paling Dekat MRT Jalan Besar, di MRT Bugis harus jalan kaki pindah line MRT kalau dari Changi

      Delete
  56. Mau tanya donk klau kita dari sg mau ke malay ribet gk sii sama imigrasinya takutx nanti gk bisa pula apa di tanya" gk trus klau balik lagi dari sg gk masalah yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentatif, kami pernah mengalami keduanya.. cepat cuma 1jam setengah sudah sampai MY, tapi pernah juga 3 jam ditahan di imigrasi.. kalau lengkap semua bisa kok

      Delete
  57. Mas... Sy mau bawa anak umur 5 th dan 14 bln ke singapur,johor,n KL. Klo ke johorna mau ke hello kitty dan johor premium outlet nginep di johor semalam dan ke KL dari johor ke KL naik apa ya, makasih sblmnya mas.tolong di email y mas.mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara umum tidak masalah bawa anak 5 tahun dan balita, yang perlu dipastikan orang tuanya menemani saat di imigrasi. Untuk ke KL bisa dengan bus, silahkan email saja, email saya ada di laman about us

      Delete
  58. Mas mau tanya kalo ke johor baru kantor imigrasi nya buka sampai jam berapa ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya 24 jam utk imigrasi keluar masuk SG, kalau yg dimaksud kantor urusan imigrasi (ICA) ada di Kallang rd, 08-17 Senin-Jumat, Sabtu 08-13

      Delete
  59. siang mas, numpang info
    Klo dari uSS singapore ada terminal bus lngsung ke johar baru gak ?

    ato harus ke terminal quenn street dulu, mksih byk sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke johar baru harus naik pesawat.. tapi klo ke Johor Bahru ada bus TS8, cek di http://www.transtar.travel/cross-border-services/

      Delete
  60. mas minta tolong srannya. kalo saya dari Singapore mau ke KL lebih enak naek apa ya? Dan gimana caranya? kebetulan saya membawa anak 2 umur 3th & 1th. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus, cukup 1 kali naik bus dari SG dan wajib turun di imigrasi. Namun harganya dibayar pakai SGD ya, dan bisa pesan di easybook.com

      Pilihan terbaik dengan bus, kalau pakai kereta ribet harus ganti2 kereta

      Delete
  61. mas bisa tolong email saya, cara dari johor ke KL. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emailnya? Coba scroll di blog ini, bagian diskusi / comment ada kok cara utk ke bagian lain Malaysia dari Johor. Yaitu ke terminal bus Johor, beli tiket ke KL (misal dengan bus Causeway Link), sampai KL (kalau stop terakhir di Terminal Besepadu Selatan / TBS KL berarti naik lagi MRT utk ke pusat kota KL)

      Delete
  62. Mau tannya mas. Kalau dr singapura ke KL center bs naik 1 bus gak mas? Atau harus naik bus yg lain? ... Kalau dari johor ke KL center itu biasanya berapa lama perjalanan jika naik bus ya mas?
    Maksih banyak sebelmnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. SG langsung KL naik bus 1 aja, bisa cek easybook.com cari tiket bus SG ke KL, salah satu providernya KKKL Express bus. Dari Johor ke KL 5-7 jam tergantung kepadatan lalu lintas.

      Delete
  63. hai mas, kalua dari Nicoll Highway MRT queen street terminal dekat ga ya? krn rencan mau nginap dideket MRT Nicoll, boleh tanya2 lebih lanjut? boleh minta emailnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1,5-2 km mas, boleh tanya lebih lanjut cek di page ini untuk alamat email About Us

      Delete
  64. Mas saya mau tanya Klo saya mau ke Singapura naik feri melalui Batam apakah ada bus yg menuju ke KL atau Johor?
    2.Trus kitakan dapat emberkasion card jd apakah kita pulang harus melalui Singapura juga? Mksd sy rncn saya mau ke Singapura melalui Batam trus ke KL dan pulangnya dari KL,itu boleh gak ya? Trima kasih atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi rutenya maunya Batam - SG - KL kan?
      Batam-SG dengan ferry, nanti pas masuk SG akan dikasih embarkation card (wajib disimpan potongannya setelah lewat imigrasi SG)
      SG-KL ada beberapa alternatif, 1. Langsung dengan bus dari SG (misal bus KKKL, booking di easybook.com), embarkation card-nya dikasihkan saat keluar imigrasi SG, sebelum masuk Malaysia (biaya dibayar dengan SGD). Alternatif 2. SG-JB lalu JB-KL, untuk SG-JB (terminal Larkin) ikutin di blog ini, nanti beli tiket bus ke KL (misal causewaylink bus) lalu naik bus dari terminal ke KL

      Delete
  65. Mas, kalau Singapore Tourist Pass bisa dipakai buat bayar causewaylink yang ke Johor Baru ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau STP masih aktif, gak bisa.

      Delete
    2. Mas, ini maksudnya gmn ya, "kalau STP masih aktif, ga bias"
      belum lama ini rekan saya ke Spore, dia naik SBS 170 tapi dari Kranji, STP bisa digunakan untuk pembayaran, kalau CW bias ga ya..

      Delete
    3. Kalau SBS 170 bisa pakai STP, CW tidak termasuk paket STP

      Delete
  66. thanks mas infonya...tanya lagi boleh ya... kl pakai ezlink utk byr bus yg ke Johor itu, ditapnya di bus atau di loket pembelian tiket? kalau dibus, nanti tiketnya dikasih dari supir ya? thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada loket khusus, nanti tiket ditunjukkan ke petugas saat mau naik bus, tiket disimpan baik2 karena dipakai pas mau naik bus setelah imigrasi

      Delete
  67. Salam. Mas mau tanya kalau berangkat ke singapore dari penang naik flight, terus pulang dari singapore ke KL naik bas kira2 boleh? Sistem imigration tak kacau kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, tak ada masalah kalaupun begitu. Saran sy gunakan bas langsung SG-KL

      Delete
  68. Salam, mas saya mau tanya, kalau misal ke singapore dari penang saya naik pesawat terus pas pulang naik bas dari singapore ke KL, kira2 boleh ga mas? Sistem imigresen tak kacau kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, tak masalah.. saran sy gunakan bas direct SG-KL lebih selesa

      Delete
  69. Hii mau tanya.. Ada rencana dari jakarta ke singapore pakai pesawat trus next dari singapore ke malaysia via bus dan balik ke jakarta dari malaysia.. Ini hanya perlu paspor saja ya tanpa visa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk traveling kan? Kalau untuk traveling / wisata cukup paspor saja

      Delete
  70. Selamat malam..
    Mau menanyakan bbrp hal mas..
    1. Apakah SBS 170 sama dgn causewaylink.. apabila kita tertahan di imigrasi asal masih pegang tiket.. dan bus awal sudah meninggalkan imigrasi.. kita masih bisa naik bus selanjutnya..?
    2. STP itu per orang atau bagaimana ya..? Saya liburan 2 org dewasa.. 1 anak melebihi 90cm tingginya.. dan 1 anak dibawah 90 cm.. STP nya beli brp..? Apakah 1 STP atau 3 STP..?
    3. Apakah ada situs online utk beli tiket sbs 170/causewaylink dr singapore ke johor..? Atau hrs lsg ke counter..?

    Terimakasih sebelumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Bus 170 tidak sama dengan Causewaylink. Normalnya, Causewaylink seperti di blog, satu kali bayar sebelum naik (harus beli tiket), sedangkan SBS 170 seingat saya naik turun dengan tapping kartu (EZlink / NETS), sehingga setelah diberbolehkan keluar imigrasi SG nanti naik dan tapping lagi di bus 170.

      2. STP per orang, untuk kasus anda 2 STP dewasa, 1 STP anak apabila kedua anaknya dibawah 7 tahun.

      3. Causewaylink beli tiket di counter, SBS 170 bisa pakai kartu semacam emoney/flazz namanya EZlink/NETS card (beli di stasiun)

      Delete
  71. Siang, kalau dari lai ming hotel ke johor premium outlet transport terbaiknya naik apa ya? Bus atau kereta? Dan bagaimana? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Cari stasiun MRT terdekat dari hotel, beli tiket di vending machine jurusan stasiun MRT Bugis
      2. Turun MRT ke Queen St terminal & ikuti petunjuk spt di blog s/d langkah 8
      3. Langkah 9 hampir sama, tapi naik bus dgn kode JPO ke tujuan

      Delete
  72. salam kenal, bagus ulasannya

    https://hepicahyadi.blogspot.com/2019/07/queen-elizabet-bus-station-singapore.html#more

    ReplyDelete
  73. Ka.. Kl dari jb ciq ke airport jb butuh brp lama ya ? Dan kalau jadwal penerbangan jam 9 pagi dri aiport senai jb kira2 hrs brangkat jm brp di sing ?
    Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bus dari JB Sentral - Airport, jadwal pagi sekitar pukul 5.30, 06.00 dan 07.00 dengan lama perjalanan 40-45 menit. Sing - JB sekitar 1 - 1.5 jam, cek disini

      Saran saya gunakan pemberangkatan paling pagi dan tidak harus dengan bus causeway link ini, bisa dengan bus 170 (dari bus stop Opp. Kranji Stn), 170X (dari Kranji Stn) atau 950 (dari Woodlands Interchange Bus Station dan Opp Marsiling Stn) sampai JB CIQ, lalu jalan kaki ke bus stop JB Sentral dan naik bus ke Airport

      Delete

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com