Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

15 October 2019

Pengalaman Naik Pesawat Airbus A350 China Airlines Taipei - Jakarta PP

Seperti biasa, untuk mahasiswa seperti saya yang tidak membawa serta keluarga selama kuliah di luar negeri, momen liburan semester yang dicari adalah tiket pulang ke Indonesia, tentunya untuk bertemu keluarga dan menjenguk sanak saudara. Tentunya hunting tiket dengan harga yang masuk akal saat liburan adalah poin pertama yang saya lakukan dan kebetulan pas tiket Taipei - Jakarta ada yang menggiurkan yaitu dengan China Airlines. Pilihan ini bukan tanpa alasan karena saya sudah pernah naik China Airlines sebelumnya untuk perjalanan Taipei - Hong Kong (vv.), kala itu dengan Airbus A330 dan Boeing 737-800 dan saya pikir biaya gak terlalu mahal dan full economy (dapat makan dan bagasi).

China Airlines A350 di Bandara Soekarno Hatta

Bagi yang belum tahu China Airlines itu maskapai dari mana, itu adalah maskapai penerbangan Taiwan, bersama dengan EVA Air mereka adalah maskapai yang besar di Taiwan, markasnya di Taipei Taoyuan Airport, Taoyuan City, Taiwan. Jangan salah sangka, bukan dari Cina daratan. 

01 September 2019

Pengalaman Menginap di Sapporo, Hokkaido, Jepang

Mempersiapkan kunjugan ke Jepang bukan perkara yang bisa dibilang tidak sulit tapi perlu dihitung kemampuan kita terutama finansial terkait dengan penginapan dan makan. Karena kedua biaya tersebut termasuk yang paling banyak cukup menguras budget perjalanan di Jepang. Namun apabila dihitung dengan baik, kita bisa menghemat keduanya tanpa harus merasa tidak nyaman, bisa tidur di kasur yang enak dan tetap bisa mencoba makanan khas Jepang.

Sapporo TV Tower, dari Odori Park

31 August 2019

Berkunjung ke Sapporo Masjid, Hokkaido (Masjid Paling Timur di Asia Timur)

Judulntya agak gimana gitu tapi ya emang gitu untuk saat ini.. Perasaan saya saat pertama kali menginjakkan kaki di Jepang lumayan campur aduk, sudah lama mendambakan untuk bisa berkunjung ke Jepang dan akhirnya terwujud juga setelah saya diberikan kesempatan untuk mengikuti kegiatan akademik kampus di Sapporo, Hokkaido... Yup, bagian Jepang yang saya datangi merupakan kota Sapporo, perfektur Hokkaido yang terletak di bagian utara timur Jepang, terkenal dengan produk agrikultur, perternakan dan seafood. 

Sapporo Masjid

23 August 2019

Memperingati 17 Agustus, ala mahasiswa luar negeri [A throwback]

Suatu hari seorang rekan saya bertanya beriksar tentang bagimana hidup di luar negeri, perbincangan tersebut cukup panjang menyentuh beberapa hal yang terkait hidup di luar negeri, paling standar bagaimana cari makanan, bagaimana suasana kotanya, jalan-jalan apa nggak, sering pulang apa nggak dan yang menurut saya perlu untuk ditulis adalah yang ini. Bagaimana suasana memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia di luar negeri.

persiapan lomba 17 Agustus di Tainan, Taiwan

Baiklah, untuk kami berdua yang tiap hari tersebut upacara dan masuk kantor, catet ya.. upacara dan masuk kantor!.. tentunya kebiasaan di hari ini bisa menjadi bahan perbincangan. Seharusnya secara teoritis saya bisa 2 kali mengalami tanggal 17 Agustus di luar negeri, Taiwan misalnya dalam periode sekolah saya yang dimulai awal 2018, tetapi ternyata hanya tahun 2018 saja saya bisa mengalaminya karena tahun 2019 ya pas juga nggak di luar negeri, hee..

03 July 2019

Mau Naik Lionair 737 ke Luar Negeri? Ya coba saja..

Maklum mahasiswa, kalau kemana-mana maunya ngirit. Kebetulan di bulan Oktober 2018 saya harus pulang ke Indonesia untuk urusan tertentu, dan ini gak terjadwal. Kalau terjadwal biasanya sudah mengantongi tiket PP Taiwan - Jakarta entah itu dari Taipei atau dari Kaohsiung. Nah pas cari tiket yang muncul paling menggiurkan untuk penerbangan Jakarta - Taipei ya pada waktu itu kombinasi Lion Air dan Air Asia, transit di Kuala Lumpur International Airport. Lion Air jadi pilihan untuk penerbangan Jakarta - Kuala Lumpur.

Lion Air di KLIA


01 July 2019

Berkunjung ke Taiyuan, menilik salah satu jejak muslim di Tiongkok

Kadang-kadang Allah itu punya cara tersendiri untuk menumbuhkan semangat, termasuk semangat untuk menulis blog. Beberapa posting terakhir tidak banyak yang saya bisa ceritakan, paling pengalaman ketika terbang dengan maskapai yang belum pernah saya coba. Nah.. ceritanya sudah lama saya gak lihat salah satu vlogger Indonesia yang dulu sedang belajar di eropa dan sering mengunggah konten-konten tentang Muslim-life di eropa, mbak Gita Savitri mungkin kalau tahu. Eh, barusan di timeline social media muncul lagi beliau dengan konten yang kurang lebih sama namun menurut saya lebih segar.

Nah jadi ingat kalau saya beberapa waktu lalu sempat mengunjungi salah satu kota di China dan terletak di provinsi Shanxi, yaitu Taiyuan. Nah yang unik, di sana ternyata ada salah satu masjid yang legendaris dan masih kokoh berdiri walaupun zaman sudah berubah. Semoga ini bisa menjadi menambah khasanah wawasan kita.

Setiap masjid di China ada tulisan "開天古教", kalau diartikan mungkin Ajaran Agama Tuhan 

23 June 2019

Guide to City Center from Tainan Airport : By Bus

Summer vacation just in front of us, nothing better enjoying holiday than traveling to another part of the world. If you are planning to go to Tainan, one of the entry point is Tainan Airport which have several flights from abroad such as from Vietnam, Hong Kong and Japan.

Tainan Airport

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com