Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

01 April 2013

Travelling Ke Surabaya - Taman Safari II Prigen - Malang - Bromo

Sewaktu masih tinggal di Jogja, dan eyang masih di Surabaya, ada ide untuk mengunjungi eyang dan berwisata sekaligus. Tercetuslah untuk mengeksplorasi tempat wisata di daerah Surabaya & Malang, secara belum pernah ke Malang. Trip ini, dilakukan pada Desember 2012.

Naik Kereta Jogja-Surabaya (Hari 1)
Setelah ayah dapat acc untuk cuti, kami segera pesan tiket untuk kereta Jogja-Surabaya, Sancaka yang memang rutenya Jogja-Surabaya. Walaupun ada pesawat, tapi kami memilih naik kereta karena ingin mengajak anak mendapatkan pengalaman pertamanya naik kereta. Naik Sancaka pagi, kami sampai di Stasiun Gubeng pada sore harinya dan langsung menuju rumah eyang untuk istirahat. Tak disangka, ternyata eyang sudah membelikan satu ekor Bebek Sinjai dari Madura, salah satu masakan bebek favorit kami.

Ke Taman Safari II, Prigen Pasuruan (Hari ke 2)
Esok hari, setelah semua siap kami melakukan perjalanan darat, dari Surabaya ke Pasuruan, dengan kendaraan menuju ke Taman Safari II di Prigen yang katanya lebih besar dari Taman Safari yang di Cisarua. Perjalanan cukup lama ke Prigen dan ternyata setelah semakin dekat, hawa sejuk lereng pegunungan Arjuno menyelimuti kami.

Kami sampai di Taman Safari siang, lalu membeli tiket masuk dan dengan penuh suka cita memutari wahana yang dipenuhi dengan satwa dari seantero dunia, kecuali ikan yaa.. mengenalkan anak kami satu persatu satwa di sana (tentunya yang kami tahu yaa..).

Setelah selesai wahana ini kami beristirahat sejenak sambil menyaksikan pertunjukan gajah. Di akhir acara pertunjukan kami memberi makan gajah dengan wortel, dan berpose bersama dengan gajah-gajah itu.

Tidak sampai situ saja, kami bergerak ke arah tempat berfoto dengan satwa, dan memilih bayi harimau untuk difoto bersama dengan anak kami.

Tak lengkap bila ke Taman Safari tapi tidak membawa oleh-oleh. Kami membeli tas burung untuk anak.

Ke Malang
Setelah cukup, kami mengakhiri perjalanan di Taman Safari Prigen dan menuju Kota Malang. Terus terang, kami belum pernah ke kota ini sebelumnya, Cuma pernah dapat oleh-oleh keripik apel dari kolega bila mereka berwisata ke Malang. Akhirnya kesampaian juga ke Malang. Perjalanan dari Taman Safari ke Malang cukup memakan waktu karena banyak kendaraan yang hendak menuju Malang. Kami tiba di Malang sore dan langsung menuju ke spot pertama kami, Bakso President, Malang, terletak di pinggir rel kereta tak membuat bakso ini sepi pengujung, dengan kedai berwarna merah cukup mencolok mata. Kami mencoba bakso disini dan menuju Hotel Solaris yang terletak di pinggiran karena kami esoknya akan menuju ke Gunung Bromo.

Lari-lari di Lobby Hotel Solaris

Trip ke Bromo (Hari ke 3)
Kami tidak bangun pagi-pagi, karena kami tidak mengejar sunrise di Bromo. Jadinya ya pelan-pelan aja yang penting nyampe.
Pagi sekitar jam 7 kami check out dari hotel menuju ke Bromo, melewati Pasuruan, mulai menanjak dan sekitar pukul 10 kami tiba di desa Ngadisari, Sukapura. Sebelum turun ke hamparan pasir gunung Bromo.
Pemandangan Gunung Bromo dan Gunung Batok dari Desa Ngadisari, Sukapura

Untuk turun ke hamparan pasir, kami menyewa kendaraan jeep beserta supir untuk ke 3 tempat. Yaitu di savana, pasir berbisik dan pura yang berada di bawah lereng gunung Bromo.

Savana Gunung Bromo

Pasir Berbisik Gunung Bromo

Pemberhentian Menuju Pura & Kawah Gn. Bromo

Selesai dari Bromo kami kembali ke surabaya dan beristirahat di rumah eyang.

Surabaya (Hari - 4)
Hari ke empat kami mengisi liburan ke Tunjungan Plaza, si emak cari barang buat si anak biar tambah semangat di rumah, lalu pada sore hari kembali ke Jogja dengan kereta sancaka.

Ayo, ajak keluarga liburan ke malang dan bromo, asik…