Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

08 April 2018

Pengalaman Terbang dengan EVA Air Airbus A330-300 ke Taipei, Taiwan

Jika anda saat ini sedang memilih dan sedikit bingung, dalam waktu dekat harus melakukan penerbangan Jakarta-Taipei, mau pakai maskapai apa ya? Salah satu penerbangan yang langsung tanpa transit adalah EVA Air. Maskapai asli dari Taiwan ini termasuk maskapai bintang 5 versi Skytrax.

Tergiur oleh harga yang cukup terjangkau untuk maskapai full services, ditambah lagi ada diskon khusus dari agen. Saya berhasil mendapatkan tiket EVA Air Jakarta - Taipei hampir sama dengan harga maskapai LCC yang tentunya harus transit dulu.




Check In dan Boarding di Terminal 2, Bandara Soekarno - Hatta
EVA Air di Jakarta dilayani di Terminal 2D, baik untuk Checkin dan Boarding, beda dengan China Airlines yang juga melayani penerbangan Jakarta-Taipei yang dilayani di Terminal 3 Ultimate. Bagi saya pribadi tidak ada isu khusus mengenai Terminal ini, justru kalau di terminal 2 jalan kakinya tidak terlalu jauh.

menunggu online check-in

Saya yang pertama kali menggunakan maskapai ini awalnya hanya iseng untuk web check in karena pengalaman dengan web check in kita masih bisa pindah kursi. Dan benar saja, saya bisa memilih kursi yang dekat jendela, sebelumnya saya tidak dapat melakukannya. Dan ternyata dengan web check in kita mendapat bonus, tidak perlu mengantri lama untuk melapor bagasi yang juga diberikan cuma-cuma dalam harga tiketnya sebanyak 30 Kg. Karena untuk yang sudah online check in ada antrian dan meja check in sendiri. Cepat.. Jempol untuk EVA Air.

Rata-rata penerbangan dengan pesawat long haul sering mengalami sedikit keterlambatan, dan kali ini saya bersama penumpang lain juga mendapat hal yang sama. Walaupun tidak banyak, hanya mundur 10 menit dari waktu boarding. Proses boarding menurut saya juga diatur dengan baik dengan dibagi per zona, dan penumpang yang tidak sesuai zona (belum saatnya boarding) tidak diperkenankan boarding terlebih dahulu, menunggu dipanggil.

Cabin
Saat boarding bagi saya tiba. Bersama penumpang lain yang sama zona tempat duduknya pun masuk ke dalam pesawat. Sebelum masuk ke pesawat ada koran yang disediakan cuma-cuma untuk dibawa masuk ke pesawat.

kabin A330-300 EVA Airways

Setelah masuk, saya baru menyadari ternyata warna kursi EVA Air adalah abu-abu, dilengkapi juga dengan bantal dan earphone cuma-cuma untuk menikmati in-flight entertainment, semuanya sudah tersusun rapi di kursi masing-masing.

bantal dan earphone tersusun rapi

penyangga kepala di kursi

Selain itu kursinya pun terdapat sandaran kepala yang dapat digerak-gerakkan untuk menopang kepala saat tidur. Juga terdapat kain yang digunakan menurut saya sebagai aspek higienitas.


legroom

Untuk urusan legroom, cukup lega. Kaki saya juga tidak menempel ke kursi depan walaupun kantong kursi saya diisi dengan beberapa barang. Di kantong kursi juga disediakan beberapa bacaan seperti kartu petunjuk keselamatan dan kantong penampung kotoran yang memang wajib ada, majalah dari EVA Air, tentunya berbahasa Inggris, list in-flight shopping. 


cabin baggage

panel lampu


Untuk urusan bagasi, menurut saya ukuran tempat bagasi kabin tidak terlalu besar. Bukan ukurannya tetapi desain pintunya yang menang tidak bisa terbuka besar. Tentunya ini sudah disesuaikan dengan standar bagasi kabin. Di bagian atas tidak terdapat tombol-tombol. Untuk menghidupkan lampu baca, lampu bantuan pramugari dapat dilakukan dengan konsol yang ada di bawah layar monitor.

Entertainment and Ammenities
Sebagai maskapai full services, tentunya disetiap kursi disedikan inflight entertainment dan ammenities. Untuk ammenities disediakan bantal, kalau kedingingan juga disediakan selimut yang bisa diminta kepada pramugari. Pramugari EVA Air cakap berbahasa Inggris, selain bahasa Zhongwen.


inflight entertainment, plus socket USB

panel informasi penerbangan



Untuk memulai entertainment, kita dapat menggunakan konsol maupun langsung dengan touchscreen. Kali ini saya menonton 2 film box office serta mendengarkan lagu Ed Sheeran dan Coldplay yang ada di playlist entertainment. Untuk dapat menggunakan earphone, bisa dicolokkan ke jack earphone yang berada di ujung sandaran kursi. Selain itu kita dapat menggunakan slot usb untuk mengisi baterai peralatan elektronik, tentunya peralatan tersebut harus dalam keadaan tidak aktif.



en-voyage, majalah EVA Air

membaca majalah


Sambil mendengarkan lagu, membaca majalah juga menjadi hal yang dapat dilakukan selama penerbangan. Majalah en voyage menyediakan beberapa konten yang menarik untuk dibaca, saya tertarik dengan topik Lantern Festival yang diadakan setelah Chinese New Year. 

Penerbangan ini melewati waktu senja, kala itu kami masih di sekitar wilayah udara Filipina. Sungguh sangat cantik pemandangannya.

gives you wing, EVA Airways

Inflight Meal
Saya cukup kaget ketika pramugari memberikan secarik kertas seperti kertas promosi ternyata isinya adalah menu makanan penerbangan kali itu. Sesuai menu akan disediakan appetizer, main course, dessert juga pilihan minuman yang dapat dinikmati.

daftar menu

Sebagai pembuka, pramugari memberikan camilan berupa kacang-kacangan, juga aneka minuman dingin. Seperti jus, minuman bersoda, cukup banyak dan saya lupa apa aja tetapi ada di dalam list di leaflet menu. Namun anda yang senang kopi dan teh harus bersabar karena minuman hangat belum tersedia, dan baru akan disediakan setelah makanan disajikan.

kacang, pembuka

Karena EVA Air menawarkan menu spesial, saya beberapa hari sebelum penerbangan memesan Moslem Meal (MOML) dengan menelpon kantor perwakilan yang ada di Jakarta. Ya memang sedikit ribet tapi cukup memberikan pengalaman tersendiri.

Plusnya memesan special meal adalah anda akan dikonfirmasi oleh pramugari bahwa anda akan diberi special meal. Dan menu ini dikeluarkan dahulu sehingga anda tidak perlu lama menunggu. Namun karena saya memesan menu khusus, list menu yang diberikan pramugari menjadi tidak berlaku.

menu in-flight meal


main course Moslem Meal (MOML)

Kali ini dalam paket makanan saya, saya mendapat salad sebagai pembuka, main course, roti, buah segar dan banana cake sebagai penutup. Sedikit berbeda di main course dan banana cake antara saya yang MOML dengan makanan yang standar menu. Untuk main course MOML, EVA Air menyajikan rendang daging dengan nasi dan sayuran. Menurut saya ini termasuk makanan yang rasanya sangat otentik, walaupun dihidangkan di dalam pesawat.


Toilet
Penerbangan long haul tentunya cukup membuat kita perlu ke toilet karena metabolisme tubuh tentunya. Salah satu tempat toilet di kabin kelas ekonomi berada di antara kursi nomor 40 dengan nomor 41.

penumpang mengantri toilet

wastafel


Menurut saya, cukup bersih toiletnya. Karena beberapa kali saya melihat pramugari mengecek kondisinya. Walaupun memang beberapa slot tissue habis ketika saya menggunakannya.


Others
Di sela-sela jadwal serving in flight meal, pramugari EVA Air membagikan selimut bagi yang membutuhkan dan arrival card untuk tanda masuk Taiwan. Ini ternyata mempercepat proses di imigrasi sehingga kita tidak perlu mencari tempat untuk mengisi form tersebut.

Pramugari EVA Air melayani penumpang

Taiwan Arrival Card


Landing in Terminal 2 Taoyuan International Airport
EVA Air menjadikan Taipei Taoyuan International Airport basisnya, sehingga seluruh operasionalnya dilakukan di Terminal 2 yang lebih modern dari Terminal 1 (menurut saya).

Arrival Area

Setelah landing, dan menyelesaikan urusan imigrasi kita bisa mengambil bagasi di area Baggage Collection. Untuk mengambil bagasi kita harus memperhatikan belt bagasi yang terpampang di papan pengumuman

papan pengumuman tempat pengambilan bagasi (satu diantara banyak papan informasi)

Beruntung ketika saya sampai di belt pengambilan bagasi, bagasi saya masih berputar. Karena kalau tidak kasihan petugasnya. Pihak bandara Taipei Taoyuan akan mengangkat bagasi yang belum terambil di belt saat belt sudah berhenti dan akan diletakkan di lantai dengan kotak warna ungu. Unclaimmed Baggage Area.

bagasi yang belum terambil

Overall, baik lho pelayanannya. Kalau pas ada tiket diskon lagi mau saya pake ini maskapai, hehehe... Oya, satu tips. Kalau mau rubah-rubah bisa kontak kantor EVA Airways di Mega Plaza, 10th floor, JL. H.R Rasuna Said Kav. C-3, Jakarta 12920, Indonesia, Hotline +62-21-5205363 ( Reservation ) / +62-21-5205808 ( Ticketing ), pelayanannya ramah juga. Setelah perubahan (misal request special meal) akan diemail perubahannya.


***


Selamat menentukan maskapai ke Taiwan, kali ini EVA Airways membuktikan bahwa mereka memang layak dapat lima bintang dari Skytrax.



0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com