Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

03 June 2018

Tips Mengambil Uang di ATM Taiwan dengan kartu ATM Indonesia

Bagi kalian yang berencana untuk berlibur ke Taiwan atau mungkin dalam rangka studi jangka pendek (cukup menggunakan visitor visa), dan ternyata terlambat untuk menukar uang Rupiah ke NTD (Taiwan Dollar) sebelum ke Taiwan. Sebenarnya anda tidak perlu khawatir. Karena sampai di Taiwan pun kalian bisa menggunakan kartu ATM dari luar Taiwan. Tapi sebelum menggunakannnya ada baiknya menyimak beberapa tips berikut.

tanda bank tersebut menerima jenis provider jaringan kartu-kartu ATM


1. Ketahui dulu jenis kartu anda
Umumnya ada 2 jenis jaringan internasional kartu ATM yang terkenal, yaitu VISA dan Master Card, walaupun sebenarnya masih ada lagi yang lain misal JCB, tapi saya baru mencoba yang Master Card dan VISA.

Untuk mengetahuinya cukup lihat di bagian depan kartu ATM anda, tulisannya VISA atau Master Card? Ini sangat diperlukan untuk mencari jaringan bank yang direkomendasikan dari kedua provider ini untuk bisa menarik / mengambil uang.


2. PIN anda berapa digit?
Kalau pin anda kurang dari 6 digit saya sarankan untuk diganti menjadi minimal 6 digit karena mayoritas ATM di Taiwan minimal PIN 6 digit.


3. Cari daftar Bank di Taiwan yang bisa digunakan
Tidak seperti di Indonesia, yang mayoritas bank dapat menerima kartu VISA dan Master Card. Di Taiwan hanya bank-bank yang bekerja sama saja yang dapat digunakan oleh kartu ATM internasional untuk menarik uang.

Untuk mengecek daftar bank Master Card dapat dilihat di website ATM Locator Master Card. Untuk Master Card, beberapa ATM yang bisa digunakan adalah bank berikut :
  • Far Eeastern International Bank
  • Yuanta Commercial Bank
  • Taishin International Bank
  • Standard Chartered Bank Taiwan
tampilan web Mastercard ATM locator


Sedangkan untuk kartu VISA, bisa dirujuk ke website ATM Locator VISA. Beberapa ATM yang bisa digunakan adalah bank
  • CTBC Bank (ATM yang biasa di 7-Eleven)
  • CITIBANK
  • Taipei Fubon Commercial Bank
tampilan website VISA ATM locator
 

Untuk daftar yang lebih lengkap, silahkan kunjungi masing-masing provider jaringan kartu ATM anda. Di bandara juga ada ATM tapi coba selektif apakah ATM tersebut bisa digunakan untuk jaringan ATM anda.


ATM di bandara Taipei Taoyuan


4. Mengambil uang dengan hati-hati
Maksudnya saat akan mengambil uang dengan ATM di Taiwan, perhatikan baik-baik langkah-langkahnya. Tentunya tidak ada menu bahasa Indonesia, hanya ada bahasa Inggris dan Mandarin (tradisional). 

salah satu bank yang dapat menerima kartu ATM internasional

bahasanya Mandarin dan bahasa Inggris


Saya sarankan bila sudah punya planning ke Taiwan, ada baiknya untuk mencoba menggunakan opsi bahasa Inggris di ATM di Indonesia sebelum ke Taiwan. Sesudah sampai di Taiwan, dan sudah memiliki list bank apa saja yang bisa digunakan perhatikan kembali ATM tersebut apakah dapat digunakan atau tidak. Beberapa ATM yang tidak dapat digunakan biasanya diberi label bahwa ATM hanya menerima kartu dari Taiwan saja.


****

Written on Manjaro Linux 17.10 platform. Sebagai pengobat rindu akan linux environment. 


0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com