Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

09 August 2018

Tips Menuju Tainan dari Kaohsiung International Airport

"歡迎來臺灣, Welcome to Taiwan"

Sebuah kalimat dari pilot ketika hendak mendarat di bandara Kaohsiung, Taiwan.. Landing di Taiwan bagian mana itu merupakan pilihan pribadi masing-masing. Untuk yang menyasar daerah Taiwan bagian selatan, seperti ke Kaohsiung, Pingtung, Tainan, Chiayi memang lebih nyaman dan dekat melalui bandara Kaohsiung.

Kaohsiung International Airport



Apabila anda akan menuju ke Tainan, baik itu untuk melanjutkan studi atau bertamasya. Anda mungkin bertanya, caranya ke Tainan bagaimana ya? Cara paling mudah adalah dengan menggunakan kombinasi kereta. Yaitu MRT dan kereta antar kota.


Pertama, Cari Pintu Keluar
Pertama jelas bukan cari pintu keberangkatan pesawat, harus cari pintu keluar. Setelah anda mengisi Arrival Card dan menyelesaikan proses imigrasi, anda akan berjalan menuju tempat pengambilan bagasi. 

area pengambilan bagasi


Kalau ada bagasi ambil yaa.. Jangan ditinggal...

Jangan ditinggal kaya gini ya...ups..

Setelah melewati area pengambilan bagasi akan terlihat pintu keluar.

pintu keluar

Setelah itu keluar mencari tanda Exit (出口), dan anda akan menemukan arrival hall. Disini anda bisa mempersiapkan keberangkatan anda selanjutnya. Misal, mengambil uang di ATM bila memang perlu dan membeli paket data internet dari provider jaringan seluler lokal. Gak nyesel juga kok punya paket data lokal..

tempat membeli simcard Taiwan

ATM


Kedua, Statsiun MRT
Stasiun MRT Kaohsiung International Airport terletak tidak jauh dari arrival hall, tetapi letaknya di luar arrival hall. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk menuju MRT.

MRT ke arah kiri dari pintu keluar


Stasiun MRT letaknya di luar, jadi yakin saja mengikuti petunjuk.

keluar arrival hall dulu untuk ke stasiun MRT

Setelah melihat logo seperti huruf K miring ( ) itu merupakan tanda pintu masuk stasiun MRT. Turun saja ke bawah dan ikuti petunjuk untuk ke platform MRT.

pintu masuk stasiun MRT


Beli Tiket MRT ke Xinzuoying
Stasiun pertukaran dari MRT ke Tainan ada dua, pertama adalah Kaohsiung Main Station, dan kedua Xinzuoying Station. Saya lebih memilih Xinzuoying karena lebih besar. Pertama-tama kamu harus mengantri untuk membeli tiket MRT tentunya dengan uang lokal Taiwan (New Taiwan Dollar / NTD)

mengantri membeli tiket MRT

mesin penjualan tiket MRT Kaohsiung

Tentukan tujuan ke Stasiun Xinzuoying (R16), setelah dapat tiket MRT langsung saja menuju peron. Perlu diperhatikan arah peron, tujuan MRT adalah ke arah Xinzuoying (R16). Tetapi kalau anda tujuannya juga sekitar Kaohsiung anda bisa langsung pilih tujuan stasiunnya dan kalau ganti jalur MRT bisa ganti di Formosa Boulevard.

platform ke Xinzuoying

Suasana di dalam MRT juga cukup sejuk, tapi jangan terlena dan sampai kelewatan yaa...

suasana di dalam MRT Kaohsiung

Setelah sampai di stasiun Xinzuoying, atau statsiun tujuan langsung naik mencari pintu keluar.

platform MRT

pintu keluar MRT Xinzuoying


Beli Tiket Kereta ke Tainan
Setelah keluar dari stasiun MRT Xinzuoying, tugas selanjutnya adalah mencari stasiun kereta TRA, ikuti saja tanda panah yang ada.

cari jalur ke TRA

Kalaupun anda tidak menemukan stasiun seperti di bawah ini, jangan khawatir. Anda hanya memasuki stasiun Xinzuoying dari tempat yang berebeda. Tetap bisa ke Tainan kok.. 

Xinzuoying TRA Station

Tapi kalau anda justru menemukan stasiun Xinzuoying seperti di atas ya nggak apa-apa. Setelah itu carilah mesin penjualan tiket seperti di bawah.

mesin tiket TRA, agak old style tapi mantap kok..

Sambil membeli tiket, ada baiknya melihat jadwal kereta. Xinzuoying (新左營) ke Tainan (臺南 atau 台南). Perjalanan ke Tainan sekitar 40 menitan dari stasiun ini.

Perjalanan dari stasiun Xinzuoying (新左營) warna ungu, ke Tainan (臺南), warna oranye


Menuju Peron
Oyaa.. Sebelum menuju peron cari informasi nomor kereta terdekat yang akan berangkat, kalau punya jaringan internet bisa mampir ke website http://twtraffic.tra.gov.tw/. Tapi kalau tidak punya pun tak masalah. Cukup lihat papan informasi perjalanan ke utara (North Bond). Perjalanan ke arah utara dilayani di peron jalur 2.

pintu masuk stasiun TRA Xinzuoying, papan putih itu papan informasi jadwal kereta terdekat

Naik Kereta ke Tainan, nah ini jangan salah naik.. Kereta yang dibeli biasanya adalah kereta lokal. Jadi perhatikan betul bukan kereta jenis "Tze-Chiang atau Chu-Kuang" kecuali anda memang membeli tiket itu, hehe.. Untuk membedakannya, kode kereta lokal itu 4 angka misal 3172, sedangkan yang ekspress 3 angka. Ini lihat dimana? ada di luar gerbong keretanya.

suasana di dalam kereta ke Tainan

Dan.... Welcome to Tainan

Tainan

Kalau mau ke pintu depan stasiun bisa langsung keluar, tapi kalau mau ke pintu belakang stasiun seperti ke kampus National Cheng Kung University harus turun dulu ke bawah lewat terowongan.

Pintu belakang stasiun Tainan, tiketmu masukkan saja ke bagian Ticket (panah merah kanan bawah)

Ada yang tanya, pengen naik bus, jawabannya ada sih tapi gak direkomendasikan karena lamaa.. dan sedikit jadwalnya...
- 8046 Kaohsiung Station - Tainan Station
- 8046A Xinzuoying Station - Tainan Station

Notes:
- Jam operasi MRT terakhir sekitar pukul 00.00, dan kereta terakhir ke Tainan sekitar pukul 23.00 sebaiknya pilih opsi penerbangan yang lebih awal sampai.
- Selain di Xinzuoying, transfer kereta ke Tainan (northbond) / Pingtung (southbond) bisa di Kaohsiung Main Station

1 comment:

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com