Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

06 July 2016

Mudik saat Idul Fitri dan kuliner wajibnya "Soto" | westborneoroad

Mudik atau pulang kampung di Indonesia yang sejatinya dilakukan untuk mengobati hausnya kerinduan terhadap keluarga atau eksistensi fisik telah menjadi ritual tahunan saat memasuki minggu terakhir bulan Ramadhan..

Pulang kampung ini juga menimbulkan rasa lainnya, kangen terhadap rekan semasa kecil, saudara hingga kuliner. Bagi kami, salah satu yang dicari tentulah kulinernya dan pilihannya jatuh pada Soto.. Bagi kami yang mempunyai tujuan sekitar Solo dan Jogja, soto favorit cukup banyak dan tidak hanya yang ditulis di blog ini saja, namun dipilih karena dekat atau searah saat mudik, yaitu..

Soto Pak Man, Semarang
Soto Ayam Pak Man yang terletak di Semarang merupakan salah satu jenis soto yang unik, dengan mangkok kecil sebagai ciri khas soto dari Kudus yang sangat melegenda, daging ayam, daun bawang dan diberi kuah bening. Mantap...

Jangan ragu-ragu untuk memesan minimal dua mangkok, karena memang porsinya kecil.. aneka makanan tambahan untuk menambah nikmat makan soto disini ada sate ayam bumbu bacem, tempe goreng, tahu goreng..

Soto Pak Harto, Kartosuro
Mendengar kata Kartosuro mungkin sudah tidak asing lagi, karena bebek goreng yang terkenal itu berasal dari daerah ini. Kota kecamatan ini menyimpan beragam kuliner mantap, salah satunya soto. Diantara beberapa soto di Kartosuro yang melegenda seperti Soto Daging Ledokan yang pernah disantap oleh Alm. Gus Dur dan Soto Babat, masih ada soto yang tidak kalah mantap di sana yaitu Soto Ayam Pak Harto.

Soto yang terletak di dekat perempatan Kartosuro arah tidak pindah-pindah dari era 90an ini tetap mempunyai cita rasa yang otentik sejak dulu...



Soto dengan daging ayam dan kuah beningnya ini memang menggoda sekali, dan spesialnya ada tambahan sate ayam yang menurut saya dimasak dengan cara di-ungkep dan mempunyai rasa cenderung asin-gurih berkebalikan dari sate ayam di warung Soto Pak Man yang manis. Saya pribadi bisa menghabiskan 2-3 tusuk sate ayam per mangkok soto, mantap..

Opini Pribadi berdasarkan lidah pribadi, kalau sudah sampai perut sama rasanya, kenyang..
 

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com