Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

22 July 2016

Wisata Mangrove di Karangsong Mangrove Festival, Indramayu | westborneoroad

Pernah mendengar Karangsong Mangrove Festival? Kalau pernah tentulah itu dari harian Kompas atau dari berita Pertamina, yup.. karena dua nama inilah yang mengangkat nama Karangsong Mangrove Festifal.

Kalau belum, Karangsong Mangrove Festival adalah even tahunan yang diadakan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap ekosistem mangrove (bakau) yang ada di daerah pesisir. Untuk di pantai utara Jawa, salah satu pusat mangrove ada di Pantai Karangsong, Indramayu. Karangsong Mangrove Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 berlokasi di Pantai Karangsong, Indramayu, Jawa Barat.


Yang cukup khas adalah Pantai Karangsong sendiri terbelah menjadi dua bagian yang dipisahkan sebuah kali (sungai kecil) di sebelah timur berupa pantai dan di sebelah barat adalah kawasan mangrove.

Pada saat itu diadakan penanaman mangrove bersama dengan Ibu Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan, jadilah kami naik perahu (mumpung gratis) ke kawasan mangrove.


Tempat menyebrang dengan perahu
 
Menyebrang ke kawasan ekosistem mangrove dengan Perahu

Saat memasuki anak sungai, pemandangannya cukup menawan dimana kita dikelilingi pohon mangrove yang hijau.

Pemandangan saat di Perahu
Sesampainya di lokasi kita diberikan pemandangan informasi dan larangan selama di kawasan ini. Karena ini merupakan kawasan konservasi di Indramayu. Selain itu untuk jalan-jalan disediakan juga trek dari kayu.

Pintu masuk kawasan mangrove karangsong

Trek untuk jalan-jalan di kawasan

Lokasi pembibitan mangrove
Setelah cukup jauh berjalan, akhirnya sampai di lokasi penanaman, ternyata letaknya di pinggir pantai yang menghadap ke laut. Mantap.. kalau pas beruntung bisa melihat tanker yang sedang lego jangkar di perairan laut Jawa ini

Lokasi penanaman mangrove
 
Ibu Menteri dan Ibu Bupati melakukan penanaman bersama, tentunya saya juga ikut

Setelah selesai, kami menikmati suasana sejenak dan kembali ke tempat festival menggunakan perahu. 
Perahu nelayan yang digunakan untuk transportasi kembali

Selain itu, ada kegiatan yang cukup seru yaitu demo masak bersama chef Marinka.




Transport
Untuk ke Pantai Karangsong, Indramayu bisa ditempuh melalui jalan darat langsung ke kota Indramayu dari Pantura. Bila menggunakan kereta berhenti di stasiun Jatibarang dan naik ojek ke Karangsong. Jangan lupa catat no. HP tukang ojeknya siapa tahu perlu untuk ngater balik lagi ke stasiun.



Kalau dari Cirebon bisa naik elf dan turun di bundaran kijang, dan naik ojek ke karangsong.

Kuliner
Untuk kuliner di Indramayu bisa lihat disini.

Menginap
Hotel atau penginapan di Indramayu kelasnya menurut saya melati, namun harganya setaraf bintang 2. Kalau anda merupakan pemilih dalam hal Hotel, lebih baik menginap di Cirebon, 1-1,5 jam perjalanan dari Indramayu.


So, kapan ke Indramayu..

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com