Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

11 September 2017

Mencari Makanan Halal di Hong Kong

Awalnya ke Hong Kong cuma mimpi, jadi gak terlalu berfikir panjang untuk riset tentang traveling di Hong Kong. Lha kok malah dapat tiket murah, jadinya berangkat dah...

Ngomong-ngomong tentang Hong Kong, tentu bagi wisatawan muslim, mencari makanan halal menjadi perhatian penting. Jika saya iseng-iseng grading atau membuat stratifikasi maka kira-kira ada tiga tipe makanan halal yang ada di Hong Kong, pertama makanan halal yang tersertifikasi baik oleh institusi Hong Kong, kedua makanan halal yang tersertifikasi halal dari negara luar Hong Kong, yang ketiga makanan halal yang tidak tersertifikasi namun dimasak oleh muslim. Kami mencoba ketiganya.

Tipe 1, Tersertifikasi Halal dari Islamic Trust Hong Kong
Di situs www.discoverhongkong.com dan www.www.islamictrusthk.org sebenarnya sudah tersedia daftar tempat yang menyediakan makanan halal di Hong Kong, ini termasuk kategori yang pertama. Beberapa yang kami dan dibagi dalam kawasan coba adalah :

Kawasan Kowloon
Kawasan Kowloon di Hong Kong ternyata tersedia makanan Halal. Beberapa diantaranya yang saya coba adalah Ebeneezer, 27 Kebab dan Bismillah.

Ebeneezer
Ebeneezer merupakan salah satu restoran yang menyediakan makanan halal dan dengan harga sekitar HKD 60 untuk paket nasi (2017). Mereka menyediakan beberapa makanan khas timur tengah dan khas India seperti nasi briyani.

Nasi Briyani, halal di Hong Kong


Bila membeli nasi briyani dibungkus maka kita akan diberi paket nasi termasuk salad dan saus mayonais serta lengkap dengan sendok dan garpu.


Ebeneezer di Ashley Road, Hong Kong

Di Kawasan Kowloon, Ebeneezer berada di jalan Ashley Road yang buntu.

27 Kebab 
Berada satu deret dengan Ebeneezer di Ashley Road, toko ini setiap siang selalu ramai, saya pun jadi termotivasi untuk mengantre untuk mengetahui apa sih yang beda. Ternyata setiap jam makan siang mereka memberi diskon untuk makanan tertentu.

booth 27 Kebab

Nasi Briyani dari 27 Kebab

Nasi briyani yang dibuat disini sedikit berbeda dengan Ebeneezer karena salad yang diberikan tanpa saus.

Bismillah
Tempat ketiga yang menyediakan masakan halal di Kowloon, Hong Kong adalah di dalam Cungking Mansion. Salah satunya adalah Bismillah Kebab House tapi di tokonya mereka justru memasang nama Bismillah Fried Chicken and Pizza.. karena jualan pizza juga.

Bismillah juga menyediakan pizza

Kali ini saya hanya membeli nasi putih, sayur dan gorengan.. ya.. karena bosan dengan nasi briyani..
 

Kawasan Hong Kong Island
Tidak hanya dikenal karena taman Victoria dan jalur trem yang masih aktif, Kawasan Hong Kong Island juga dikenal dengan bangunan-bangunan yang bersejarah. Dibalik itu ternyata juga ada tempat kuliner yang juga patut dicoba selama liburan di Hong Kong.

Islamic Canteen
Bagi pelancong muslim, Islamic Canteen adalah salah satu "must visited restaurant" di Hong Kong. Terletak di lantai 5 Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick, distrik Wan Chai. Makanan favorit disini adalah makanan khas China.


Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick

Islamic Canteen

Dim Sum


Untuk mengakses Masjid Ammar dan Osman Ramju Sadick ini anda bisa naik MTR dan turun di stasiun MTR Wan Chai dan naik trem ke arah timur (Easbound) ke pemberhentian Tonnochy Road. Setelah itu berjalan ke arah selatan... Pusing? pasang aplikasi maps.



Khusus hari Jumat, setelah Jumatan ada menu khusus yang disediakan oleh kantin ini. Harga HK$30  (awal 2019) kita bisa mendapatkan makanan yaitu nasi, sayur, lauk plus teh tarik  / teh susu. Pada Jumat itu nasi ambil sendiri, lauk diberikan kari ayam dan kentang, ditambah fried fish dengan sayur.

paket nasi di Islamic Canteen (Jumat)

nasi (nyendok sendiri), kari ayam kentang, ikan, sayur, teh tarik

Warung Malang
Ah.. kali ini saya harus menyerah untuk tidak mencicipi citarasa Indonesia, anak saya yang kala itu yang baru diisi dengan sereal tiba-tiba nyeletuk "di Hong Kong ada soto gak pa?", saya pun langsung searching dan ternyata ada di Warung Malang.

Soto Ayam.. di Hong Kong

Tanpa pikir panjang, akhirnya saya jalan ke Warung Malang, yang terletak di Pennington Street, Causeway Bay. Dari stasiun MTR Wan Chai lebih mudah diakses dengan naik trem hingga ke pemberhentian tram Paterson Street.

Warung Malang, Hong Kong.. restoraan khas Indonesia

Suasana di sini bagi saya mungkin biasa saja, namun setelah diskusi dengan ibu yang mengelola rumah makan ini tidak hanya tempat mencari rezeki semata namun menjadi tempat berkumpul dan pengobat rindu bagi diaspora Indonesia yang berada di Hong Kong. Bagaimana tidak, rasanya otentik karena beberapa bahan makanan dikirim langsung dari Indonesia.

bersama pengelola Warung Malang, Hong Kong

Kawasan New Teritories
Daerah berikutnya kami mencoba juga makanan halal, sesuai list dari Discover Hong Kong ada beberapa spot di Newa Teritories ini, diantaranya :

Ebeneezer
Tidak jauh berbeda dengan yang di kota, di kawasan Ngong Ping 360 ini restoran Ebeneezer juga menawarkan makanan halal namun dengan konsep dan suasana restoran yang lebih baik dibanding di kota.

Ebeneezer di Ngong Ping 360

Doner with rice

Kali ini kami mencoba nasi dengan doner, atau daging cincang yang dimasak dengan bumbu.

Disneyland
Kelaparan di Disneyland? Kalau memang membeli tiket dengan voucher makanan seperti kami yang kami beli di Holiday World Tours Ltd. yang saat itu hanya mereka yang menyediakan tiket tersebut, anda bisa menukarkan dengan makanan halal yang ada di restoran yang terdapat di list.

makanan halal di Disneyland HK

Cukup lengkap menu halal yang disediakan baik dari Indonesia, asia timur, hingga masakan India, saya memilih nasi goreng dan untuk anak saya nasi ayam bumbu tandoori dan kari.

Popeyes
Untuk anda yang mungkin berangkat dengan penerbangan pagi dan belum sempat sarapan, seperti kami yang saat itu menggunakan maskapai Malaysia Airlines, kami menyempatkan waktu untuk mencoba menu dari Popeyes. Walaupun konternya tersedia di ruang bandara setelah pemeriksaan imigrasi, ternyata tidak sulit menemukannya. Popeyes juga ada di Kowloon.


Menu yang disediakan adalah fast food khas amerika, kami mencoba burger dan fries.

Update News: per 1 Mei 2019, sertifikat halal Popeyes dicabut sementara karena supplier bahan baku ayamnya (info), semoga bisa dapat supplier bahan baku yang halal yak..

Old Town White Coffee
Awal tahun 2019, beberapa konter makanan / restoran di Terminal 1 bandara HKIA sedang direnovasi (popeyes juga tutup) dan saya gak tahu berapa lama sehingga tutup, padahal saya harus ke China yang penerbangannya saya belum bisa terkonfirmasi menyediakan makanan halal selama penerbangan.

Old Town White Coffee


Kali ini perpaduan paket white coffe, nasi lemak dan cumi jadi pilihan di sini.

Selain beberapa tempat di atas, sebenarnya ada juga yang kami sambangi tapi gak jadi beli, yaitu Spice Restauran yang tidak jadi kami singgahi karena belum buka sedangkan saya mengejar jam sholat jumat dan Istanbul Kebab yang berada di samping JJ Hotel, yang waktu lewat situ belum buka.

Baca juga : Di 7 Eleven Hong Kong ada yang Halal ga?

Tipe 2, Halal karena Muslim Owner
Lha terus untuk yang kategori dua gimana? Untuk teman-teman yang mungkin budgetnya tidak banyak bisa sempatkan sholat di Masjid Kowloon misal pas Zuhur atau Ashar, nah setelah selesai sholat akan ada yang jualan nasi biryani atau roti-roti khas India, harganya satu paket nasi briyani sekitar HKD 30, hampir separuhnya dari harga di restoran.

Masjid Kowloon (warna putih)

Nasi Briyani buatan salah satu penjual di depan Masjid Kowloon

Selain itu, bisa ke Chungking Mansion, cukup banyak pilihan makanan halal kategori ini

Tipe 3, Halal karena Sertifikasi Halal Negara Lain
Masih ada beberapa tempat untuk mendapatkan makanan halal yang kategori tersertifikasi tetapi tidak disertifikasi oleh institusi Hong Kong, yaitu di supermarket. Salah satu yang paling banyak menyediakan makanan dan minuman halal adalah supermarket Wellcome, kalau 7 Eleven ada tapi sedikit.

Kejadian lucu sekali ketika kami disana, ternyata memang nama supermarketnya adalah "Wellcome", rata-rata di basement yang kami kira itu adalah ucapan selamat datang, ternyataaa.... *tepok jidat*

wellcome, selain arti selamat datang.. ini berarti ada toko swalayan

Lumayan lho di supermarket ini, kita bisa menemukan beberapa makanan halal dari Singapura, Malaysia dan tentunya Indonesia.

sereal dengan label halal dari Malaysia

Bagi anda yang doyan lari, dan ingin mengembalikan hidrasi dengan minuman isotonik, maka masuk ke toko ini adalah jawabannya.. ada isotonik dengan label halal..

100 Plus, minuman dari Singapura dengan label halal.. teman setelah lari..

Tips :
- Tidak semua restoran yang ada di list Halal Hong Kong itu masih berjualan, salah satu yang saya temukan namun sudah tidak ada tokonya adalah Grill n Go di Elements Mall.
- Di beberapa restoran, yang tersertifikasi halal adalah makanannya ya.. minumannya perlu ditelaah lagi sepertinya, hehe...
- Untuk makanan halal dari maskapai penerbangan, salah satu maskapai yang menjamin makanan yang mereka sediakan dari Hong Kong adalah Malaysia Airlines, sehingga kita tidak perlu repot untuk request Halal / Muslim meal. Selain itu, sebaiknya anda request.


So... tidak perlu khawatir.. jalan-jalan dan kulineran di Hong Kong... mentok-mentok, cari buah..


Location: Hong Kong

1 comment:

  1. iya benar, harus hati-hati membeli makanan atau minuman terutama di luar negeri karena terhalang perbedaan bahasa.

    ReplyDelete

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com