Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

21 September 2017

Menyelam dan Transplantasi Karang di Kepulauan Seribu

Bagi sebagian besar penikmat olah raga menyelam, tentunya yang diidam-idamkan ketika sudah mulai turun ke laut adalah melihat biota laut.. Begitu juga saya..

Tapi kali ini lain, di bulan September 2017 saya dan rekan-rekan penyelam lainnya di kantor diberi kesempatan untuk ikut berpartisipasi menyelam dan melakukan transplantasi terumbu karang di Pulau Bira Besar, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Lokasi ini dipilih karena dekat dengan akses ke Pulau Pelangi yang ada dive center. Kenapa transplantasi? karena memang kondisi beberapa kawasan laut kita memang sudah menurun. Sedih juga mendengar penjelasan ini dari salah satu penggiat konservasi dari Taman Nasional Kepulauan Seribu ini.

dermaga P. Bira Besar

Perjalanan ke Pulau Bira Besar atau Pulau Pelangi (yang terdekat dengan P. Bira Besar) harus menggunakan kapal / boat khusus dari dermaga Marina Ancol. Kali ini kami harus menghadapi ombak yang cukup lumayan membuat beberapa orang jackpot.. 2 jam dan dua kali... pergi dan pulang..

dermaga P. Pelangi

Sebelum menyelam, Dive Master dari tim Pulau Pelangi melakukan briefing singkat, setelah itu kami akhirnya nyemplung ke laut sekitar kedalaman 6 meter, tiap penyelam bertanggung jawab atas peralatan dan buddy masing-masing.. good dive comes from good plan, agree?..

Walaupun pernah mengikuti acara serupa, dengan metode Biorock. Kali sedikit berbeda, dan kami-kami hanya mengikuti arahan dari pihak Taman Nasional Kepulauan Seribu.

melakukan transplantasi di rak

hasil transplantasi

hasil transplantasi

Dan itulah beberapa hasil transplantasi terumbu karang di Pulau Bira Besar Kep. Seribu. A tribute to mas Hari, mas Iko, mas Hendra, mas Aryo, pak Sodikin dan mbak Getha yang sudah berpartisipasi di kegiatan ini..

***

Di akhir penyelaman, terbesit sebuah pesan dan harapan... Grow Stronger hey Coral!! So we can meet again...

0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com