Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

10 September 2017

Itenerary Short Trip di Singapura

Banyak yang tanya ke saya kalau cuma sebentar di Singapura bisa kemana aja sih? Saya jawab... Mau apa dulu?.... Misal hanya punya waktu sebentar di Singapura dan mau traveling sebentar?.. Misal sejatinya jadwal di Singapura untuk nonton konser, mengikuti even lari seperti Sundown Marathon atau Singapore Marathon, sekedar lewat atau transit saja di Singapura dan bosan kalau hanya di Changi saja?...

Mungkin itenary ini bisa memberikan gambaran untuk menentukan tujuan tempat wisata di Singapura yang bisa dinikmati cukup dengan waktu minimalis.

Biasanya penerbangan murah sampai di Singapura malam hari atau sampai dinihari, sedangkan esok sore atau malamnya sudah harus kembali ke Bandara atau keluar dari Singapura, bisa saja ke Johor atau justru ke Batam. Sehingga itenary ini dibuat dari pagi hingga sore hari.


Berfoto di Patung Merlion & Clarke Quay (estimasi 2 jam)
Bagi turis yang belum pernah ke Singapura, maka spot sekitar Merlion menjadi "tujuan penting" untuk sekedar berfoto atau posting di laman social media. Mengunjungi ikon Singapura ini tentunya membuat kita merasakan "really ever been in Singapore", benar-benar pernah di Singapura.


Patung Merlion


Stasiun MRT terdekat dari Merlion adalah Raffles Place, sedangkan halte bus terdekat adalah OUE Bayfront (ini tahun 2017), walaupun saya lebih suka turun di halte Opp S'pore Cricket Club, di seberang National Gallery tinggal jalan dikit. 

Tak jauh dari Merlion anda bisa ke kawasan Clarke Quay, bagi muslim dapat menyempatkan sholat di Masjid bawah tanah pertama di Singapura, Masjid Moulana Mohamed Ali yang berada di sekiar Raffles Place.



Garden By The Bay & Marina Bay Sands (estimasi 1 jam)
Di seberang patung Merlion, terdapat ikon Singapura lainnya yaitu Garden By The Bay dan gedung Marina Bay Sands, kalau cuma di luar atau sekitarnya bisa gratis, tidak perlu bayar.. namun kalau mau masuk ya harus merogoh kocek.


Singapura di sore hari


Bagi yang suka lari, trek di Garden By The Bay ini termasuk salah satu favorit di Singapura, jadi kalau mau pemanasan sebelum race oke juga.. Untuk ke sini bisa naik MRT dan turun di MRT Bayfront.. tapi jalan kaki dari pintu keluar MRT ke Garden By The Bay ini masih lumayaaan... alternatifnya naik bus dan turun di halte Marina Bay Sands Theatre.

Makan di Jalan Pisang, Kampong Glam (estimasi 1 jam)
Untuk kategori ini saya memberikan informasi makanan halal, favorit saya ada di restoran Hj. Maimunah yang ada di Jalan Pisang. Kalau memang mau ke sini lebih baik dibarengi saat mau sholat sehingga tidak dua kali perjalanan. Walaupun restoran Hj. Maimunah sudah tutup saat malam, anda masih bisa mencoba warung yang menyediakan roti india dan nasi briyani.

Hj. Maimunah

MRT terdekat adalah MRT Bugis, sedangkan halte bus terdekat Opp Stamford Pr Sch (dari arah Lavender / Geylang), kalau dari arah lain halte terdekat adalah Bugis Stn.


Orchard Road & Lucky Plaza (estimasi 2 jam)
Kalau yang ini saya gak mau jelasin banyak. Intinya bisa buat shopping ataupun mencari makanan untuk makan... Buaaaanyak.. Mau beli es krim di pedangang yang banyak berjualan trus selfie di depan papan nama jalan Orchard juga cukup kekinian.. Waktu sekitar 2 jam mungkin cukup untuk membeli beberapa barang (asal ada duit), kalau nggak ya cukup 30 menit aja.. *sambil rogoh-rogoh kocek* karena ga ada duit..

MRT terdekat adalah Dobby Ghaut dan Orchard

Sentosa Island dan Universal Studio Singapore (estmasi kalau foto-foto aja 2 jam cukup)
Untuk ke Sentosa anda harus ke Stasiun MRT HarbourFront, setelah itu bisa pilih masuk ke Sentosa dengan jalan kaki, naik bus RWS 8 atau naik LRT dari VivoCity mall

di depan bola dunia

Kalau sudah masuk, bisa main sepuasnyaaa.. Favoritnya adalah berfoto di depan bola dunia..


Sholat di mana? (estimasi 1 jam)
Di Singapura termasuk kota dengan jumlah masjid yang cukup banyak. Salah satu yang terdekat dengan destinasi wisata favorit adalah di Masjid Molana Mohamad Ali atau lebih terkenal dengan Masjid Molana yang berada di kawasan Raffles Place, dekat MRT Raffles dan dekat Clarke Quay.

Masjid Molana


Masjid lainnya ada di kawasan Little India dan kawasan Kampong Glam, Bugis. Untuk di daerah kedua ini letaknya dekat sekali dengan pusat makanan halal di daerah Arab Street dan dekat dengan halte bus.



Cari Oleh-oleh, di Mustafa Centre (estimasi 1 jam)

Pulang tanpa buah tangan bagi backpacker mungkin sudah biasa, tapi yang tidak biasa kalau yang memang niatnya jalan-jalan sambil cari oleh-oleh, selain di Orchard Rd, bisa ke Mustafa Centre.. Sekedar beli apa gitu.. Mustafa Centre berada di sekitar kawasan Little India. MRT terdekat adalah MRT Little India atau MRT Farrer Park tapi jalannya masih jaooh.. Sedangkan halte bus terdekat ada di Serangoon Road, halte Broadway Hotel.

Mustafa Centre

Selain di Mustafa Centrr, ada beberapa tempat jualan cindera mata di sekitar Bugis Junction. Lebih mudah diakses kalau dari stasiun MRT Bugis.



Tips :
- Lengkapi diri dengan kartu EZ-Link atau NETS untuk naik transportasi umum, atau gunakan Singapore Tourist Pass
- Lengkapi dengan peta MRT offline, ini memudahkan anda jalan-jalan
- Kalau ada duit, pasang roaming atau beli simcard untuk cari rute bus. Kalau budget mepet ya rajin-rajin lihat jalur bus pas dapat free wifi.
- Kalau anda masuk dari Batam ke Singapura melalui HarbourFront, maka saya sarankan ke Sentosa terlebih dahulu sebelum ke tempat lain.


***

Selamat menyempatkan...

0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com