Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

17 March 2018

Tips dan Cara naik MTR (MRT) dan Bus dengan Octopus Card di Hong Kong

Hong Kong secara umum sangat ramah terhadap pelancong, karena sistem transportasi umumnya sangat baik, terintegrasi satu sama lain. Ini yang menjadi daya tarik Hong Kong bagi kami sehingga kami pun mencoba berbagai moda untuk berkeliling di Hong Kong.


Untuk kalian yang ingin sekali ke Hong Kong dan berkeliling Hong Kong dengan transportasi umum, ada beberapa tips yang mungkin berguna.


Setelah sampai, segera tukar Hong Kong Dollar dan beli Octopus Card
Kalau belum punya mata uang Hong Kong, yaitu Hong Kong Dollar segera tukarkan uang yang anda miliki di money changer. Tapi jangan terkejut karena ada empat uang Hong Kong Dollar yang berlaku, dikeluarkan oleh HSBC, Standard Chartered, Bank of China dan Goverment of Hong Kong.. Ini setahu saya ya..

Hong Kong Dollar yang dikeluarkan beberapa bank

Setelah ada Hong Kong Dollar, beli Octopus card. Untuk mendapatkan Octopus Card cari konter penjualannya di Bandara HKIA, kalau anda dari Terminal 1 keluar saja ke arah Terminal 2 atau ke arah "Train to City" nanti akan ada konternya yaitu di konter Airport Express.

Octopus card ini adalah alat pembayaran pengganti uang dan ada beberapa tipe. Di Indonesia seperti E-Money, Flazz card, Tapcash ataupun Brizzi. Kalau di Indonesia dikeluarkan setiap bank nah di Hong Kong dikelola satu saja, Octopus card. 

tipe-tipe Octopus Card

Biaya awalnya sepertinya mahal karena kita harus ada deposit dan refund fee, tetapi bagi kami justru inilah yang paling ekonomis karena ada selisih lebih murah hingga beberapa dollar saat naik MTR (MRT Hong Kong) dan apabila naik bus dan harus berganti di beberapa interchange yang bisa dapat diskon (cek disini) juga ada kartu khusus anak sampai umur 11 tahun yang biayanya beda.

So, sampai tahap ini sudah ada Octopus Card di tangan..


1. Naik Bus? 
Ke Halte atau Terminus dan Tapping Saat Naik
Bus di Hong Kong yang dikelola oleh Citybus dan NW First Bus jalurnya cukup banyak dan cukup membingungkan pilih yang mana saat sudah di halte bila tujuannya dilewati beberapa bus. Tipsnya adalah instal aplikasi transportasi di smartphone. Kalau malas ya bisa pakai google maps, nanti bisa lihat bus apa saja melewati halte terdekat ke tujuan anda.

Terminus di Hong Kong

Terminus di Lantau Island, menunggu bus S56 ke HKIA

Oiya, terminal bus (Terminus disebutnya di Hong Kong) ada yang open air seperti yang di dekat HK Clock Tower, namun ada juga yang tertutup seperti di dalam gedung. Sama saja sebenarnya, yang tertutup itu biasanya satu gedung dengan stasiun atau dengan mall.

aplikasi CitybusNWFB sangat bermanfaat

Sebelum anda menentukan bus apa yang akan dinaiki perlu tahu juga kalau Hong Kong menerapkan satu harga, dihitung dari halte yang dinaiki ke halte terjauh, maksudnya begini kalau tujuan anda dekat jangan naik bus yang tujuan jauh tentunya ini membuat anda harus membayar lebih. Dan cek dulu harga yang harus dibayar dengan aplikasi yang tersedia seperti CitybusNWFB.

tempat menunggu bus di halte

angka 8 menunjukkan tempat bus no 8 tersebut berhenti dan kita harus menunggu

Oya, sepintas sama namun 619, 619X dan N619 berbeda lho.

Oya, apabila anda di Halte, anda harus berdiri di tempat menunggu yang benar. Kami pernah tertinggal bus karena tidak sempat mengejar busnya saat berhenti di halte karena salah tempat menunggu. Kebetulan haltenya cukup panjang. Tipsnya lihat di setiap papan nomor bus, atau lihat di lantai ada tulisan nomor bus juga di beberapa halte.

suasana di dalam bus di Hong Kong


Bus di Hong Kong ada beberapa tipe, mulai yang tipe minibus / van, bus tidak tingkat dan bus tingkat (Double Decker). Jadi kalau sudah menentukan nomor bus, dan terlihat busnya datang naik saja.


tiga moda transportasi berbeda, taksi (kiri), tram (tengah) dan minibus (kanan)

Kalau sudah memilih bus, naik dan sentuhkan kartu Octopus pada alat pembaca. Oya, di Hong Kong kita hanya perlu menyentuhkan kartu satu kali saja saat naik bus karena seperti yang sudah diceritakan, Diterapkan satu harga.

aplikasi google maps, digunakan saat kami akan naik bus

Oya, akan lebih mudah kalau anda memantau terus aplikasi google maps saat di dalam bus bila anda ingin turun tidak di pemberhentian terakhir. Karena memang perlu (supaya gak kelewatan). Kalau sudah mau sampai, anda bisa tekan tombol stop. Nanti supir bus akan memberhentikan di halte terdekat. Untuk lihat rute bus bisa cek di website Citybus & NW First Bus.

Kalau gak punya Octopus Card yaudah, bayar cash di samping pak supir. Tapi gak ada kembalian yaa...


2. Ke Stasiun dan Naik MTR
Moda kedua adalah menggunakan MTR (MRT / Mass Rapid Transit versi Hong Kong) yakni kereta komuter cepat bisa bawah tanah via tunnel atau diatas. Ini merupakan moda tercepat untuk kemana-mana di Hong Kong. Untuk memulainya anda bisa ke stasiun terdekat. Bingung? cari di internet lokasi pintu masuk stasiun.

Oya, di Hong Kong sudah sangat ramah sekali tanda-tanda di stasiun karena digabung antara karakter Traditional Chinese dengan English. Jadi tidak perlu khawatir tersesat. Di setiap stasiun juga dipasang peta stasiun. Sehingga ketika kita ingin keluar di pintu tertentu tinggal cari kode pintu keluarnya. Pintu masuk atau keluar bisa berupa tangga tanpa eskalator, eskalator bahkan lift saja. Jadi perhatikan benar kodenya.


Stasium MTR

Setelah masuk ke area stasiun, kita perlu mencari pintu masuk ke area peron. Sebelum sampai di sini siapkan kartu Octopus untuk disentuhkan ke pembaca kartu. Mirip seperti di Jakarta ketika akan naik Transjakarta atau kereta Commuter Line.

Tapping kartu Octopus, dan pintu akan terbuka

Peron di salah satu stasiun MTR

Ketika sudah di peron, yang perlu diperhatikan adalah kita naik kereta dengan line apa? Warna Apa?  Jurusan mana? Ini penting lho, bekali anda dengan peta MTR disini untuk memastikan anda tidak salah naik.  Untuk stasiun yang menghandle 2-3 line mereka terpisah tempat menunggu atau peronnya. Yang paling simple adalah naik turun elevator saja, tetapi ada pula yang harus jalan kaki lumayan jauh untuk berpindah line.


Setelah sampai di stasiun tujuan kita bisa turun dari MTR dan tapping kartu Octopus di pintu keluar. Disini akan ditampilkan saldo terakhir kartu kita. Perlu diingat-ingat lho.. Setelah itu kita bisa keluar untuk ke tujuan kita sebenarnya. Cari saja tanda " 出 / 出口/ Exit" beserta pintu keluar yang diinginkan (misal A, B atau lainnya).

Suasana di area stasiun

Baca Juga : Naik Airport Express Train ke Hong Kong Central dengan Octopus card

Tips : Sebelum menenentukan mau turun mana, bisa lihat juga tabel biaya naik MTR di setiap stasiun seperti gambar di bawah.

tabel harga

Kalau gak punya kartu octopus, bisa kok ke mesin tiket manual yang ada di tiap-tiap stasiun. Caranya tinggal pilih stasiun, tipe penumpang (dewasa, anak-anak), jumlah tiket, lalu masukkan uang dan ambil kembalian dan tiket.

mesin tiket manual (single journey)


3. Ke Halte Tram dan Naik Tram di Hong Kong Island
Salah satu moda transportasi yang "legend" di Hong Kong adalah tram / trem. Seperti bus tetapi dengan roda besi dan berjalan diatas rel dan dijalankan dengan listrik dan hanya ada di kawasan Hong Kong Island. Walaupun kecepatan jalannya tidak secepat bus tetapi sayang juga kalau melewatkan mencoba menggunakan tram saat sudah di Hong Kong.

Trem di Hong Kong island

Untuk menggunakan tram, kita datang saja ke halte tram, letaknya tidak seperti halte bus yang di pinggir jalan. Halte tram terletak di tengah jalan karena memang rel-nya juga ada di tengah-tengah. Tram ini menjadi favorit untuk kami dari Admiralty Station ke hotel tempat menginap di Wan Chai karena murah dan tidak jauh jalan kakinya. Untuk naik tram, kita naik dari belakang lho dan sedikit berbeda dengan bus, kita naik dulu baru tappingnya saat akan turun. 

papan informasi jalur tram

Untuk megetahui jalur pemberhentian tram, di setiap halte ada kode misal 52W berarti halte nomor 52 (Tonnochy Road) dengan tujuan pergi ke arah barat, sedangkan 52E berarti halte 52 dengan tujuan pergi ke arah timur. Jangan sampai salah ya nunggunya. Lebih jelasnya bisa lihat website hktramways.com.


biaya naik tram (2017)

suasana di dalam tram

Naik tram berarti kita bernostalgia dengan Hong Kong masa lampau, kursi yang terbuat dari kayu masih dipertahankan. Biaya naik tram (2017) juga tidak terlalu mahal, HK$ 2.30 jauh dekat untuk dewasa dan HK$1.20 jauh dekat untuk anak anak.

Sampai sini, anda sudah bisa menikmati berkeliling Hong Kong


Pastikan Saldo Octopus Card
Tentunya untuk memastikan kita tetap bisa menggunakan Octopus card untuk naik transportasi umum kita perlu memastikan saldo cukup. Untuk mengecek saldo, kita bisa mendekatkan kartu Octopus ke mesin cek saldo di beberapa stasiun, akan terlihat beberapa transaksi terakhir.

cek saldo

Sedangkan untuk Top Up bisa dilakukan dengan dilakukan sendiri via Add Value Machine atau minta ke petugas ditambahkan via mereka.

add value machine di stasiun

Untuk lebih lengkap cara top up bisa ke posting ini.


****

Selamat berkeliling Hong Kong...


1 comment:

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com