Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

02 April 2019

Ke Hong Kong Central dengan Airport Express atau Bus

Mau ke Hong Kong? atau bahkan sudah sampai HK? Lalu bingung mau menentukan pakai transportasi apa ke pusat kota? Kali ini tujuan kami adalah ke Hong Kong Central atau berada di Hong Kong Island (bagian selatan Hong Kong). Untuk ke area Hong Kong Island misal ke Central, Wan Chai, Causeway Bay, atau North Point ada beberapa alternatif.


Airport Express MTR Hong Kong

Airport Express
Karena saya terburu-buru ada janji sebelum jam 12 siang sudah harus kelar bertemu di Wan Chai, mau gak mau pillihan terbaik dan paling aman adalah menggunakan kereta Airport Express karena cepat, hanya sekitar 25 menit sudah sampai stasiun MTR Central, dan hanya perlu jalan kaki, ganti jalur MTR untuk ke stasiun Wan Chai.

eskalator menuju platform

platform stasiun bandara

Boarding
Untuk naik kereta ini, kita perlu membeli tiket kereta (di Vending Machine di sekitar bandara HKIA) atau menggnunakan Octopus Card, untuk cara mendapatkan octopus card bisa lihat disini. Kalau anda sudah melihat 2 gambar di atas berarti anda sudah berada di stasiun bandara, tetapi ketika anda di sana dan belum mempunyai tiket ataupun octopus card maka anda perlu balik lagi untuk mempersiapkannya terlebih dahulu. 

Tips dari saya, bila membeli octopus card, sekalian topup saldo yang ada kalau mau ke Central karena saldo awal biasanya HK$100, sedangkan harga tiketnya diatasnya, bisa dilebihkan 50 atau 100 dollar.

Ketika kereta sudah datang, kita bisa langsung naik dan memilih tempat duduk, tempat duduknya bebas dan cukup lega.

tempat bagasi

suasana dalam gerbong

legroom

pemandangan selama perjalanan


Di dalam kereta kita tidak saja bisa menikmati pemandangan di luar, tetapi bisa juga subscribe free WiFi, cara subscribe bisa dibaca di posting tentang simcard di Hong Kong.


setelah turun, tapping

tapping kartu octopus

Setelah sampai tujuan, siapkan kartu octopus / tiket kereta airport express, dan tempelkan kartu octopus di alat pembaca. Pintu akan terbuka. Selesai sudah perjalanan dengan kereta Airport Express.

Kalau dari kota gimana? tinggal dibalik saja caranya, beli kartu octopus (bila belum punya), atau top up bila sudah ada atau beli tiket single journey di stasiun keberangkatan, lalu naik kereta ke bandara.


Bus A11 atau NA11 atau E11 dan A11
Di kesempatan lain ketika waktu tidak menjadi penentu, saya lebih memilih menggunakan bus, nah bus untuk ke area Central, Wan Chai, Causeway Bay dan North Point adalah bus E11 / A11 (jam reguler) dan bus A11 / NA11 (dinihari hingga menjelang pagi). Ohya, bus tersebut beda ya walaupun terkesan mirip, A11 dan NA11 adalah bus ekspress yang lebih cepat dan lebih mahal dari bus E11 dan A11, karena berhenti lebih banyak. 

Kami pernah mencoba dengan kedua tipe bus tersebut, dibanding dengn kereta plusnya adalah, lebih murah, kalau cuaca cerah pilihan menggunakan bus memberikan kesan tersendiri terhadap kota Hong Kong. Bus A11 ini sebelum ke kota, berhenti dulu mengambil penumpang di terminal HZMB (Hong Kong Zuhai Macau Bridge), biasanya banyak yang naik.


tempat naik bus A11/NA11 (cari logo ini / busnya)

Lantau Link Toll Plaza

Kalau mau ke Disneyland bisa berhenti di Lantau Link Toll Plaza (seperti gambar di atas lalu ganti bus R8). Uniknya lagi, bus ini menerapkan diskon bila dalam hari yang sama kembali ke bandara, jadi lumayan kan. Misal (2019 awal) saya ke kota biayanya HK$40, pulang kembali ke bandara dengan bus yang sama ke airport hanya dibebankan HK$20, jadi total biaya Airport-kota PP HK$60.

Informasi bus A11 di halte pemberangkatan tujuan ke airport di kota

Tujuannya mau ke Disneyland selepas dari Bandara nih, gimana caranya?

  • Kalau naik bus (bisa bus A11 ini atau A21/A20/A22 tapi mahal cuma free di bus R8 ke Disneylandnya), akah lebih murah dari bandara naik bus E11/E21/E22/E23 yang lebih murah, berhenti di Lantau Link Toll Plaza nanti ganti bus R8 ke Disneyland.
  • Kalau naik kereta Airport Express, berhenti di stasiun Tsing Yi, ganti MRT untuk ke stasiun Sunny Bay dan ganti lagi MTR ke Disneyland.


----

Selamat berwisata di Hong Kong.. Kalau naik bus, jangan lupa install app CitybusNWFB.


0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com