Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

10 March 2018

Tips Mendapatkan, Top Up dan Refund Octopus Card di Hong Kong

Anda pasti sedang ingin tahu, sebenarnya apa sih Octopus Card itu dan bagaimana sih cara kerjanya. Octopus card ini sebenarnya adalah alat pembayaran pengganti uang dan ada beberapa tipe (biasa atau consession card). Di Indonesia seperti E-Money, Flazz card, Tapcash ataupun Brizzi. Kalau di Indonesia dikeluarkan setiap bank nah di Hong Kong dikelola satu saja, Octopus card. 




Kalau sudah pernah ke Malaysia, mirip Touch n Go, atau Ez-Link di Singapura atau EasyCard di Taiwan. Yang paling sering, Octopus card digunakan untuk membayar saat kita menggunakan moda transportasi, seperti bus, kereta / MRT / MTR dan tram. 

Nah, bagaimana cara mendapatkannya, menggunakannya, top up hingga refund? simak tips berikut...


Cari Hong Kong Dollar dan beli Octopus Card
Kalau belum punya mata uang Hong Kong, yaitu Hong Kong Dollar segera tukarkan uang yang anda miliki di money changer. Tapi jangan terkejut karena ada empat uang Hong Kong Dollar yang berlaku, dikeluarkan oleh HSBC, Standard Chartered, Bank of China dan Goverment of Hong Kong..

Kalau tidak punya uang yang ditukar, anda bisa tarik di ATM di Hong Kong, akan keluar Hong Kong Dollar.

Hong Kong Dollar yang dikeluarkan beberapa bank

Setelah ada Hong Kong Dollar, beli Octopus card. Untuk mendapatkan Octopus Card cari konter penjualannya di Bandara HKIA, kalau anda dari Terminal 1 keluar saja ke arah Terminal 2 atau ke arah "Train to City" nanti akan ada konternya yaitu di konter Airport Express. Dan pilih tipe kartu apa yang anda perlu. Kalau anda hanya 1 hari akan lebih murah yang 1 hari karena ada bonus naik kereta airport express yang cepat. Tapi kalau waktu bukan masalah bagi anda ya bisa pesan yang biasa.

antri membeli Octopus Card

tipe-tipe Octopus Card

Octopus card mengenakan deposit HK$ 50 dan dapat direfund dengan biaya refund HK$9, sepertinya mahal tetapi bagi kami justru inilah yang paling ekonomis karena ada selisih lebih murah hingga beberapa dollar saat naik MTR (MRT Hong Kong) dan apabila naik bus dan harus berganti di beberapa interchange yang bisa dapat diskon (cek disini) juga ada kartu khusus anak sampai umur 11 tahun yang biayanya beda.


Beli Octopus cara kedua dengan Vending Machine
Jika anda gak mau repot dengan antri dan lainnya anda bisa beli kartu On-Loan Octopus dengan Vending Machine di HKIA (Hong Kong International Airport) salah satunya di dekat tempat penjualan tiket kereta airport (arrival hall). Di vending machine ini menerima pembayaran dengan kartu atau scanner Alipay dan WeChat pay. 

vending machine octopus card di HKIA

pilih on-loan octopus

kadang ada warning masalah receipt / nota pembayaran

pilih menu pembayaran di touchscreen, kalau cancel kartu ikuti petunjuk (tekan tombol merah di mesin EDC)


Enaknya ini gak perlu antri, 24 jam tapi ya gak bisa cash, dan harganya lebih mahal HK$50 daripada di kounter (2019 harganya HK$ 200 per kartu octopus), mungkin depositnya lebih banyak. Nah caranya siapkan platform pembayaran anda, lalu anda pilih kartu apa yang mau digunakan, standardnya adalah on-loan octopus card, lalu pilih pembayaran menggunakan apa (masukkan kartu model chip) dan apabila pembayaran diterima akan sukses dan kartu octopus akan ditaruh di bagian bawah mesin untuk diambil. Tapi kalau pembayaran gagal ya mau gak mau harus beli di konter.



So, sampai tahap ini sudah ada Octopus Card di tangan..


Gunakan Octopus Card dengan cara Tapping
Kalau naik kereta / MTR, setelah masuk ke area stasiun, kita perlu mencari pintu masuk ke area peron. Sebelum sampai di sini siapkan kartu Octopus untuk disentuhkan ke pembaca kartu. Mirip seperti di Jakarta ketika akan naik Transjakarta atau kereta Commuter Line.

Tapping kartu Octopus, dan pintu akan terbuka

Sedangkan kalau naik bus tapping cukup sekali di awal, kalau naik tram tapping sekali saat akan turun. Lebih jelasnya bisa lihat di posting Tips naik MTR dan Bus di Hong Kong.


Pastikan Saldo Octopus Card Masih Tersedia
Tentunya untuk memastikan kita tetap bisa menggunakan Octopus card untuk naik transportasi umum kita perlu memastikan saldo cukup. Untuk mengecek saldo, kita bisa mendekatkan kartu Octopus ke mesin cek saldo di beberapa stasiun, akan terlihat beberapa transaksi terakhir.

cek saldo

Top Up bila Perlu
Sedangkan apabila habis, anda bisa melakukan Top Up sendiri via Add Value Machine. Caranya masukkan kartu octopus dalam slot yang sudah disedikakan. Lalu akan muncul notifikasi di layar jumlah saldo terakhir Octopus anda.

add value machine di stasiun
Masukkan kartu Octopus yang akan di Top Up

Muncul notifikasi, sisa saldo dan masukkan uang yang akan di top up

Kalau sudah muncul perintah "Insert Notes" maka silahkan masukkan uang Hong Kong Dollar sesuai keinginan. Setelah diterima nanti akan keluar receipt (nota) dari mesin dan kartu Octopus sudah selesai diisi saldonya.

keluar receipt dari top up Octopus Card
Kalau misalnya nih, mesin add value ada di luar peron, anda bisa kok top up di petugasnya yang ada di konter dan tidak perlu keluar. Disini anda juga bisa top up dengan pecahan yang dibagi misal top up 2 kartu masing-masing HK$25 dengan uang kertas HK$50.


top up Octopus Card di konter

Terakhir, Refund Octopus Card bila masih ada sisa
Bila perjalanan anda sudah selesai di Hong Kong dan tidak kembali dalam waktu dekat. Anda bisa melakukan refund dana yang tersisa di Octopus Card di konter Airport Express Bandara HKIA seperti tempat anda membeli pertama kali. Bilang saja mau refund.


petugas sedang menghitung refund 3 kartu octopus kami

perhitungan refund (2017)
Setelah perhitungan selesai maka petugas akan memberikan uang HKD, dan lumayan kan bisa dipakai untuk beli camilan di bandara. 

Tips : Kalau kartu kamu posisinya minus saat refund (misal minus $5) masih bisa refund kok karena akan dipotong dari deposit. Salah satu kartu kami juga seperti itu karena malas top up.


***

Selamat menggunakan Octopus card di Hong Kong.

32 comments:

  1. haloo, mau nanya nih, kira-kira berapa ya budget yang mesti disiapin buat octopus card selama 5 hari? termasuk dari airport ke causeway bay (tempat kami menginap) dan sebaliknya, jalan-jalan di daerah causeway bay, tsim sha tsui & kowloon, lantau island, dan macau.
    terima kasih atas infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa riset dulu perjalanannya mau gimana dan tujuannya ke mana aja dengan detail lalu naik apa saja? Lalu bisa cek biaya naik bus di nwstbus.com.hk dan MRT di mtr.com.hk .. sebagai gambaran kami satu minggu lebih, menginap di Hongkong Island dan Kowloon lalu 3 kali pp ke Lantau Island itu habis sekitar 150 HKD per orang (2017)

      Delete
  2. Hi.. tanya donk, octopus card perlu per orang beli sendiri2 atau 1 kartu bisa dipakai utk 2-3 ya? Makasih

    ReplyDelete
  3. Hai Mas, mau tanya dong. Untuk refund octopus apa hanya bisa dilakukan di HKIA? rencananya mau pulang dari Macau soalnya, repot juga kalau harus ke HKIA dulu. Terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak hanya di HKIA, kalau mau ke Macau bisa refund di kios (customer center) stasiun MTR terakhir sebelum ke pelabuhan

      Delete
  4. Kalau btal pergi ke HK tapi terlanjur beli octopus 4 bh scr online...gmn cara refund nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, mohon maaf belum pernah coba.. mungkin saran saya tidak membantu, tapi mungkin bisa ditanyakan ke customer service octopus email ke customerservice@octopus.com.hk

      Delete
  5. Halo mas, mau nanya dimana aja octopus card bisa di beli selain di HKIA?
    Soalnya saya flightnya langsung ke macao terlebih dahulu setelah itu baru ke Hongkong

    ReplyDelete
  6. Halo mau tanya
    Untuk top up octopus card bisa di counter bandara pada saat pengambilan kah ?
    Terima Kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Top up bisa di bandara, bisa di beberapa tempat lain seperti disini atau disini

      Delete
  7. Counter pembelian tutup jam berapa ya mas ? Soalnya baru landing jam 22:15 ... mau beli online maksimal pengambilan jam 11. Terlalu mepet. Kalo beli langsung, counternya tutup jam berapa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, mohon maaf saya belum tahu untuk jam operasional, ada yang ngasih tahu kalau sampai jam airport express habis pukul 00.20an , tapi ada yang ngasih tahu smp pukul 11 malam, kalau memang sampai sana ternyata sudah tutup, coba gunakan ticketing machine 1x journey ke stasiun tujuan. Baru esoknya beli di customer service MTR terdekat.. mohon maaf sebelumnya

      Delete
    2. Bisa beli via Vending Machine juga (ada di dekat vending machine pembelian tiket kereta bandara)

      Delete
  8. Haii mas..
    Mau tanya donk
    Beli octopus card itu hanya bisa di HKIA atau bisa di tempat lain ya? Bokeh info dimana?

    Td ny mw beli di klook, hanya saja sudah habis dan smpe hongkong sm langsung naik ferry ke macau.

    Mohon info nya
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. On loan octopus card ini bisa dibeli di HKIA, seluruh customer service MRT (kecuali stasiun MTR Rqcecourse),cek di web ini https://www.octopus.com.hk/en/consumer/tourist/channels/index.html

      Delete
  9. Apa bisa octopus dipake buat naik kereta airport express?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, kalau naik dari HKIA baru tapping saat di stasiun kedatangan.
      Kalau naik dari stasiun di kota menuju HKIA, tapping di stasiun keberangkatan.

      Penggunaan octopus untuk naik kereta airport ekspress ini ada harga khusus untuk lanjutan / keberangkatan dari stasiun MTR tertentu. Cek biayanya di website fare calculatornya.

      Delete
  10. hai mas,,apakah anak2 perlu juga utk beli kartu octopus ? anak sy ada yg msh umur under 3 yrs dan 5 yrs..tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai ketentuan dari MTR, kategori anak itu 3-11 tahun. Jadi menurut saya, yg under 3 tahun ga perlu tapi yg 5 tahun disiapkan Child Octopus card

      Delete
  11. Apa benar harga octopus sekarang 200HKD?

    ReplyDelete
  12. Bulan Maret 2019, beli di staff 150HKD, beli di vending machine 200HKD, seperti di foto yg ada di blog, deposit tetap 50HKD, hanya beda di saldo awal saja.

    ReplyDelete
  13. Mas maaf mau tanya uang yg sudah masuk di octopus apa bisa di tarik lg ya mas.soalnya q tadi bilang ma kasir 7ileven mau ngisi 50 dlr aja.tak kasih uang 500 kok di masukin ke octopus semua mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, contohnya refund di bandara seperti di blog ini

      Delete
  14. Mas mau tanya apakah bisa misal mau ambil uang cash dri octopus.karena kita butuh uang cash .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisanya refund, atau beli barang dan bayar dengan octopus

      Delete
  15. Kak mau tanya, tadi kan di tulisan katanya minus saldo octopusnya, batas minusnya itu berapa ya? karna depositnya kan 50 HKD, apakah bisa minus lebih dari 5 HKD? Karna aku mikirnya daripada nanti ribet refund mending pakai sampai batas maksimal hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seingat saya, setelah minus gak bisa dipakai, harus di top up, nanti sisa saldo & deposit dikembalikan saat refund

      Delete
  16. Kak mau tanya, jadi di Klook itu adanya kan rental octopus card 150 HKD, tapi gak termasuk deposit 50 HKD (bayar di counter pas pengambilan) berarti ini saldo yang bisa dipakai tetap 150 HKD kan ya? Dan bisa dipakai sampai minus dengan ngurangin deposit nantinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf saya tidak mengetahui term & condition rental octopus card via Klook, mungkin bisa ditanyakan ke Klook. Coba dipastikan tipe Octopus Card yang akan dirental.

      Delete

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com