Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

12 July 2018

Tips Naik MRT di Shanghai, Tiongkok

Shanghai, setelah tahu, ternyata sebuah kota di Tiongkok yang besar. Besar sekali sampai-sampai jalur MRT-nya atau yang lebih dikenal dengan nama Shanghai Metro berjumlah belasan (pertengahan 2018). Dan bagusnya lagi biaya untuk naik MRT di Shanghai termasuk tidak mahal.

Kali ini saya mencoba sharing cara untuk naik MRT di Shanghai sewaktu kesana.





Pertama, bila anda baru pertama kali ke Shanghai maka saya sarankan untuk mendownload peta jalur MRT Shanghai Metro di http://service.shmetro.com/en/ sebelum anda berangkat naik pesawat / transportasi lain ke Tiongkok. Karena kalau anda sudah membaca post saya sebelumnya disini, kita perlu adaptasi lebih banyak untuk bisa berkomunikasi dengan mudah dan sesuai kebiasaan.

Tapi kalau ternyata sampai sini anda belum punya petanya juga, dan gak punya paket data, ya sudah apa mau dikata. Telepon seluler anda harus dilengkapi dengan kamera yang bisa menyimpan gambar untuk memotret peta di stasiun MRT dan tahu stasiun MRT terdekat dengan tujuan anda.


arah menuju stasiun Metro Shanghai

Kedua, kalau sudah sampai bandara manapun baik dari Shanghai Pudong International Airport, Shanghai Hongqiao dan Stasiun Kereta yang perlu anda lakukan adalah menukarkan uang RMB / Yuan, kalau ternyata pecahannya 100 RMB yang tidak diterima di mesin penjualan tiket otomatis, anda bisa ke petugas dan minta tukar uang dengan pecahan kecil misal 20 RMB.

Ketiga, setelah ada uang pecahan kecil anda bisa mencari mesin penjual tiket otomatis yang tersedia di setiap stasiun.

menukar uang pecahan kecil

membeli tiket

Keempat, beli tiketnya, langkah-langkahnya adalah mengubah bahasa yang berada di pojok kanan atas layar menjadi bahasa Inggris atau tetap dalam mandarin apabila anda paham Mandarin (中文). Setelah bahasa berubah, tekan jalur dari stasiun yang berada di bagian bawah layar. Apabila sudah ditekan maka layar akan berganti menjadi biaya yang harus dibayar dan anda harus masukkan uang ke tempatnya. Kalau semua benar maka tiket akan keluar beserta uang kembalian bila ada.

halaman awal

pilihan stasiun tujuan

jumlah yang harus dibayar, kalau mau nambah jumlah orang tekan angka di bagian kanan

ambil kembalian

Kelima, menuju ke peron dengan tapping kartu di pintu masuk menuju peron. Oya, sistem di sini kalian bebas mau transit pindah jalur mana saja asal Tapping In dan Tapping Out distasiun tempat membeli dan stasiun tujuan.

tapping masuk

Keenam, naik MRT.. Gerbongnya enak, dingin tapi jangan kaget kalau ada yang ngamen, memohon bantuan uang, hee.. nikmati aja.


suasana Shanghai Metro, pas sepiii

situasi salah satu stasiun transit

Ketujuh, keluar dengan memasukkan kartu ke bagian tempat menerima kartu di pintu otomatis. Misalnya nih ternyata anda salah menekan tujuan lalu anda melebihi stasiun turun, lapor saja ke petugas, bisa jadi mereka bisa bantu topping up kartu agar sesuai biayanya.

masukkan kartu / tiket dan selesailah perjalanannya

Sepertinya sudah cukup, selamat menjelajah Shanghai..

Kalau mau sholat bisa ke Masjid Xiao Taoyuan Qingzhensi yang terdekat stasiun MRT Laoximen (Jalur 8 dan 10). Atau Masjid di Fuyou Road yang dekat stasiun MRT Yuyuan Garden (Jalur 10), untuk maps bisa cek ke https://ditu.google.cn/ atau https://www.bing.com/ditu/ 

Metode lain bisa dengan WeChat Pay dan Alipay, tapi hehe.. ribet perlu koneksi data…

Tips :
Kalau perlu tulisan ini, discreenshot dulu sebelum masuk Tiongkok, nanti tinggal dibuka tanpa data..

***

Dipublish tidak dari Shanghai tetapi dari salah satu bagian Tiongkok lain yang juga ada MRT :)

0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com