Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

07 July 2018

Naik Bus dari Bandara Taipei Taouyuan ke Tainan

Bagi anda yang ingin menjelajahi Taiwan bagian selatan seperti Tainan, Kaohsiung maupun Pingtung namun kehabisan tiket pesawat ke Kaohsiung atau Tainan (kota yang mempunyai bandara internasional di Taiwan bagian selatan) ataupun tetap memilih melewati Taipei Taoyuan International Airport karena alasan biaya pesawat yang lebih murah, anda bisa melanjutkan perjalanan ke Tainan (kali ini saya ke Tainan) dengan bus.


Bus Ubus, hijaunya mudah dikenali


Salah satu bus yang menyediakan perjalanan ke Tainan adalah Ubus, ini termasuk perusahaan transportasi yang ternyata terbaik di bidangnya. Busnya mudah dikenali karena berwarna hijau mencolok.

Untuk membeli tiket ke Tainan, kita setelah turun dari pesawat di Terminal 1 bandara Taipei Taoyuan dan sampai di arrival hall, kita segera mengambil arah ke bawah, bisa dengan lift ataupun lebih mudah dengan eskalator. Setelah sampai, anda akan melihat deretan kios tempat penjualan tiket ke berbagai daerah di Taiwan, umumnya 24 jam.

Deretan loket bus, Ubus di sebelah kiri


Untuk memulainya pun tidak sulit, anda cukup berbicara dengan petugas, bisa dengan bahasa Inggris ataupun kalau anda sudah mahir mandarin, dengan mandarin dan kalau mau ke Tainan sebutkan saja Tainan dan bisa pilih pemberhentian mana kita mau turun (untuk ke NCKU / pusat kota bisa turun di Beimen Rd atau Tainan Park). Oya, untuk beberapa kota tujuan tidak bisa langsung naik bus dan duduk-duduk lalu sampai. Kita perlu singgah dulu ke transfer station di daerah Zhongli, daerahnya gak perlu dipikirin.. yang perlu dipikirin angkat-angkat bagasinya. Karena dengan begini kita harus ganti bus dan tentunya angkat-angkat barang bawaan lagi.. nunggu lagi..

Kota tujuan yang harus dengan transfer

Kalau kota yang kamu tuju ada di dalam tabel informasi di atas, maka perlilakunya akan sama. Harus transfer dulu di Zhongli. Beberapa kota di selatan yang harus transfer diantaranya Tainan (台南), Kaohsiung (高雄), Pingtung (屏東). 

Kasih tahu berapa orang yang akan berangkat kepada petugas, setelah itu petugas akan meminta anda untuk membayar dalam New Taiwan Dollar (NTD). Biaya di awal tahun 2018 sekitar NTD 430 sekitar dua ratusan ribu rupiah untuk perjalanan satu arah dari bandara ke Tainan. Setelah itu anda akan mendapatkan tiket yang terdiri dari 1 tiket dari Bandara - Zhongli, lalu 1 tiket lagi dari Zhongli - Tainan. seperti gambar di bawah, tapi kalau di bawah salah satu tiketnya sudah disobek dengan petugas.


tiket bus

Setelah mendapat tiket dan jam keberangkatan sudah dekat, kita bisa keluar menunggu di tempat parkir bus yang sesuai, seingat saya no 14 untuk menunggu bus no 1627 ke Zhongli transfer station. Tiket diatas adalah tiket dengan tempat duduk bebas karena di bagian sobekan kanan (bagian yang kecil) dibawah tanggal perjalanan ada jam perjalanan dan di dalam tanda kurung tidak ada nomor kursi, contoh 107/02/23 01:15 ( ) yang artinya perjalanan tanggal 23 Feb, bus keberangkatan pukul 01:15 dan berarti kita bebas menentukan tempat duduk yang kita mau. Tapi kalau dalam tanda kurung ada angkanya berarti itu tempat duduk kita misal (3) berarti kursi nomor 3.

tempat menunggu bus di Terminal 1 Bandara Taipei Taoyuan

Bis datang, angkat barang-barang dan letakkan di tempat yang sudah disediakan. Lalu cari tempat duduk yang nyaman. Tenang, bisnya pakai AC yang dingin kok.

Suasana bus dari Bandara Taipei Taoyuan ke Zhongli Transfer Station 


Perjalanan ke Transfer Station di Zhongli (中壢) tidak terlalu lama, setelah itu kita harus turun dan membawa serta bagasi / barang bawaan. Menunggu di sini bisa sebentar, bisa juga lama. Tetapi kalau bisa jangan tidur, anda juga harus memperhatikan bis yang datang. Apakah bus tersebut ke kota yang anda tuju atau tidak. Anda bisa ke depan bagian bus dan mencocokkan karakter mandarin dengan kota tujuan anda Tainan (台南 atau 臺南), Kaohsiung (高雄) atau Pingtung (屏東), kalau tidak ketemu coba cari di google map, kalau tidak punya paket data.. ya udah tanya supirnya tiap bus datang, hee..


suasana di Zhongli Transfer Station

Bus ke Tainan datang

Setelah bus yang diidam-idamkan datang, kita tinggal menunggu aba-aba petugas / supir, kalau saya kemarin mereka berteriak "Tainan.. Tainan.." karena memang busnya tujuan Tainan, kita segera memasukkan barang bawaan ke bagasi bila bawa bagasi dan bisa langsung naik bila kita hanya membawa backpack atau tas yang tidak perlu masuk bagasi. Busnya enak, karena kursinya besar, AC dingin, sampai ada soket usb untuk mengisi baterai ponsel.

kursi bus

Perjalanan dari Zhongli sampai ke Tainan sekitar 3-4 jam tergantung dari trafik di jalan tol, kita melewati jalan tol sehingga kalo bisa tidur aja, haha... Pemberhentian di Tainan adalah di sekitar Beimen Road (北門路) di tengah-tengah antara Tainan Park dengan Tainan Train Station. Setelah itu silahkan lanjutkan tujuan anda..

suasana di Beimen Road, Tainan


So.. kapan naik bus ke Tainan? kalau mau naik Ubus bisa cek di http://www.ubus.com.tw/index.php

0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com