Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

02 September 2018

Sholat Jumat dan Berburu Makanan Halal di Taipei Grand Mosque, Taiwan

Taiwan sedang berusaha untuk melirik turis-turis dari negara muslim demi menggenjot pemasukan dari sektor pariwisata. Banyak hal yang sudah dilakukan oleh pemerintah Taiwan dengan bekerja sama dengan komunitas muslim di Taiwan.

Salah satu pusat dakwah Islam di Taiwan adalah di Taipei Grand Mosque, terletak di kota Taipei yang merupakan ibukota dari Taiwan. Di satu minggu libur perkuliahan, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi kota Taipei, bersepeda di kota Taipei dan tak lupa untuk menyempatkan sholat Jumat di Taipei Grand Mosque. Taipei Grand Mosque ( 台北清真寺 ) terletak di Xing Sheng South Road Sec. 2, No. 62, Da'an, Taipei, Taiwan. Di tengah kota Taipei dan tidak sulit untuk menjangkaunya.

Taipei Grand Mosque ( 台北清真寺 )



Saya belum sekalipun pernah kemari sebelumnya, jadi hanya bermodalkan peta digital sebagai bantuan untuk menuju ke masjid. Setelah sampai, saya takjub juga dengan bangunannya yang cukup besar, dan dibagi beberapa bagian. Yang tengah adalah main prayer hall, tempat sholat utama, untuk wanita ada di lantai atas. Di sebelah kiri ada ruang wudhu, toilet dan tempat mandi. 


ruang wudhu pria, wanita ada juga tapi di tempat lain

Tempat wudhu di masjid ini juga dilengkapi dengan toilet dan tempat mandi, saya yang kebasahan karena kehujanan sempat mencuci kepala di tempat mandi yang disediakan. Handuk cuma-cuma juga disediakan, walaupun jumlahnya tidak banyak.


waktu sholat


Kala itu, waktu sholat Jumat masuk sekitar pukul 12.16 waktu Taipei, kami yang datang sebelum waktu Zuhur masuk, menunggu di dalam ruang sholat. Ketika masuk, saya disambut ornamen masjid yang menurut saya unik, jendela-jendela yang besar dengan kaca klasik berwarna-warni. Bahkan untuk membuka jendela saja petugas harus memutar alat seperti katrol, "kerekan" kalau bahasa Jawa-nya.

adzan

Ketika khatib dan imam naik mimbar, adzan pun dikumandangkan dan setelah itu khutbah pun dilakukan. Khutbah dibacakan dalam bahasa Mandarin dan Arab, wow.. Kami yang hanya tahu sedikit-sedikit makna dari dua bahasa ini hanya bisa menikmati khutbah yang disampaikan. Setelah selesai khutbah kedua, sholat Jumat dua rakaat pun dilaksanakan.

suasana diskusi dan belajar agama, setelah sholat Jumat

Setelah selesai sholat jamaah, bagi saya, bagian yang menyenangkan adalah berburu makanan halal. Ada muslim Taiwan yang memberikan sedekah makanan gratis. Tentu sayapun mencobanya, ternyata seperti kolak, isinya kacang hijau dan labu, manis..

sedekah makanan, gratis

seperti kolak, manis rasanya

Eitss.. belum selesai, di bagian kanan masjid ada satu ruangan yang ternyata setelah saya masuk banyak banget makanan halal diperjualbelikan, saya pun membeli satu paket burger halal.. ya mau gimana, makan burger kalau gak pas transit di Kuala Lumpur atau kalau sudah di Indonesia, dan yang kedua adalah nasi goreng plus daging. Yummy... Harganya bervariasi rata-rata 80 NTD.

suasana tempat jual beli makanan halal

ada burger daging, ada burger ayam, ada juga paket dengan minuman


Tertarik kemari saat berwisata di Taiepei? Untuk ke Taipei Grand Mosque tidak terlalu sulit, hanya diperlukan kekuatan untuk jalan kaki. Pertama-tama naik MRT, caranya bisa dilihat di blog ini. Lalu turun di stasiun MRT Daan Park atau stasiun MRT Dongmen. Saya sendiri turun di stasiun MRT Daan Park, keluar dari Exit 2 dan berjalan kaki di Daan Park lalu keluar di Pintu 9 dan menyebrang jalan Xing Sheng South Road. Sampai lah di masjid.

stasiun MRT Daan Park

Pintu keluar no 2 untuk menuju jalan Xing Sheng

Dari segi pariwisata, pemerintah Taiwan memasukkan Taipei Grand Mosque dalam 100 Religious Historical Site, untuk menjaga keistimewaannya karena ini merupakan bangunan masjid pertama di Taiwan yang dibangun pertama kali tahun 1947.

papan tanda bangunan bersejarah


Selamat mengunjungi Taipei Grand Mosque....

If you want to read English version, how to get to Taipei Grand Mosque, you can follow this link, provided by National Taipei University of Technology.

1 comment:

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com