Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

13 September 2018

Jalan-jalan ke Taitung, menikmati Taiwan International Balloon Festival

Salah satu even tahunan yang menjadi favorit masyarakat Taiwan dan mancanegara adalah Taiwan International Balloon Festival, bahkan saking terkenalnya kegiatan ini diabadikan dalam beberapa kartu pos untuk souvenir. Saya pun tertarik untuk datang melihat langsung ke acara Taiwan International Balloon Festival ini setelah melihat kartu pos bergambar balon udara saat akan mengirimkan kartu pos untuk keluarga di Indonesia sebelum Idul Fitri dan puncaknya setelah rekan-rekan saya menunjukkan foto mereka saat ke sana.

Taiwan International Balloon Festival 2018

Tanpa ambil pusing, saya lalu mencari tanggal dan waktu yang tepat untuk berangkat. Melihat cuaca juga saya putuskan satu minggu sebelum acara tersebut berakhir saya harus ke sana. Lalu saya pesan tiket ke Taitung dengan kereta ekspres.

tiket kereta ke Taitung

Taitung Train Station

Taiwan International Balloon Festival ini memiliki 2 waktu penyelenggaraan yang berbeda setiap harinya, kala itu hanya ada 2 waktu. Pagi hari dan sore hari, sehingga tidak ada kegiatan selama rentang waktu siang hari hingga sore hari. Saya memutuskan untuk melihat yang sore hari dari pukul 5 sore hingga pukul 7 malam.

Menuju Luye Gaotai dengan Shuttle Bus
Sesampainya di Taitung Train Station, saya lalu bertanya kepada volunteer acara ini di sekitar area keberangkatan stasiun dan diarahkan ke halte bus terdekat. Ternyata di halte bus tersebut juga terdapat satu orang volunteer yang bertugas memberikan informasi kedatangan bus di stasiun untuk menuju Luye Gaotai (Dataran Tinggi Luye) tempat festival tersebut diselenggarakan.

Papan informasi tentang Balloon Festival

Shuttle Bus ke Luye Gaotai, tempat acara Baloon Festival

Jadwal bus berbeda-beda tiap hari dan dikategorikan dalam weekdays dan weekends, untuk weekends jumlah bus yang melayani lebih banyak. Setelah menunggu selama 20 menit akhirnya ada 2 bus yang datang dengan selisih waktu tidak terlalu jauh. Ternyata antusiasme penduduk untuk mengikuti acara tersebut sangat tinggi, ini terlihat setelah saya masuk bus, ternyata tidak dapat tempat duduk. Akhirnya harus berdiri, sekitar 30-45 menit.

Sebelum berangkat, ambil foto dulu jadwal bus. Karena ini sangat dibutuhkan di saat-saat hectic pas mau pulang.

Papan informasi jadwal bus

Mencari Spot Terbaik untuk menikmati Festival
Luye Gaotai memiliki kontur yang beragam, ada padang rumput yang luas dan ada bukit. Nah saya sendiri memilih berada di lereng bukit yang bisa menangkap seluruh aktivitas pilot dan kru balon udara yang berada di padang rumput tersebut.

bukit tempat menonton festival

Sampai di sana, kami diberi pertunjukan paralayang, yang terbang rendah. Saya sendiri mengamati cuaca, yang sedikit rintik-rintik dan bertanya apakah cuaca akan cerah atau tetap berawan seperti ini.

atlet paralayang terbang rendah

sambil lihat aktivitas di padang rumput, lihat paralayang juga..

Setelah beberapa lama, akhirnya mulai kelihatan aktivitas yang merupakan tanda positif. Beberapa truk mulai ke tengah lapangan dan menurunkan barang-barang. Cuaca juga berangsur cerah.

Menunggu Festival Dimulai
Setiap harinya, seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya, festival terbagi atas 2 waktu, pagi dan sore hari. Sebelum mulai, pembawa acara yang menggunakan dua bahasa ini, Mandarin dan Inggris menyebutkan pilot-pilot yang akan ikut serta pada sore itu. Tidak hanya pilot dari Taiwan saja yang ikut andil namun juga pilot-pilot dari luar negeri seperti Jerman. Setelah dipanggil, seluruh pilot dan kru helper berbaris di tengah padang rumput dan menerbangkan balon biasa, lalu arah balon diperhatikan. Bila baik arah dan anginnya acara dilanjutkan.

upacara pembukaan sesi sore

Satu-persatu pilot mulai mempersiapkan areanya masing-masing. Pemandangan ini tentunya adalah yang pertama buat saya, jadi saya sangat kagum. Woow.. ternyata begitu caranya, apinya dites dulu, lalu balonnya diletakkan yang rapi hingga akhirnya jadi satu balon udara yang utuh.

ready to burn the gas..

balon pertama yang mengembang sempurna "Taitung"

pemandangannya mantap, unik..

Berjalan-jalan di sekitar area festival
Mencari karakter-karakter unik dari tiap-tiap balon menjadi keunikan tersendiri di dalam festival ini. Karena tidak semua karakter terlihat dari tempat saya duduk sebelumnya. Itulah yang menjadi pelecut untuk mengeksplorasi beberapa sudut area festival.

kru memegang tali pengarah

tampak dari padang rumput

Disini saya bisa melihat beberapa balon dari dekat, bagaimana mereka mempersiapkannya, menggelembungkan balon udara, menempatkannya agar tidak jalan kesana-kemari

persiapan balon Taiwan Bear

Pilot mengecek peralatan

maskot PX Mart, sebagian mengembang

pilot persiapan

beberapa balon sudah mengudara.

Beberapa bentuk balon yang unik juga bervariasi setiap harinya, kebetulan saya kemari, banyak karakter unik yang juga ditampilkan seperti Tweety, Mickey Mouse, Taiwan Bear dan Red dari Angry Birds.

Tweety..

Mickey..

Oya, kalau mau kita juga bisa naik ke balon udara tentunya dengan membayar sejumlah biaya.

Pulang
Panitia menyediakan shuttle bus ke stasiun-stasiun kereta terdekat seperti stasiun Luye dan stasiun Taitung. Saya sendiri memilih ke stasiun Luye untuk kemudian melanjutkan ke stasiun Taitung dengan kereta.

landscape, baloon and sunset

Untuk mengetahui ke bus mana yang ke stasiun kereta kita harus bertanya ke petugas dimana tempat menunggu / antri untuk bus ke stasiun. Karena saya sudah antri lama dan panjang ternyata salah tempat antri. Tapi beruntung ada teman dari Indonesia yang ketemu di sana dan memberi tahu saya tempat antri yang benar. Terima Kasih semua..

Kalau lihat gambar lanscape di atas ada dua bentuk parkir bus kan? nah yang ke stasiun yang menghadap ke kanan.. bukan yang menghadap kemari..

beberapa detik yang seru..

Sebelum pulang, tunggu dulu atraksi menyalakan api bersama-sama... momen ini patut dicatat, karena semua pilot menyalakan api bersama-sama dan hanya beberapa detik saja..

***

So tips dari saya.
- Beli kartu Easy Card / I-Pass di convinent store terdekat untuk kemudahan transportasi
- Beli simcard Taiwan, atau paket data dengan WiFi, untuk memudahkan cari informasi
- Pesan tiket kereta pulang pergi in-advance ke/dari Taitung supaya enak saat berpergian
- Jangan takut berbicara dengan volunteer acara ini, rata-rata dapat berbahasa Inggris