Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

03 September 2018

Idul Adha di Taiwan

Bagi muslimin, menunggu hari raya itu seperti menunggu yang ditunggu-tunggu.. Rasanya gimana gitu, apalagi tidak di negeri sendiri.. Banyak perasaan campur aduk, setelah Idul Fitri juga di perantauan, mudiknya terlambat.. bukan curhat lho ini.. Idul Adha saya diberi kesempatan lagi untuk merasakannya di luar negeri.

imam masjid Kaohsiung sedang memberikan pengumuman

Karena tinggal di bagian selatan Taiwan, dan salah satu masjid yang menyelenggarakan sholat Idul Adha adalah Masjid Kaohsiung ( 高雄清真寺 ) maka saya memutuskan untuk mengikuti kegiatan hari raya Idul Adha di masjid ini.



Pagi-pagi berangkat dan saya berfikir mungkin waktu penyelenggaraannya sekitar jam tujuh pagi karena menurut saya di masjid Kaohsiung informasinya tidak sedetail Taipei Grand Mosque.. Sebelum jam tujuh saya sudah sampai di sana, tetapi ternyata masih sepi.. setelah ada yang tanya baru tahu kalau sholat baru akan dimulai pukul delapan pagi.

takbir-an

Satu jam sebelum sholat dimulai mulailah dilantunkan kalimat takbir, pertama-tama dimulai oleh pria-pria  yang sepertinya dari timur tengah, masyarakat Taiwan ikut juga, lama-lama dari Indonesia pun ikut juga.

Sekitar 15 menit sebelum jam delapan, imam mulai mempersiapkan mic dan catatan untuk khutbah. Setelah itu langsung dilanjutkan dengan pengumuman dan sedikit cerita dalam bahasa mandarin  campur bahasa arab tentunya.


khatib naik mimbar

bersalam-salaman

bersalam-salaman setelah sholat Ied


Jam delapan tepat, sholat Idul Adha dimulai, 2 rakaat dilanjutkan dengan khutbah. Karena masjid terdiri dari 2 lantai tempat sholat, lantai utama untuk laki-laki sedangkan lantai atas untuk wanita. Setelah selesai sholat, kita salam-salaman dan diakhiri mengabadikan momen Idul Adha.


Mahasiswa Indonesia di Kaohsiung, berfoto dengan imam


Ternyata kalau di Kaohsiung ini, setelah sholat selesai masih ada acara makan gratis, bagi mahasiswa yang belum sarapan, jelas spot yang menjadi dambaan, hee..


Sedekah makanan gratis

ada dessert buah lho..


namanya juga mahasiswa.. saya juga.. :)


Eid Mubarak..

0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com