Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

21 March 2019

Mendapatkan SIM Card Telekomunikasi atau Paket Internet di Hong Kong

Hong Kong masih menjadi primadona untuk pelancong tidak hanya dari Indonesia, namun juga dari negara-negara lain. Salah satu yang dibutuhkan para pelancong adalah paket internet atau komunikasi. Pun begitu saat di Hong Kong. Untuk beli sim card ada beberapa pilihan saat tiba di Hong Kong.

beberapa local sim/data card di 7-Eleven


Beli di Convinent Store (misal 7-Eleven) atau beli di provider
7-Eleven menyediakan beberapa jenis sim card dari beberapa provider telekomunikasi tergantung jumlah hari penggunaan sim card di HK. Contoh salah satu yang sering dipakai adalah CSL. Tapi contoh di 7-Eleven bandara HKIA mereka tidak hanya menyediakan simcard dari CSL, tetapi juga China Mobile dan Three (3) Hong Kong.



konter penjualan sim/data card di 7-Eleven HKIA

Beli di Vending Machine
Kalau saya tidak beli di kounter tersebut karena, hehe.. masih ada yang lebih murah. Yaitu dengan kartu Telin (ini produk Indonesia lho) di salah satu vending machine yang ada di kota, misal di Masjid Ammar Wan Chai (lantai 1, awal 2019).

vending machine sim card Telin dan voucher untuk top up saldo

kartu Telin (Kartu As 2 in 1) dengan nomor telepon sebelah kanan atas

satu kartu, dua nomor

Kartu ini dapat dua nomor, dapat nomor HK dan nomor Indonesia, masa berlaku 1 bulan tapi tidak langsung aktif pake datanya, perlu daftar / subscribe dulu di *134#.


Tidak terarik? Bagaimana kalau subscribe free WIFI?
Yup, Hong Kong punya banyak sinyal WIFI di sekitar kota. Kalau emang tidak terlalu khawatir dengan kebutuhan data ya bisa dengan mendaftar free WIFI. Yang pernah saya gunakan adalah provider dari CSL.

situs login free wifi CSL di HK.


Kita hanya perlu mengaktifkan roaming (bukan data roaming), lalu cari jaringan CSL WiFi dan akan diarahkan ke situs login. Setelah masuk situs login, pilih masuk ke "Free Wi-Fi access for visitors in HK" dan ikuti petunjuknya. Setelah sukses kita akan otomatis terhubung dengan jaringan wifi CSL (selama dalam jangkauan).  


Tapi ada pertanyaan, saya mau ke China juga (misal Shengzhen, Guangzhou) gimana dong? 
Kalau ini mau gak mau harus cari provider yang sudah satu paket dengan internet di China, seperti dari China Mobile. Di HKIA bisa didapatkan di konter China Mobile atau di Travelex.




Dengan HK$108 kita dapat apa sih? 1GB paket data, sim card China Mobile ini saat digunakan di China kita tidak perlu pakai aplikasi VPN (ini 2019 awal ya) jadi enaknya bisa buka aplikasi apa aja tanpa VPN, hehe.. Tapi harus diaktifkan dulu di HK. Kekurangannya jangka waktu terbatas (10 hari) dan di China kadang cuma dapat 3G, E (Edge) bahkan cuma GSM (G). Untuk digunakan di China Mainland, kita perlu rubah setting roaming dengan mengaktifkan data roaming di perangkat telepon kita sendiri.



Masih tidak tertarik?... ya sudah aktivasi roaming saja.. atau tanpa simcard, hehe...


0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com