Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

24 March 2019

Prayer Room di Changi Airport, Hong Kong Airport, Taoyuan Airport

Setelah post tempat Sholat Jumat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, saya berkesempatan untuk berkunjung ke beberapa bandara lain yang ternyata sudah mulai menyediakan tempat ibadah, tapi ini masih di kawasan Asia. 
  • Changi International Airport, Singapura
  • Hong Kong International Airport, Hong Kong
  • Taipei Taoyuan International Airport, Taipei, Taiwan

Tentunya bagi wisatawan muslim, ini menjadi daya tarik tersendiri karena selain menjadi bandara tujuan, seringkali bandara tersebut merupakan bandara transit kalau sedang perjalanan. 

Changi International Airport, Singapura
Di bandara Changi, hampir di setiap terminal disediakan prayer room. Kali ini saya berkesempatan landing dan transfer (layover) setelah penerbangan menggunakan Scoot, di Terminal 2. Untuk kalian yang akan melaksanakan sholat bisa ke area transfer. Di dalam prayer room juga disediakan tempat wudhu jadi tidak ribet kalau mau wudhu.

Prayer room di Changi (Terminal 2)


tempat wudhu

tempat ibadah

Lokasi prayer room ini berada di area transfer E, nah nanti cari prayer room, memang letaknya agak tertutup tapi kelihatan kok. Poin plus letak prayer room ini terletak di area transfer (lantai 2) sehingga yang datang (baru landing) atau mau berangkat bisa mengakses tempat ini. Di bagian lain Changi juga ada, silahkan kunjungi website Changi Airport.


Hong Kong International Airport
Bila anda sedang di Hong Kong atau transit di Hong Kong International Airport, mereka juga menyediakan prayer room, walaupun tidak banyak yang tahu. Salah satu lokasi prayer room di HKIA ini terletak di area keberangkatan, jadi baru bisa mengunakannya kalau transit atau akan berangkat dengan penerbangan selanjutnya.

prayer room HKIA, di Terminal 1, keberangkatan, dekat gate 42

tempat wudhu

tempat ibadah

Lokasi lainnya ada yang di non-restricted area dan seperti yang diatas (di restricted area). Detail loksinya ada di website HKIA.


Taoyuan International Airport, Taiwan
Taiwan sedang gencar menggenjot potensi wisata mereka, salah satunya degan menarik wisatawan muslim untuk berkunjung. Bandara Taoyuan International Airport juga menyediakan prayer room, dan uniknya disini dipisahkan berdasarkan kepercayaannya tidak seperti di HKIA yang multi-faith. 

prayer room di Taoyuan Airport

ruang bagian dalam

Salah satu lokasi dari beberapa lokasi yang ada, berada di Terminal 1 area keberangkatan. Di terminal 1 area keberangkatan ada 2 tempat yaitu dekat gate B3-B4 dan dekat gate A4-A5. Di Terminal 2 ada di dekat gate C1-C2 dan dekat gate D9-D8. Tetapi karena di area keberangkatan dan restricted area, hanya penumpang yang sudah check in dan siap berangkat saja yang dapat mengaksesnya. Karena hanya ruangan, untuk wudhu kita harus mencari tempat lain seperti di toilet atau sebelum berangkat sudah wudhu. Seingat saya tidak ada petunjuk kiblat, hanya ada arah barat sehingga akan lebih afdhol bawa kompas atau pakai smartphone untuk menentukan arah kiblat.

----

Disuguhkan bagi wisatawn muslim yang senang berpergian tetapi juga ingin bersujud..

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com