Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

10 June 2017

Bermain Fisika di Petrosains

Berawal dari ngobrol dengan rekan saya, seorang diaspora di Malaysia. Mereka menyarankan kami yang saat itu sedang jalan-jalan di Kuala Lumpur untuk mengunjungi salah satu tempat edukasi. Petrosains, tempat edukasi milik perusahaan minyak Malaysia, Petronas yang berada di area Menara Kembar Petronas tepat di dalam Suria KLCC.

Merasakan suasana di anjungan minyak (Rig)

Petrosains ini terletak di lantai atas Suria KLCC, sehingga dari pintu masuk kita perlu naik eskalator terlebih dahulu, sesampainya di area Petrosains kami dapat melihat pameran tentang Mars, si planet merah yang kala itu sedang diselenggarakan bersama dengan National Geographic.



Pameran tentang eksplorasi planet Mars

tiket dan plastik kaca pembesar

Untuk pengunjung dari luar Malaysia, dikenakan biaya masuk /Tiket dewasa sebesar 30 MYR, untuk pekerja Petronas ada diskon khusus (tapi ini kata temen saya yang pekerja Petronas dan pernah mengajak keluarganya main di Petrosains). Setelah membeli tiket kami diberikan sebuah plastik yang bentuknya unik karena bisa menjadi kaca pembesar.

Setelah masuk, yang ada dalam pikiran saya cuma WOW...
Walaupun hampir sebagian besar permainan dan pengetahuannya berbasis ilmu fisika, yang kalau anak saya tanya "kok bisa begitu pa?" jawabannya cukup sulit dan mentok pada "ya kaya gitu, yuk kita main lagi", pas fisika mimpi indah... hmmm... because i have no clue anymore..

Memutar engkol supaya roda kendaraan berputar

Aliran listrik yang bergerak mengkuti jari

Favorit anak saya, koin yang berputar

Di bagian awal-awal kita akan masuk wahana tentang planet, astronomi, bagaimana terjadinya gerhana dan masih banyak lagi. Ada satu tempat yang cukup banyak antreannya, merasakan Angin Jupiter Great Red Spot. Angin akan berhembus cukup kuat di area ini, bagi yang pakai rok atau jilbab / kerudung, harap siap-siap..

Booth Jupiter Great Red Spot

Menahan Angin

Di bagian eksplorasi tentang planet, ada yang cukup unik. dimana kita bisa mencoba untuk mengendalikan kendaraan ekplorasi dengan menyentuh kode dan arah gerak dari kendaraan itu. Asyik..

Melihat kendaraan eksplorasi bergerak

Selain itu ada beberapa tempat bermain yang dapat meningkatkan skill atau kreatifitas anak, baik itu menyusun benda hingga hal-hal yang berbungan dengan listrik atau elektronika.

Menyusun bola menjadi piramida

Melihat efek air bergoyang saat diputar bunyi-bunyian

Area permainan susun menyusun

Permainan tentang magnet


Karena Petrosains ini milik Petronas, sebuah perusahaan yang berkegiatan di bidang minyak dan gas. Maka ada wahana yang cukup menarik yaitu Rig, atau anjungan lepas pantai dimana para pekerja mengebor dan mendapatkan minyak. Rig yang ada disini cukup mendekati aslinya, ditambah dengan beberapa valve yang kokoh, membuat kita benar-benar merasakan aura area tempat pekerja minyak lepas pantai tersebut.

naik Personal Basket Transfer

So, jika ada waktu dan memang suka fisika atau hal-hal yang berbau ilmu sains.. jangan lupa menyambangi Petrosains ya..

Selamat Berlibur..


0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com