Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

09 April 2017

Batu Caves, Kuil Hindu dengan 200-an Anak Tangga

Kalau sedang membuat itenary ke Kuala Lumpur maka yang paling sering masuk dalam daftar "must visited" adalah Batu Caves, sebuah kompleks kuil yang terletak di Klang Valley area, yaitu Batu Caves, Gombak, Selangor.


kuil utama di Batu Caves


Pemandangan pertama yang bisa dilihat di sekitar Batu Caves, yang juga nama desa tersebut adalah Patung Murugan, dibelakangnya ada tangga yang cukup tinggi untuk menuju kuil yang ada di bagaian dalam gua.

Patung Murugan di depan Batu Caves

Untuk naik sampai ke mulut gua bukan perkara yang mudah, terutama yang mempunyai berat badan diatas rata-rata seperti saya.. Untungnya udah pemanasan lari di KL dan ada beberapa orang warga Malaysia yang berolahraga naik-turun tangga sambil melihat aktivitas di dalam gua. Jika anda bertanya berapa banyak anak tangga? maka jawabannya... dua ratus lebih... lebihnya yang ga tau berapa..

dua orang asal Malaysia yang sedang berolahraga sambil berwisata

Sampai di pelataran sebelum masuk mulut gua, kita bisa melihat pemandangan sekitar, dan yang penting dan utama adalah.. istirahat.. hosh.. hosh.. hosh...



Pintu Masuk Gua

pemandangan kota sekitar

Di dalam gua tak kalah ciamik, bagi yang sudah sering menjelajah gua di Indonesia maka sudah sangat tidak asing saat memasuki gua, uniknya disini sudah dibuat lantai-lantai khusus sehingga tidak banyak naik turun.

area dalam gua


mulut gua dari dalam

pemandangan langit

Yang menarik adalah lubang di dalam area gua yang langsung bisa digunakan untuk melihat langit. Kalau waktunya pas, pemandangannya keren banget.



Tak sempat naik ke gua? jangan khawatir, masih ada beberapa kuil yang bisa disaksikan, masih ada beberapa ekor merpati yang juga asik untuk diperhatikan apalagi diberi makan.


Untuk ke sini anda bisa mengakses pintu yang berada di dekat Stasiun Batu Caves, Stasiun Batu Caves sendiri merupakan stasiun akhir dari kereta KTM yang dapat dicapai dari KL Sentral atau beberapa stasiun di KL seperti Putrajaya, Bank Negara, Kuala Lumpur.

Pintu ke Kuil Batu Caves

Stasiun Batu Caves



Selamat berlibur, siapkan kaki yang kuat untuk naik tangga masuk ke gua...



0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com