Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

13 May 2017

Serba Serbi Makanan Maskapai Budget

Bagi yang mungkin sering terbang atau naik pesawat dengan maskapai full services tentunya tidak asing dengan layanan inflight meal, atau makanan selama terbang, kalau di Indonesia seperti maskapai Garuda Indonesia, Batik Air. Sesuai dengan kelasnya, maskapai full services akan memberikan makanan dan minuman yang bisa dipilih untuk dinikmati selama penerbangan dan harganya sudah termasuk dalam tiket yang harus dibayar sebelum terbang.

Namun, diluar maskapai full services, terdapat maskapai budget atau kerennya disebut Low Cost Carrier yang konsepnya sedikit berbeda dengan What You Pay is What You Get. Intinya kamu dapat apa yang kamu bayar, kalau mau ini dan itu ya bayar lagi. Tujuannya jelas, untuk mengurangi budget penumpang hanya untuk terbang.

Salah satu yang diharuskan membayar lebih daripada harga standar adalah masalah makanan selama penerbangan bagi maskapai budget, beberapa maskapai telah membuat beberapa signature dish mereka sendiri sebagai strategi LCC. Seperti kata William Wongso, pakar makanan yang pernah memberikan masukannya untuk inflight meal Garuda Indonesia, "menyediakan makanan untuk penerbangan itu tidak mudah karena tidak seperti rumah makan, dan makanannya yang disajikan pun harus mempunyai identitas tersendiri."

Nah, anda mau terbang dengan LCC dengan dan memesan makanan? Dengan tujuan agar anak tidak rewel dan lebih menikmati penerbangan? Bingung memilih apa makanannya yang akan dipesan? Berikut beberapa makanan yang pernah kami coba selama terbang dengan LCC.

Jetstar Asia
Jetstar Asia yang homebase-nya di Singapura menawarkan beberapa menu halal sewaktu terbang, saya dan anak saya terbang dari Jakarta ke Singapura saat itu, salah satu signature dish mereka yang pernah kami coba adalah Nasi Ayam Singapura, makakan tradisional Tiongkok yang cukup terkenal di Singapura. Nasi hangat yang termasuk menu halal ini disajikan bersama potongan daging ayam yang diberi saus khusus serta sayuran yang dikukus. Cukup Oriental rasanya dan tidak pedas, kalau mau pedas bisa tambah lada yang diberikan cuma-cuma oleh pramugari. Kurang pedes tabok pipimu dewe..

Nasi Ayam dari Jetstar

Untuk mendapatkan hidangan ini, anda harus memesan terlebih dahulu saat booking, apabila masih kategori standar anda harus upgrade sedikit dengan menambah makanan. Selain itu, Jetstar juga memberikan minuman hangat untuk pendamping, saya pilih teh saat itu dan juga diberi satu botol air mineral... lumayan membantu, karena nasi panas, teh panas, bibir jontor kalau dihajar semua...


Cocok gak untuk anak? Cocok, anak saya juga makan ini walaupun seperempat porsi, tapi bagi yang anaknya jarang kena saus, ya saus orientalnya dipinggirin dulu.. Kalau mau lihat-lihat menunya ada di website Jetstar lho


Air Asia
Bagi yang sering terbang dengan Airasia tentunya sudah bisa menebak signature dish halal food mereka... Nasi Lemak yang juga menjadi salah satu must eat di negara asalnya, Malaysia. Nasi Lemak Pak Nasser, branding dari Airasia, merupakan nasi yang dimasak dengan santan, disajikan hangat dengan ayam pedas, telur rebus, kacang goreng dan ikan teri goreng. Nasi lemaknya cukup otentik, mendekati citarasa nasi lemak saat di daratan.

Nasi Lemak dari Airasia

Kalau anda memesan kelas premium flex, mungkin bisa mendapat menu ini tanpa biaya tambahan. Tapi bila pesan kelas promo, ya harus nambah pesan makanan saat booking berlangsung. Hidangan yang karakternya seperti nasi uduk, baca : seret, nyangkut di leher, hanya diberikan minuman air mineral gelas, hee..

Nasi Lemak disajikan dengan air mineral gelas

Makanan yang masuk daftar menu yang diberi judul Santan ini, ada di website Airasia, karakternya agak pedas karena bumbu di daging ayamnya, sehingga untuk anak yang belum kenal rasa pedas, siap-siap minuman harus tersedia untuk menetralkan.

Tigerair
Salah satu LCC yang juga mempunyai jangkauan jelajah yang besar ini juga menyajikan beberapa menu halal, dari beberapa yang dipublikasikan pada buku menu tigerbites. Berbeda dari yang makanan sebelumnya diatas adalah Mutton Briyani, nasi briyani, berbumbu, begitu khas kalau di daratan, tetapi disini citarasanya lebih banyak bumbu di dagingnya, dan sedikit berminyak. Tetapi heran saya anak saya suka citarasa nasinya, tanpa daging tentunya, karena sepertinya ada lada didalamnya sehingga sedikit pedas.. hah, pedas.. kata anak saya.

Mutton Briyani dari Tigerair

Selain itu, menu halal lainnya yang pernah kami coba adalah Nasi Lemak, dari Tigerair. Secara umum hampir sama dengan nasi lemak Airasia, bedanya kalau Tigerair pakai telur puyuh, sedangakan Airasia telur ayam. Silahkan tebak kira-kira otentik yang mana?

Nasi Lemak dari Tigerair
Kedua menu dari Tigerair ini disajikan dengan minuman hangat, bisa teh bisa kopi, tapi kami memilih teh yang lebih nyaman sebagai teman makan. Selain itu juga ada coklat batangan, lumayan buat cemilan.. Pesanan makanan bisa lewat website Tigerair, kalau mau menu yang lain bisa lihat di website menu makanan tigerbites.

Diluar makanan berat ini masih ada menu khusus untuk anak, yang pernah kami coba adalah maskapai Jetstar, bisa lihat disini.


Selamat memilih makanan untuk anak..

0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com