Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

20 May 2017

Naik Bus ke Singapore Zoo dan River Safari

Sebelumnya saya dan putri saya merencanakan untuk mengikuti Safari Zoo Run yang diadakan di Singapore Zoo, pas lihat peta ternyata cukup jauh juga dari pusat kota, tepatnya dari Zenrooms Arab St. tempat kami menginap selama di Singapura.

Ang Mo Kio bus terminal
 
Beruntungnya, pemerintah Singapura mengatur begitu detail transportasi publik seperti gabungan MRT dan bus untuk ke Singapore Zoo. Bagaimana cara ke Singapore Zoo atau River Safari yang berada di kawasan yang sama?


Ke Stasiun MRT Ang Mo Kio
Dari hasil cek jalur bus ke Singapore Zoo, tidak banyak pilihannya untuk ke Singapore Zoo atau River Safari yang berada di satu komplek. Kalau dari daerah kota atau bagian selatan hanya dari terminal bus Ang Mo Kio yang bersebelahan dengan stasiun MRT Ang Mo Kio dan dari stasiun MRT Chua Chu Kang, khusus dari stasiun MRT Chua Chu Kang ini lebih jauh dari tempat kami menginap. 

hall stasium MRT Ang Mo Kio

Akhirnya saya memutuskan untuk ke arah MRT Ang Mo Kio (North South Line / jalur MRT warna merah) dari MRT Bugis. Sayangnya karena tidak satu jalur dari MRT Bugis, baik Downtown Line (biru) atau East West Line (hijau) jadinya kami harus transit ganti jalur MRT di stasiun MRT Newton.

Menuju Ang Mo Kio Interchange bus terminal
Sesampainya di Stasiun MRT Ang Mo Kio, saya yang berbekal maps mencari jalan ke arah terminal bus, beruntungnya malah menemukan papan informasi untuk ke Singapore Zoo, jadinya langsung difoto dan save.. biar ingat..

 Menuju Exit C, Bus Terminal


Untuk ke terminal bus Ang Mo Kio, dari stasiun MRT turun ke pintu C, yang artinya harus turun eskalator, mengikuti petunjuk dan akhirnya sampai di terminal bus. Kami berangkat pagi ke Singapore Zoo, sehingga suasana cukup lengang.


Naik Bus ke Singapore Zoo
Bus dari Ang Mo Kio ke Singapore Zoo dilayani oleh bus No. 138 dengan trayek Ang Mo Kio - Singapore Zoo, PP. Sehingga kami tidak perlu khawatir kebablasan, eh kelewatan walaupun ini loop service, yang kalo ketiduran bisa juga kelewatan. Perjalanan sekitar 13 km ditempuh dalam waktu 30 menit, sudah sampai depan Safari Zoo, cukup cepat

menuju pintu keberangkatan B1 untuk naik bus 138

sampai di kawasan Singapore Zoo

Sesampainya di kawasan Singapore Zoo, kita bisa langsung merasakan suasana hutan rimba, tinggal jalan kaki sedikit sudah sampai loketnya.. selanjutnya terserah anda, mau lihat hewan yang mana? kalo kami cukup Family Dash saja, sambil lihat yang lainnya.. hehe..


Pintu Masuk Singapore Zoo, River Safari ada di sebelahnya

Gak sulit sebenarnya, namun untuk menghemat budget transportasi, saya sarankan untuk menggunakan kartu, tidak membayar cash yang caranya bisa dilihat disini dan anak-anak dibawah 7 tahun menggunakan child pass, gratis, cara mendapatkannya bisa disimak disini. Yang menjadi catatan adalah, memang frekuensi bus-nya tidak terlalu sering sehingga perlu kesabaran ekstra saat mau berangkat.

Biayanya berapa? Berdasarkan perhitungan dari Transitlink eguide, dengan kartu (EZ-Link atau NETS) biaya bus Ang Mo Kio SGD 1,49 dan MRT Bugis ke MRT Ang Mo Kio sebesar SGD 1,33 untuk Februari 2017, sedangkan anak saya gratis. Kalau tanpa kartu lebih mahal, sekali trip dari Bugis-Ang Mo Kio-Singapore Zoo bisa SGD 4,2.


Berniat mengajak anak ke Singapore Zoo? River Safari? jangan khawatir, bisa kok pakai bus umum.
 

6 comments:

  1. Sangat membantu dan detail, terima kasih Pak.

    ReplyDelete
  2. trimakasih jg atas postingannya, sangat membantu banget dan akhirnya sampai tanpa terzezatt..

    ReplyDelete
  3. Kalau anak2 dibawah 6thn naik bus dari aang mo kio ke singapur zoonya brapaan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dewasa / Anak dibawah 7 tahun (tinggi diatas 120cm) SGD1.6, Anak dibawah 7 tahun (tinggi dibawah 90 cm) gratis, (tinggi 90-120 cm) 0.6SGD

      Delete

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com