Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

28 May 2017

Naik Bus dari Bandara KLIA2 ke KL

Merencanakan jalan-jalan ke kota Kuala Lumpur tentunya mengasyikkan, apalagi dengan label "backpacker", pilihannya mungkin jatuh kepada maskapai LCC yang kalau mendarat di kuala lumpur akan parkir di KLIA2.

Untuk dari KLIA2 ke pusat kota Kuala Lumpur ada beberapa moda transportasi umum, yang cepat ada kereta KLIA Express atau KLIA Transit yang cuma sekitar setengah jam perjalanan sudah sampai di pusat kota. Kedua dengan bus, yang lainnya bisa dengan taksi atau dengan taksi online.

Setelah sebelumnya dari KLIA ke kota naik bus, kali ini saya memilih juga menggunakan bus dari KLIA2 ke KL Sentral. Bagaimana caranya? 

1. Ke Lantai 1, Transportation Hub
KLIA2 adalah salah satu bandara dengan terminal modern dan terintegrasi, saking terintegrasinya untuk mencapai ke transportation hub perlu tenaga ekstra, cukup jauh.. Apalagi kali itu pesawatnya parkir di gate Q kalau gak salah, jadi setelah turun pesawat, harus naik jembatan layang yang kalau beruntung kita bisa melihat pesawat lewat dibawah kita, lalu kita baru sampai di arrival hall.

Masuk Gateway @KLIA2

Keluar dari arrival hall, suasana lebih menyenangkan karena KLIA2 ini mengusung konsep mall di bandara sehingga terkesan bukan sedang di bandara, tapi sedang di mall. Untuk ke lantai 1 kita jalan saja terus sambil mengikuti arah ke tempat Bus (Bas dalam bahasa Malaysia).

Lift ke Lantai 1, Transportation Hub KLIA2

Untuk turun, ada lift yang disediakan, tempatnya agak tersembunyi.

2. Membeli Tiket Bus di Loket
Ada dua lokasi loket, di lantai 2 sebelum masuk ke area mall dan satu lagi di area transportation hub. Saya sempat bertanya di lantai 2, apakah bisa beli di bawah? bisa.. jadinya saya tetap beli di bawah,sebenarnya karena belum bawa ringgit, hehe...


Loket Bus di Hall Transportation Hub

Biaya dari KLIA2 ke KL Sentral per orang adalah 12 Ringgit, jadi siapkan uangnya yaa..

3. Naik bus di Berth A05 / A06
Bus yang tertera di tiket saya ternyata parkir di Berth A06 (tempat parkir A06), petugas konter langsung mengarahkan saya untuk keluar melewati pintu nomor 2, dan ternyata bus sudah hampir penuh, jom naik..

Aerobus dengan jurusan KLIA2 - KL Sentral


Bus yang melayani jurusan ke KL Sentral adalah Aerobus

4. Menikmati perjalanan dan turun di KL Sentral
Perjalanan ke KL Sentral membutuhkan waktu sekitar 1-1,5 jam tergantung pada kondisi jalan raya pada saat itu.. kalau pas ada even lari seperti Standard Chartered KL Marathon yang melewati area sekitar KL Sentral tentunya akan ada imbas kemacetan.

Suasana di dalam bus, siapa cepat dia dapat tempat duduk


5. Naik ke hall KL Sentral Station
Sudah sampai dan sudah turun, jangan lupa cek bagasi apakah ada yang tertinggal?
Kalau sudah lengkap semua, bus berhenti di basement KL Sentral. Untuk naik kereta / LRT / monorel perlu naik tangga / eskalator dulu ke hall KL Sentral.

Hall Stasiun KL Sentral

Kalau mau naik bus dari KLIA ke KL Sentral bisa lihat disini, sedangkan kalau mau merencanakan naik LRT di Kuala Lumpur bisa lihat tipsnya disini. Nah kalau mau naik taksi atau melanjutkan dengan bus kota (GoKL) bisa menunggu di halte yang berada di depan pitu KL Sentral, bukan pintu mall lho...

tempat menunggu bus GoKL atau taksi


Selain itu banyak yang bertanya ke saya, bagaimana cara ke China Town (Pudu Raya) dari KLIA2, pertama-tama anda harus cek dulu di web bus yang dari/ke KLIA2, di web http://www.klia.com.my. dan bertanya ke loket. Kalau ternyata tidak ada ke jurusan Pudu Raya maka ada beberapa alternatif :

  • Naik bus ke KLIA, sekitar RM3, lalu naik bus ke Pudu Raya itu Star Shuttle (cek di starwira.com)
  • Naik saja bus KLIA2-KL Sentral lalu naik MRT dari KL Sentral ke Stasiun Pasar Seni untuk ke China Town karena lebih dekat, sedangkan kalau mau ke Pudu Raya, turun di Stasiun Masjid Jamek / Stasiun Pasar Seni, karena di jauhnya jalan kaki sama. Bisa saja naik bus GoKL ungu (tapi mutar-mutar karena dari KL Sentral harus naik GoKL merah, biru lalu ungu).



Selamat berlibur di Kuala Lumpur..


0 comments:

Post a Comment

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com