Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

23 March 2017

Mencari Tiket Nol Rupiah Jetstar ke Singapura

Jika dilakukan survey apa ketakutan terbesar para family "budget" traveler ataupun keluarga yang ingin ke luar negeri tapi murah?.... Maka jawaban paling banyak adalah harga tiketnya..  Yap, tiket bisa mempengaruhi hampir sepertiga sampai separuh dari budget selama berpergian keluar negeri sejauh yang pernah kami alami.

Jetstar mau take off



Namun ketakutan itu sebenarnya banyak jawabannya, salah satunya adalah berburu tiket murah, bahkan kalau beruntung nol rupiah dan tidak selalu harus dengan antri di travel fair. Seperti saat kami terbang dengan maskapai Jetstar dari Jakarta ke Singapura dengan tiket nol rupiah.

tiket nol rupiah Jetstar (Jakarta-Singapura)

Pertanyaannya... Kok Bisa?....
Ya bisa, asal mau sedikit usaha dan sedikit ribet..

Usahanya gimana? Pertama, tentukan tujuan traveling
Sebagai pencari tiket murah kita harus menentukan tujuan traveling kita kemana, misal ke Singapura, setelah dipilih kita cari maskapai yang melayani penerbangan ke tujuan traveling, Singapura, dapatlah beberapa dan Jetstar salah satunya. Kalau ke Kuala Lumpur, bisa jadi Airasia jadi targetnya.

Kedua, daftar Newsletter
Setelah tahu Jetstar atau maskapai lainnya yang melayani jalur penerbangan selanjutnya kita perlu daftar newsletter bahkan mungkin sebagai anggota, jangan lupa untuk memastikan email  dapat menerima newsletter secara rutin.


Ketiga, menunggu momen promo paling yahud

Inilah yang paling mempunyai seni tersendiri, ibarat memancing, kita sudah pasang umpan, joran juga sudah dilengkapi reel dan tali pancing khusus yang bisa menahan tarikan ikan, tapi ikan tak kunjung datang..

newsletter tiket nol rupiah


Perasaan yang sama, ribet banget nih newsletter dari maskapai, dengan frekuensi newsletter yang berbeda-beda tiap maskapai, dibuka masih mahal.. dibuka lagi emailnya masih mahal.. giliran pas harga bagus ternyata kelewat sehari sehingga kuota tiket..

Keempat, beli tiket saat tiket nol rupiah muncul
Ketika muncul salah satu email dengan kata-kata nol, 0, zero walaupun dengan embel-embel *, T&C apply, mungkin itulah saat yang tepat untuk membeli tiketnya. Seperti yang saya lakukan di bulan November 2016 untuk penerbangan bulan Februari 2017, nol rupiah Jakarta - Singapura. 

Tapi timbul pertanyaan... Kok masih bayar? Ya namanya tiket nol rupiah, LCC pula... yang nol rupiah hanya tiketnya, booking seat atau tempat duduk bayar, pajak bandara tetap harus bayar, processing fee masih harus bayar.. ingat, T&C apply.

Selain itu untuk memaksimalkan budget biasanya kita tidak menggunakan bagasi, cukup tas backpack ukuran besar yang penting muat baju selama traveling, kamera taruh di tas kamera khusus, sepatu, jaket dipakai.

tag bagasi kabin, tidak perlu bayar tambahan


Menikmati Penerbangan
Setelah itu tinggal menunggu tanggal keberangkatan tetap berdoa semoga tidak ada halangan, bisa saja delay yang bisa membuat kita kehilangan mood. Tapi demi jalan-jalan sepertinya bad mood akan ditahan.


Waduh, garing nih selama perjalanan gak ada makanan, apa yang bisa dilakukan? Mungkin itu yang jadi pertanyaan dengan penerbangan murah, salah satunya adalah tidur. Tidur selain lupa waktu juga bisa membuat kita lebih segar saat mendarat, tidur juga bisa membuat lupa juga kalau tadi naik LCC tanpa makanan. Selain tidur, mendengarkan musik melalui music player yang dibawa sendiri, karena jelas, maskapai berbiaya rendah tidak menyediakan inflight entertainment. Yang berikutnya membaca, seperti membaca majalah, bisa bawa dari rumah atau membaca inflight magazine.



Lainnya masih ada, bermain, ini yang sering kami lakukan bersama anak, kami membolehkan dia untuk membawa 2-3 mainan untuk di pesawat, seringnya mobil mobilan, pesawat, dan buku sticker. Ketiga mainan inilah yang paling ampuh melupakan kalau kita sedang terbang dengan biaya rendah. Tak sempat bawa mainan? Tak usah khawatir, pada kondisi tertentu saya mengajak anak saya untuk belajar membaca huruf, bercerita melalui inflight magazine.

membaca inflight magazine


Terakhir, menikmati pesawat.. maksunya, lakukan buang air di dalam toilet pesawat, tampaknya konyol tapi ini mengasah kita berani berbicara dalam bahasa asing, selain itu menghilangkan ketegangan, kita juga mendapatkan pengalaman tersendiri.. hehe.. asal gak beser...

Tips :
  • Beli tiket saat low season biasanya awal tahun.
  • Daftar berbagai progam loyalty point dan newsletter dari maskapai, misal Airasia BIG, GarudaMiles, Qantas Flyer, Singapore Air KrisFlyer.
  • Kids Fly Free, kadang-kadang ada di beberapa maskapai. Fokuskan ini untuk maskapai dengan tujuan ke Eropa..


So.. selamat berburu..


***

Disclaimer :
Tulisan merupakan opini dan pengalaman pribadi, bukan dari sponsor..


2 comments:

  1. Wuih keren Rp 0:)
    Aku dapet Mas Sept 2016 tujuan SIN, terus ga jadi berangkat donk. Tapi akhirnya bisa di refund walaupun lamaaaa banget baru balik hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wuih.. dikomen sama Mbak Tesya, family traveller blogger kenamaan.. :)..
      Jangan lupa dishare mbak, refund yang berhasil..

      Delete

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com