Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

01 March 2017

Jalan Jalan ke Dataran Merdeka dan Tempat Wisata Gratis Kuala Lumpur

Masih pagi, muka masih sumeh, kami full team bergegas rapi untuk jalan-jalan di Kuala Lumpur, tujuannya adalah menikmati wisata gratis yang ada di Kuala Lumpur. Beruntungnya bagi penikmat wisata gratisan, pemerintah Malaysia dan pemerintah kota Kuala Lumpur banyak memberikan spot-spot yang tempat wisata gratis dan unik.

KL City Gallery


Kami menginap di sekitar Pasar Seni, tepatnya dekat stasiun LRT Pasar Seni, sebuah tempat yang menurut saya sangat strategis dan dekat ke beberapa tempat wisata dan dapat dijangkau dengan jalan kaki. Kalau gak kuat jalan kaki pun, bus GoKL yang gratis juga melayani rute Terminal Pasar Seni. Pokoke pas lah...

1. Petaling Street
Jalan Petaling atau Petaling Street terkenal dengan ornamennya yang sangat oriental (tiongkok) dan jajanan makanan china, karena memang mayoritas yang tinggal di sana adalah peranakan. Selain kedai makanan ada juga kedai buah-buahan.
Petaling Street

Dekat dari Petaling Street ada pusat grosir yang terkenal Mydin, kalau memang mau mencari oleh-oleh bisa lho di Mydin. Tapi yo rogoh-rogoh kocek..

2. Kasturi Walk & Central Market
Dekat dengan Petaling Street, berjarak sekitar 200 meteran ada spot jalan kaki yang unik juga, Central Market, Pasar Tengah kalau diartikan dalam bahasa Indonesia, haha... disini banyak barang-barang unik untuk souvenir.

Kasturi Walk


ABC..


Sedangkan Kasturi Walk di sebelah Central Market juga menjual beberapa barang-barang yang biasa dipakai sehari-hari dan makanan. Yang anak saya suka adalah mencoba ABC Ais Buah Campur... yang terkenal oleh uncle Muthu dalam film Upin Ipin, dan mencoba donat kampung, 3 buah RM2.


Central Market


3. Melihat Masjid Jamek
Jalan sedikit dari Kasturi Walk kita menuju tempat untuk melihat Masjid Jamek, masjid yang terletak dekat dengan stasiun MRT Masjid Jamek. Disini baru bisa lihat aja dahulu, kalau mau ke masjid Jamek-nya ya kudu jalan kaki lagi.

spot melihat Masjid Jamek

4. Merdeka Square
Merdeka Square atau Dataran Merdeka berjarak tidak jauh dari tempat melihat Masjid Jamek. Kita sudah bisa melihat ornamen "I Love KL" yang cukup terkenal, disitulah terletak KL City Gallery yang terletak di Merdeka Square. Jangan ragu untuk berfoto di samping I Love KL, karena gratis, kalau sampai lobby KL City Gallery mah gratis-gratis aja dan jangan lupa mengambil beberapa peta tempat wisata di sana.


Masuk ke KL City Gallery gak gratis, karena untuk masuk ke dalam harus membeli voucher seharga RM5 per orang yang dapat ditukar dengan souvenir atau minuman, kami mencoba ke KL City Gallery dan menukarkan voucher untuk souvenir gantungan kunci.



Di sebelahnya KL City Gallery adalah Dataran Merdeka atau lapangan kemerdekaan lah istilahnya. Sejarahnya di tiang bendera (Flag Pole) yang tinggi dan besar ini adalah tempat menurunkan bendera Union Jack milik Kerajaan Inggris dan diganti dengan bendera kebangsaan Malaysia.



Di sekitar Dataran Merdeka yang bisa diakses dengan bus GoKL (jalur merah) walaupun harus transit di bebera tempat, ada lapangan dan bangunan Royal Selangor Club, klub kriket. Bangunannya unik.



Di seberang Dataran Merdeka ada Gedung Sultan Abdul Samad, yang pada waktu kami datang menjadi tempat pemerintah Malaysia menempatkan bagian pariwisatanya.


Kalau mau memilih hotel yang dekat dengan Dataran Merdeka, salah satunya adalah hotel Avenue J.

6. Muzium Muzik
Museum yang memperlihatkan ragam budaya musik Malaysia, dan salah satu yang terkenal adalah adanya area khusus P. Ramlee, musisi dan aktor kondang kebanggaan Malaysia.



7. Masjid Negara
Ditempuh dengan bus GoKL dari Dataran Merdeka, Masjid Negara dan bangunan di sekitarnya memberikan kesan religius khusus. Masjid yang besar ini menjadi tempat sholat, berkumpul, dan perayaan hari besar seperti saat maulid.



Di Masjid Negara ini ada beberapa air mancur, yang sudah jelas anak saya suka, dan bisa dinikmati secara gratis.



Yang gratis juga tapi harus ditempuh agak jauh (diluar bandar raya Kuala Lumpur) masih banyak, seperti Batu Caves, kuil yang membutuhkan pengorbanan harus naik 200an anak tangga.. saya posting di bagian lain blog ini karena sempet disemprot gara-gara bukan di KL tapi judulnya KL, hehe...


Masih ada KLCC Park yang gratis dan ada di bagian lain blog ini dan Berjaya Times Square yang juga gratis, yang unik di mall Berjaya Times Square ini adalah tangga yang berbentuk tuts piano dan akan berbunyi saat kita menginjak / melewatinya. Kalau masuk sini mah gratis (tanpa parkir) ditambah bisa diakses dengan bus GoKL, kalau yang pake rogoh kocek adalah beli-beli sesuatu di toko-tokonya.

Main tangga piano di Berjaya Times Square



Selamat Cari Gratisan...


Tips : Bus GoKL ada beberapa jalur, cek di haltenya untuk informasi yang terbaru



0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com