Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

23 April 2019

Amankah Membeli Tiket Pesawat via Skyscanner atau Trip.com?

Ketika anda sedang merencanakan perjalanan ke dalam negeri ataupun ke luar negeri, hal pertama yang dicari adalah tujuan dan tiket penerbangan. Beberapa situs pencarian penerbangan yang sering digunakan diantaranya Expedia.com dan Skyscanner.com, tentu saja tidak terbatas pada dua situs tersebut, masih banyak yang lain.

Namun kadang-kadang timbul pertanyaan, aman gak sih membeli tiket pesawat di Skyscanner dan travel agent afiliasinya seperti Trip.com? Bingung? Jadi gini, Skyscanner sejatinya adalah situs untuk komparasi harga tiket penerbangan dari berbagai travel agent yang online di dunia maya. Tentunya secara normal (aturan penerbangan internasional) kita tidak bisa langsung beli tiket di Skyscanner, sehingga Skyscanner menggandeng travel agent seperti yang paling sering menyediakan harga murah dan tulisannya "book on skyscanner" yang membuat kita tertarik untuk mememsan (tanpa harus repot booking di situs travel agent). 

So, seberapa aman? Bagaimana caranya booking di Skyscanner dan menggunakan Trip.com? simak tips berikut.


Searching Tiket Murah di Skyscanner
Pertama tentunya kita harus masuk ke situs Skyscanner.com dan mencari penerbangan, dengan memasukkan asal penerbangan, tujuan penerbangan, tanggal keberangkatan, tanggal kembali (apabila memesan perjalanan pulang-pergi) dan jumlah wisatawan.

daftar travel agent yang menyediakan penerbangan di Skyscanner (Trip.com di list kedua)

Setelah memasukkan data penerbangan dan akan muncul daftar penerbangan beserta harga, total waktu penerbangan, waktu keberangkatan dan kedatangan. Hasil ini bisa diurutkan berdasarkan harga, waktu tercepat dan ranking terbaik penerbangan. Setelah kita pilih salah satu penerbangan maka akan muncul daftar travel agent beserta harga yang ditawarkan (seperti gambar di atas).




Trip.com jadi pilihan
Setelah yakin untuk memilih Trip.com maka anda akan diarahkan untuk mengisi data-data yang diperlukan seperti data penumpang hingga ke proses pembayaran. Saran saya apabila anda mempunyai banyak email, gunakan email yang biasa anda gunakan untuk memesan tiket, karena nanti ada gunanya saat manage booking dengan Trip.com, tapi kalo punya cuma satu ya udah pakai itu aja.


mengisi data penerbangan di website Skyscanner.com

Saya lupa-lupa ingat, di bagian pembayaran kalau nggak salah kita akan diarahkan ke situsnya Trip.com dan beberapa ada yang meminta otorisasi (saya lupa). Dan bisa pakai debit card atau credit card. Kalau ternyata ada otorisasi, dan anda memesan dari luar negeri, pastikan nomor simcard anda dalam mode aktif roaming

email "Flight Payment Successful" atau pembayaran berhasil

Setelah selesai anda akan dikirimi email bahwa pembayaran anda diterima, atau berhasil.


Kok udah bayar belum ada tiket?
Tak semudah itu Ferguso...(mungkin kata Trip.com-nya). Jadi emang ini yang patut dicermati dan perlu diputuskan matang-matang ketika mau membeli tiket dengan Trip.com, yaitu Trip.com tidak langsung menerbitkan e-tiket, proses penerbitan tiket memakan waktu sampai dengan 2 jam baru e-tiket terbit. Jadi, kalau anda penerbangannya mendadak, pikir-pikir lagi.


Email yang berisi nomor booking Trip.com

Biasanya untuk yang mencoba kali pertama, tentunya akan khawatir dan berpikir yang tidak-tidak. Oleh karena itu. untuk membuat anda sedikit tenang Trip.com memberikan informasi anda via email secara berurutan. Pertama "Flight Payment Successful" atau pembayaran berhasil, kedua baru akan diberikan update "Update on your Trip.com booking" yang berisi nomor booking Trip.com, bukan nomor booking dari maskapai. Nomor booking dari Trip.com ini bisa anda gunakan untuk mengecek status di website Trip.com.

Email "Booking Confirmed" atau pemesanan berhasil yang berisi kode booking dari maskapai

Intinya sabar, memang harus menunggu dan proses menunggu itu bervariasi tiap maskapai. Saya pernah sampai mendekati 2 jam saat menunggu tiket Cathay Dragon dan Cathay Pacific, tapi lebih cepat saat menunggu tiket China Airlines dan Xiamen Airlines. Setelah email "Flight Booking Confirmed" atau Pesanan Penerbangan Telah Dikonfirmasi baru kita akan mendapat booking reference dari maskapai. Saat ini fix anda telah mempunyai e-tiket penerbangan dari Trip.com atau Skyscanner.


Saya naik Full Service Airline, pengen makanan halal / special diet gimana?
Hehe.. memang untuk benar-benar menikmati penerbangan dengan maskapai Full Service, ketersediaan makanan selama penerbangan patut dipertimbangkan. Sayang juga sudah bayar tiket pesawat tapi gak bisa makan makanan yang disediakan. Sebelum terbang, ada baiknya anda mengecek terlebih dahulu apakah maskapai yang anda naiki secara default / normalnya inflight meal (main course-nya) adalah halal meal? Contoh Malaysia Airlines, Garuda Indonesia secara default makanan yang mereka sajikan itu tersertifikasi halal sehingga kita tidak perlu request. Tetapi kalau anda punya pantangan / restriction / special diet maka anda perlu memesan special meal.


email saya ke Trip.com request special meal

Mungkin sedikit lucu, tapi senjata yang digunakan hanya email dan menunggu konfirmasi. Saya terus terang memberikan kredit untuk Trip.com khususnya konsumen dengan bahasa Indonesia yang perlu request special diet meals karena selain menggunakan bahasa Inggris, mereka juga mempunyai customer service berbahasa Indonesia. 

Reply email terakhir (Flight confirmed) dan minta special meal, sebutkan nomor booking Trip.com dan dalam email itu sebutkan special meal apa yang anda inginkan, halal atau Moslem Meal (MOML), Vegan, Vegetarian atau lainnya, itu saja, dan menunggu balasan.

balasan dari Trip.com tentang request special meal, ada yang bisa dan ada yang tidak

balasan dari Trip.com, kalau special meal berhasil dipesan


Kemungkinan setelah ini ada dua, request dikabulkan oleh maskapai atau request ditolak oleh maskapai, saya pernah menerima balasan keduanya. Kalau anda muslim, dan tidak ada pilihan moslem meal, maka saya sarankan pilihan selain halal food adalah buah, sehingga mereka akan menyediakan buah saja dalam penerbangan anda, heee.. 


Managing Tiket di website Trip
Last but not least, anda bisa mendaftar di website Trip.com (kalau mau) dengan email yang anda gunakan untuk memesan di Skyscanner. Apabila anda sering berpergian dan sering pesan via Trip.com ini sangat berguna karena riwayat pembelian anda akan tersimpan.

manage booking Trip.com

Tapi kalau tidak mau daftar juga tidak masalah, anda bisa mengatur pemesanan anda dengan klik kode booking trip.com anda di email, dan trip.com akan mengirim sandi (via email) lalu anda masukkan sandi tersebut hingga muncul tampilan seperti gambar diatas. Anda bisa mengirim itinerary dan receipt.


---

Saya sarankan beli dengan situs travel Indonesia. Tetapi kalau memang tidak ada pilihan lain (urusan harga, bahasa gak masalah) selain dengan situs pembelian dari luar Indonesia, ya mau gimana lagi, tapi kalau pilihan kamu terbatas ya sudah coba saja tips diatas... Ya itung2 pajaknya lari ke Indonesia kan, heee...

10 comments:

  1. Hai, Mas Arsanto Wibowo.
    Terima kasih atas penjelasan diatas.
    Jadi terkurangi kwkhawatirannya akan pemesanan tiket pesawat via skyscanner (trip.com).

    Jika kita order moslem meal, apakah itu sudah include di tiket kita? Atau kita harus membayar lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung apakah waktu pembelian tiket sudah include makanan atau tidak? Misal sudah termasuk, kita tidak perlu bayar lagi saat meminta penggantian menjadi moslem meal. Tapi kalau tidak termasuk ya harus bayar.

      Delete
  2. Hai Kak, makasih banget informasinya. Boleh tau gak Kak seberapa sering Kakak pakai trip.com? Kemana aja? Soalnya saya kebetulan tertarik juga buat pakai trip.com tapi saya baca review di google play banyak yg bilang dibatalin sepihak sama pihak flight-nya. Aku takut banget kalau udah bayar terus dibatalin (dan katanya duitnya gak langsung terefund). Pernah dibatalin dadakan gak kak selama ini? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh sama banget nih kejadiannya, tapi aku cek lagi emg dari maskapainya yang membatalkan penerbangan, dan yang aku khawatirin sekarang sama dana refundnya.. apa nanti bisa kembali atau tidak :(

      Delete
    2. HI, jadi gimana progress refundnya? Apakah bisa direfunf Full jika maskapai membatalkan?

      Delete
    3. Mbak gimana proses refundnya? Saya setelah selesai transfer uang sekitar 14jt an malah ada email masuk FLIGHT BOOKING CANCEL, padahal Saya tidak ada cancel.

      Delete
    4. Permisi, ini kelanjutan cerita refundnya gimana ya?

      Delete
  3. Pengen mesen tiket di trip. Com tapi takut ditipu apakah sudah ada yang pernah beli tiket di trip.com,

    ReplyDelete
  4. Cara cancle tiket gimana bang,,aku ada tiket untuk tgl 12 citilink pesen di trip.com mohon pencerahannya,trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kontak ke Customer Service Trip atau kontak maskapainya bagaimana ketentuan refund kelas tiket yg sudah dibeli

      Delete

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com