Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

28 December 2017

Naik Kereta Bandara - Railink dari Kualanamu ke Medan PP

Akhir tahun 2017, saya berkesempatan ke Medan untuk silaturahmi kepada salah satu teman saya dan saya memang perlu untuk resolusi saya tahun 2018. Untuk ke kota, saya memutuskan menggunakan kereta Bandara "Railink."Dari arrival hall ke Stasiun kita cukup keluar dari bandara dan menuju stasiun yang tepat berada di seberang pintu keluar bandara.


rambu petunjuk tempat transportasi umum (stasiun)


Keluar dari bandara, tulisan Stasiun Kereta Api Bandara terpampang jelas. Hanya perlu menyebrang jalan kita sudah sampai di stasiun.

pintu masuk stasiun, berseberangan dengan pintu bandara

Sambil jalan, sebelum ke stasiun saya terlebih dahulu booking tiket via applikasi dan memilih tiket fleksibel PP Kuala Namu - Medan - Kuala Namu. Untuk bisa naik saya menukarkan kode voucher menjadi tiket fisik di kounter informasi.

menukarkan voucher dengan tiket fisik

Rata-rata keberangkatan kereta setiap 1 jam sekali. Dan saya tidak perlu menunggu lama karena 15 menit kemudian kereta yang akan saya tumpangi datang.

tiket fisik dan struk yang berisi detail kereta dan tempat duduk

Ketika mendekati jam keberangkatan, petugas mengkoordinir dan memandu penumpang untuk memasukkan kartu tiket ke dalam mesin pembaca tiket. Setelah tiket dimasukkan maka pintu akan terbuka dan kita tinggal melewatinya. Kalau anda membawa barang bawaan yang cukup banyak, mintalah bantuan dari petugas.

mesin pembaca kartu

Setelah itu nikmati perjalanannya. Kalu pas dapat perjalanan malam ya cuma bisa lihat lampu-lampu rumah aja, tetapi kalau pas perjalanan siang bisa melihat pemandangan yang asri berupa pohon dan sawah-sawah. Hijau dan asri.

tempat koper (perjalanan malam)

Di setiap kursi terdapat kode tempat duduk, misal Kereta 1 nomor tempat duduk 8 B. Kita tinggal mencari kode yang sama misal K1-8B dan duduklah. Sekitar 30 menit kita sudah sampai ke tempat tujuan. Menurut pengalaman kereta yang akan ke bandara sepertinya lebih diprioritaskan dibanding kereta yang akan ke kota Medan. Mungkin karena kalau akan berangkat jadwalnya lebih strict.

suasana di dalam kereta (perjalanan siang)

Nah.. Di Jakarta, kereta bandara Soekarno Hatta - St. Sudirman juga beroperasi, cara-caranya juga tak jauh berbeda, bisa lihat di posting ini.


Tips :
  • Saya lebih memilih tiket fleksibel PP, dan pesan di aplikasi pembelian tiket. Karena ada diskon khusus.
  • Maksimal waktu untuk menukarkan tiket adalah 10 menit sebelum keberangkatan, jadi persiapkan waktu yang cukup untuk jalan, naik turun tangga. Terutama di stasiun Medan.

Selamat berlibur ke Medan...

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com