Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

28 February 2018

Registrasi Mahasiswa di NCKU Taiwan : Amazing Race Versi Mahasiswa

Sudah baca posting saya sebelumnya tentang Persiapan Calon Mahasiswa Sebelum Registrasi di NCKU ? Kalau belum coba lihat dulu. Karena di tahap registrasi ini lebih challenging. Oleh NCKU kita seperti diminta untuk melakukan "Amazing Race" versi NCKU. 

Sebenarnya ujung-ujungnya dari kegiatan ini adalah kita mendapatkan kartu tanda pengenal mahasiswa, istilahnya Student ID yang dapat digunakan untuk seluruh kegiatan di kampus, contoh buka pintu, bayar-bayar sampai naik bus keliling kota. Lalu, dimulai dari manakah registrasi mahasiswa baru di NCKU?

1. Membaca Handbook
Kok baca Handbook? Ya.. karena setiap semester agak sedikit berbeda alur registrasinya tapi yang ditulis disini sudah mendekati yang paling sering dilakukan. Nah, di handbook itu disediakan lampiran dan form, yang bisa diprint sebelum kamu sampai ke Taiwan.

Tidak hanya itu, dengan membaca form tersebut kamu juga punya gambaran apa saja yang dibutuhkan untuk registrasi dan waktu untuk langkah kedua, orientasi mahasiswa baru. Salah satu yang saya notice adalah proses pendaftaran medical check up, ada yang harus isi form booking via website, ada yang tidak. Tergantung apa yang tercantum di handbook dan appendices. Download semua yang diperlukan.


2. Mengikuti Orientasi Mahasiswa Baru
Jangan takut untuk ikut orientasi mahasiswa baru. Disini tidak seperti orientasi yang kita bayangkan di Indonesia. Suasananya sangat hangat. Kita diminta untuk menyimak materi-materi yang sekiranya perlu untuk diketahui oleh mahasiswa internasional baru di kampus. Pematerinya pun beragam mulai dari kampus, pihak asuransi, imigrasi bahkan kepolisian kota.

orientasi mahasiswa baru



Nah, yang menjadi bagian favorit bagi seluruh mahasiswa baru adalah bagian break dan makan. Disediakan beberapa makanan (roti). Bagi muslim, kita perlu sedikit bertanya mana yang aman untuk dikonsumsi.

Di tahap ini selain kita mendengarkan presentasi, kita juga diberikan tas yang berisi form-form yang diperlukan untuk registrasi tahap selanjutnya. Form ini ada yang sama dengan form di handbook ada juga yang baru. Sehingga kamu wajib menyimpannya dengan baik.


3. Enrollment di Sistem Komputer (Universitas)
Tahap ketiga sudah mulai agak serius. Kita diminta untuk mengisi form dan menyerahkan atau menunjukkan beberapa dokumen yang penting seperti :
  • Fotokopi admission letter
  • 1 buah foto ukuran 3,5 cm x 4,5 cm
  • Fotokopi paspor bagian identifikasi dan bagian visa taiwan yang sudah dicap
  • Fotokopi ijasah yang sudah dilegalisir
  • Dokumen pilihan asuransi
  • Fotokopi ARC atau surat keterangan ARC
  • Fotokopi dokumen beasiswa (bila gabung dengan admission letter berarti tidak perlu)
  • Fotokopi buku tabungan POST Bank
Belum Punya ARC? Belum punya buku tabungan POST Bank? klik saja posting Persiapan Registrasi Kuliah di NCKU
Mengecek ulang dokumen yang akan disumbit

Tidak usah khawatir kalau ada kesulitan komunikasi disini, akan ada volunteer dari berbagai negara yang akan membantu kita untuk mempersiapkannya. Selesai dari sini formulir registrasi akan dicap dan diberikan form :
  • pendaftaran untuk medical check up (ada yang online ada yang tidak), serta 
  • kertas tanda sudah registrasi.
kedua dokumen itu untuk medical check up di rumah sakit.


4. Registrasi di Bagian Registrasi Mahasiswa dan Cashier (Universitas)
Keempat kita harus melapor ke bagian Registrar universitas. Intinya untuk mengecek ulang data diri yang telah diinput ke sistem apa ada yang salah atau tidak. Yang patut diperhatikan di tahap ini adalah setiap staff punya job description masing-masing dan jurusan yang dipegang pun sendiri-sendiri.

Tipsnya lihat dulu papan informasi yang ada di depan meja mereka. Nah, cocokkan jurusanmu dengan list di papan informasi tersebut. Kalau sudah cocok ya antri aja dan serahkan dokumen yang diperlukan sesuai dengan formulir, seperti :
  • Fotokopi admission letter
  • Fotokopi paspor bagian identifikasi dan bagian visa taiwan yang sudah dicap
  • Fotokopi ijasah yang sudah dilegalisir
  • Form Student Information (didownload dari sistem)
  • Fotokopi ARC atau surat keterangan ARC
ke bagian registrar

Selesai dari sini, form registrasimu akan dicap oleh bagian Registrasi dan ingat-ingat jadwal kapan harus kembali ke beliau. Setelah itu segera ke bagian kasir untuk meminta cap dengan menyerahkan bukti pembayaran universitas (misal enrollment fee).

cashier div.

pilih no 1 untuk prosesya (antri)

Selesai tahap ini kita sudah mengumpulkan 3 stamp (cap) yaitu dari proses enrollment, dari registrasi di bagian registrar dan cap dari bagian kasir. Tahap selanjutnya adalah ke jurusan untuk registrasi selanjutnya.


5. Registrasi di Jurusan
Proses "Amazing Race" versi NCKU yang kelima adalah registrasi di Jurusan. Tentunya tempatnya bervariasi tergantung jurusan masing-masing. Disini kita diminta menyerahkan :
  • Fotokopi admission letter
  • Form Student Information (didownload dari sistem)
  • Fotokopi paspor bagian identifikasi dan bagian visa taiwan yang sudah dicap
  • Fotokopi kartu ARC (boleh menyusul)

Setelah itu formulir registrasi kita akan dicap. Sehingga lengkap capnya... Tapi jangan senang dulu, karena perjalanan belum berakhir. Kita masih harus medical check up sebagai syarat cap dari Health Center, nah yang ini nih agak unik karena tidak ada tempat stampnya dan tidak ada informasinya juga. Semoga pihak universitas kedepan memperbaikinya.


6. Medical Check-Up
Tahap ini punya alur sendiri. Sebelum mulai medical check up kita siapkan paspor asli / ARC asli lalu membawa formulir yang diserahkan di tahap 3, yaitu form pendaftaran medical check up dan form warna hijau.

out-patient workoer

form

Setelah membayar biaya medical check up, kita akan diarahkan untuk pemeriksaan fisik oleh dokter, pemeriksaan urin, pemeriksaan darah dan rontgen dada. Usahakan datang sepagi mungkin karena kitapun ikut dengan pasien normal.


pengeekan tekanan darah



7. Registrasi di Health Center
Setelah selesai medical check up kita bisa mendatangi Health Center untuk meminta cap terakhir yang menandakan kita sudah menyelesaikan seluruh tahapan registrasi a.k.a "Amazing Race Registrasi versi NCKU".


health center

Health Center berada di gedung yang sama dengan Kasir dan Registrar, hanya berlokasi di lantai 2.


8. Mengambil Student ID
Akhirnya, waktu yang ditunggu datang juga. Serahkan formulir yang sudah dicap (tahap 3, tahap 4, tahap 5 dan tahap 7) dan anda akan diberikan Student ID. 

student ID

Sah jadi mahasiswa dan menikmati fasilitas kampus.


***

Proses kita untuk memberikan dokumen ini belum selesai sebenarnya sampai kita mendapatkan kartu ARC yang valid. Karena di bagian registrasi jurusan sangat membutuhkan ARC ini. Jadi ketika kamu sudah punya kartu ARC segera fotokopi bagian depan dan belakang lalu serahkan ke Jurusan.

2 comments:

  1. Itu lokasi pengambilan student ID nya dimana ya? Apakah Registrar?
    Untuk Form Student Information pada tahap 4 & 5 apakah memang form yang sama?

    ReplyDelete

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com