Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

25 February 2018

Mengurus VISA Resident untuk Kuliah S2 di Taiwan

Mengurus VISA untuk kuliah ke Taiwan sebenarnya tidak sulit, hanya syaratnya banyak. Jadi kalau kita mau sekolah ke Taiwan dan memang punya waktu luang. Dihitung-hitung jalan sendiri versus menggunakan bantuan pihak lain masih lebih murah melakukan sendiri ya tidak ada salahnya untuk dicoba. Oya, disini saya tulis adalah VISA untuk long term study (>180 hari) karena ada juga untuk short term study / sering disebut sebagai VISA Visitor (seperti sekolah bahasa / summer school / student exchange yang biasanya masa belajarnya lebih sedikit dari long term study) dan tergantung dari lama masa studi kalian. 


suasana Kantor TETO Jakarta

Pertama, yang harus dilakukan adalah mengecek kebutuhan dokumen 
Untuk pendukung terbitnya VISA, kita memerlukan beberapa dokumen. Untuk mengetahui apa saja dokumen yang dibutuhkan anda bisa cek di website TETO bagian persyaratan VISA. Misalnya untuk VISA Resident untuk sekolah S1/S2/S3 anda harus punya :

  • 2 buah foto berwarna ukuran 4 cm x 6 cm dengan latar belakang putih. Dengan persyaratan seperti di web ini.
  • Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan keatas (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan Diterima Kuliah dari Universitas / Admission Letter (asli dan fotokopi)
  • Ijasah (asli dan fotokopi dari hasil legalisir)
  • Sertifikat kemampuan bahasa asing (TOEFL, IELTS, TOEIC), selain itu ada yang ditanyakan sertifikat TOCEL (Bahasa China).
  • Hasil Medical Checkup yang bagian hospital logonya dicap, dilegalisir/waarmeking oleh Notaris dan dilegalisir oleh TETP (asli dan fotokopi dari hasil legalisir)
  • Rekening Koran buku tabungan 6 bulan terakhir, saldo minimal Rp50.000.000 (asli dan kalau bisa mita cap dari CS dan fotokopinya)
  • Biaya Rp858.000


Setelah itu kamu harus memetakan, sudah sampai tahap mana persiapan dokumen diatas. Kalau belum mulai sama sekali ada baiknya memulai untuk cetak foto terbaru dan melakukan Medical Checkup terlebih dahulu.

Kedua, Legalisir semua dokumen yang harus dilegalisir
Setelah semua dokumen dimiliki mulailah untuk melegalisir dokumen tersebut dan setelah selesai melegalisir jangan lupa difotokopi minimal untuk arsip dan kebutuhan pendaftaran saat di Taiwan. Untuk pengalaman saya melakukan legalisir sendiri bisa dilihat di posting tentang legalisir dokumen untuk persayaratan VISA belajar S2 di Taiwan

Mengisi Formulir Pendaftaran VISA Online
Sebelum ke kantor TETO, kita diwajibkan mengisi formulir online permohonan VISA Taiwan dan mencetaknya di kertas A4. Untuk formya bisa ikuti web TETO


Form permohonan VISA Taiwan yang telah didownload dan diprint

Setelah diisi diprint dan ditandatangani serta disiapkan foto kita.


Datang ke TETO dan menyerahkan dokumen permohonan VISA
TETO sebagai perwakilan Republic Of China di Indonesia menerima permohonan VISA bagi yang ingin ke Taiwan. Letaknya di Gedung Artha Graha lantai 12 (kawasan SCBD). Untuk parkir terdekat saya sarankan di Electronic City SCBD. Nanti tinggal jalan ke gedung Artha Graha dan menginformasikan ke satpam bahwa kita ingin ke TETO.

Ingat, penyerahan dokumen hanya dilayani sapai pukul 11.30 WIB sehingga perhatikan benar-benar waktumu dan jangan lupa sebelum berangkat cek dan ricek lagi. Setelah sampai lapor saja ke satpam TETO bahwa kita akan mengajukan Resident VISA. Nanti mereka akan bantu sedikit mengecek dan merapihkan dokumen kita. Setelah itu akan diberikan tiket untuk menunggu panggilan.

Setelah dipanggil, datang ke loket dan serahkan semua dokumen yang dibutuhkan. Kalau bisa siapkan map agar dokumen tidak tercecer. Kalau OK semua petugas loket akan memberikan struk untuk dibayar. Bayar dan kembali ke loket tersebut dan kamu berhasil menyelesaikan tahap permohonan VISA. Di akhir bagian ini anda akan mendapatkan tiket khusus untuk mengambil VISA beserta jadwal pengambilannya kapan.

receipt dari TETO

Mengambil VISA
Sesuai struk, disitu tertera tanggal pengambilan VISA. Datanglah pada hari tersebut dan bawa tiket khusus untuk mengambilnya.

Visa setelah jadi

Setelah itu VISA anda akan ditangan, berangkatlah sebelum batas waktu VISA berakhir. Khusus VISA Resident, 15 hari setelah tiba di Taiwan, kita harus melapor ke National Immigration Agency untuk mengurus ARC (Alien Resident Card). Sedangkan kalau anda datang dengan VISA Visitor  untuk S1/S2/S3, anda tetap bisa merubahnya menjadi ARC nantinya di Taiwan tentunya dengan syarat-syarat khusus.


NB : Kalau dipersyaratkan harus ada ijasah dan kamu belum punya, maka kecil kemungkinan VISA Resident-mu sukses, bisa aja dapat VISA tapi VISA Visitor (biasanya syarat kurang lengkap untuk bisa dapat VISA Resident).


***

Selamat mencoba mengurus VISA...

8 comments:

  1. Jadi yg digunakan sebagai syarat mengurus visa itu surat referensi dari bank atau rekening koran ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kasus saya, rekening koran sebagai syarat visa dan surat referensi bank syarat di kampus / universitas tujuan

      Delete
  2. Butuh SKCK ga sih kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu saya, tidak.. tapi sebaiknya kroscek lagi persyaratan terbaru

      Delete
  3. min tanya, dok buat persyarat visa resident perlu legalisir teto dlu gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya ngurus visa di TETO apa ngurus Resident Card waktu di Taiwan? Kalau pas ngurus Visa di TETO, ada beberapa dokumen yang harus dilegalisir (cek di website TETO utk syarat terkini)

      Tapi kalau yg dimaksud utk Resident Card, dokumen yg dibutuhkan disiapkan semua di Taiwan

      Delete
  4. Min utk skrng memungkinkan gak sih pelajar indo utk ke taiwan? T___T soalnya tkut bgt ketinggalan thn ajaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah punya ARC kah? Kalau sudah punya bisa berangkat (cek q&a di web MOE), tapi kalau blm punya ARC dan blm punya visa harus mengurus visa dulu..

      Delete

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com