Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

26 February 2018

Tips Persiapan Registrasi Kuliah di NCKU Taiwan

Buat kalian yang mau sekolah ke luar negeri, khususnya di Taiwan, dan ingin kadar ribet saat di Taiwan berkurang untuk persiapa registrasi di kampus coba aja ikuti beberapa tips persiapan kuliah berikut ini. Sebenarnya simpel sih, tapi ada lho calon mahasiswa tidak terlalu memperhatikannya (termasuk saya), bisa jadi karena sibuk atau memang sedang memepersiapkan hal-hal lain yang lebih urgent.

This is it..

Pertama, Cek Email dan Mengisi Form Online Yang Harus Diisi
Ini penting, pihak kampus selalu menginfokan hal-hal yang penting melalui email dan kita sebagai calon mahasiswa harus mengikuti petunjuk tersebut. Salah satunya adalah mengisi form, karena dengan form ini mahasiswa mendapatkan data yang harus dibawa saat registrasi ulang di kampus. Beberapa data yang harus disiapkan adalah :
- Data diri lengkap calon mahasiswa, untuk kasus saya sebagai pendaftar di spring semester
- Data ringkas calon mahasiswa.

salah satu mahasiswa dari Mongolia mengecek email dan mencetak formulir

Kedua, Persiapkan Form-Form yang harus dicetak berwarna
Beberapa form harus dicetak berwarna dengan printer laser. Misal formulir data mahasiswa. Mumpung masih di negara asal cobalah persiapkan dengan matang apa saja yang harus dicetak. Sebagai gambaran satu kali cetak halaman berwarna itu 10 NTD sekitar USD 0.34

Jadi bacalah handbook atau pedoman untuk mahasiswa baru.

estimasi kebutuhan dokumen based on 2018 Spring (klik saja untuk lihat detailnya)


Ketiga, Fotokopi Sebelum Berangkat
Hanya karena Fotokopi bisa menjadi membuat kalian pada mahasiswa baru ribet bila tidak disiapkan dengan baik. Sebenarnya, bisa saja fotokopi di Taiwan, dan memang beberapa dokomen hanya bisa difotokopi di Taiwan seperti buku tabungan dan halaman paspor bagian VISA yang telah dicap oleh petugas imigrasi saat masuk Taiwan. Sebagai gambaran lembar fotokopi di Taiwan (khususnya Tainan) harganya 2 NTD sekitar untuk 1 halaman. Saran saya selagi masih di Indonesia atau negara asal yang biaya fotokopi per halamannya lebih murah dari 2 NTD, fotokopilah sebanyak-banyaknya.

Dokumen-dokumen yang bisa difotokopi selagi masih di negara asal :
  • Ijasah yang sudah dilegalisir oleh TETO / Kedutaan Taiwan / MOFA (lengkap dengan lembar keterangan legalisirnya), minimal ada 3 rangkap
  • Ijasah terjemahan berbahasa Inggris yang sudah dilegalisir oleh TETO / Kedutaan Taiwan / MOFA (lengkap dengan keterangan legalisirnya), minimal 3 rangkap
  • Transkrip nilai yang berbahasa Inggris yang sudah dilegalisir oleh TETO / Kedutaan Taiwan / MOFA (lengkap dengan halaman keterangan legalisirnya), minimal 3 rangkap
  • Halaman depan paspor, minimal 6 rangkap
  • Admission Letter, surat yang menyatakan kamu diterima di perguruan tinggi / universitas tersebut, minimal 5 rangkap
  • Scholarship Letter, surat yang menyatakan kamu mendapatkan beasiswa, minimal 2 rangkap
  • Dokumen lain yang diperlukan, misal ada dokumen yang dilegalisir di TETO / Kedutaan Taiwan / MOFA
Intinya jangan pasrah bongkokan... :)

fotokopi di luar kampus di Taiwan
Selain itu masih ada dokumen yang harus dan hanya bisa difotokopi di Taiwan

  • Halaman paspor bagian VISA yang telah dicap oleh petugas imigrasi saat masuk Taiwan. Kalo ada yang tanya dapetin capnya dimana ya.. di bandara pas kamu menyerahkan paspormu ke petugas imigrasi Taiwan.. sekitar 5 rangkap tapi disarankan ada cadangan (misal jadi 6 rangkap)
  • ARC (Alien Resident Card) atau bisa saja dokumen Surat Keterangan ARC sementara. Cara mendapatkannya dibahas nanti
  • Buku tabungan. Cara mendapatkannya nanti, setelah mengurus ARC dan mendapat Surat Keterangan ARC sementara dan punya nomor ponsel Taiwan baru diurus, dibahas nanti.

fotokopi di dalam kampus (untung masih buka)
 
Nah, sampai tahap ini anda bisa lakukan di negara asal. Namun ketika sudah sampai Taiwan anda segera lakukan hal-hal berikut :


Keempat, Membeli Nomor Telepon Taiwan
Ini menjadi keharusan karena tanpa nomor handphone di Taiwan anda akan mahal untuk roaming dan yang terpenting adalah anda akan kesulitan untuk mendapatkan kartu debit bank yang berlogo VISA dan hanya diberikan kartu debit bank biasa yang hanya dapat digunakan di bank tersebut (Chunghwa POST Bank untuk kasus saya).

mengurus nomor telepon Taiwan

Belinya bebas dimana saja dan operator apa saja. Tetapi usahakan punya sebelum kamu mendaftar / membuka akun tabungan di Chunghwa POST Bank. Saya sendiri beli di bandara Taoyuan dengan menunjukkan paspor dan boarding pass. Mahasiswa lain biasanya mengontak temannya yang sudah lebih dulu berada di Taiwan untuk mencarikan nomor untuk mereka dan diserahkan ketika calon mahasiswa tersebut meregistrasi dengan menyerahkan identitas diri.

Perkara nanti nomor handphone mau ganti karena paketannya gak cocok urusan belakangan, yang penting punya dulu. Kenapa saya tulis seperti ini karena memang untuk kebanyakan mahasiswa yang tidak terlalu banyak membawa uang tabungan memang cukup berat ketika harus membeli nomor telepon di bandara. Lebih baik mencari paketan promo kartu perdana.


Kelima, Membayar Biaya Dormitory dan Biaya Enrollment
Biaya dormitory dan Biaya enrollment (bila ada) harus dibayar terlebih dahulu. Hukumnya WAJIB.. Tanpa itu akan sulit bagi kalian untuk mengurus lagi. Apalagi kita akan dikenakan denda bila tidak taat. Kalau memang sampai deadline anda belum bisa membayar, maka anda harus mencari jalan keluar, bisa tanya kepada bagian Registrasi Universitas. Nanti akan dicarikan solusi.

Petugas sedang membubuhkan cap kampus di bill enrollment

Setelah membayar, bawa ke bagian registrasi untuk dimintakan cap kampus. Ini digunakan untuk mengurus ARC karena petugas ARC menginginkan bahwa pihak kampus mengetahui bahwa kalian adalah mahasiswanya, ditunjukkan dengan cap.


Keenam, Membuat cap nama China
Jangan kaget dulu, karena memang tipikal tanda tangan masyarakat di Taiwan itu menggunakan nama, sehingga memang diperlukan cap nama China untuk beberapa keperluan yang bersifat personal.

membuat stamp (cap) nama China

Untuk membuatnya, ada beberapa toko kelontong yang mempunyai alatnya. 2018 biayanya NTD 40, tidak terlalu mencekik.


Ketujuh, Check In Ke Dormitory dan Membeli Bantal
Nikmatnya tinggal di dormitory itu adalah ketika datang masih kosongan, hanya ada tempat tidur dan meja belajar. Sehingga mau gak mau setelah check in kita harus membeli beberapa peralatan untuk tidur.

Jangan lihat gambar gulingnya, intinya tetap harus beli..

Kalau memang bisa tidur tanpa bantal dan tanpa peralatan tambahan di bawah suhu 20 derajat Celcius, maka anda beruntung. Tapi kalau gak kuat siapkan saja minimal NTD 700 untuk satu paket kasur dan bantal. Sarung bantal dan sprei bawa aja dari Indonesia..


Kedelapan, Membuat ARC
Pekerjaan selanjutnya adalah membuat ARC, detailnya membuat ARC mungkin akan saya posting selanjutnya. Namun untuk membuat ARC minimal kita perlu mempersiapkan persyaratan (dari link imigrasi) beberapa dokumen :
  • Paspor asli
  • Fotokopi paspor di bagian identitas (1 buah) dan halaman VISA Taiwan (1 buah)
  • Letter of Acceptance dari kampus
  • Fotokopi Letter of Acceptance dari kampus
  • Fotokopi enrollment fee bill yang sudah dicap (poin kelima diatas)
Di kantor National Immigration Agency (NIA), kita diharuskan mengisi 2 form apabila ingin segera mengurus buku tabungan. Pertama form untuk pembuatan ARC dengan biaya NTD1000 dan harus ditempel pasfoto 2" latar belakang putih (ukuran 4.5cm x 3.5cm, dengan ukuran wajah 3.2-3.6cm) dan mengisi form kedua untuk mencetak surat keterangan sementara ARC.

gedung National Immigration Agency di Tainan

Untuk membuat surat keterangan sementara ARC dibutuhkan fotokopi paspor 1 halaman bagian identifikasi. Jadi keluar dari gedung NIA anda sudah memegang bukti atau nomor ARC sementara dan receipt serta jadwal pengambilan ARC.

Kalau anda tinggal di Apartement dan bukan Dormitory kampus, siap-siap menyerahkan bukti kontrak dengan pemilik apartemen (lebih baik dalam bahasa China) karena menjadi syarat mutlak. Kalau tidak ada, ya anda akan sulit dapat ARC untuk 1 tahun. Kalau anda tinggal di Dormitory, tuliskan juga nomor kamar anda. Nomor kamar ini akan dijadikan alamat surat menyurat.


Sembilan, Membuat Buku Tabungan
Last but not least, membuat buku tabungan menjadi item yang harus dilakukan sebelum kita melakukan registrasi. Yang diperlukan adalah :
  • Membawa stamp nama China
  • Membawa Letter of Acceptance
  • Membawa Paspor
  • Menunjukkan nomor telepon Taiwan dan email

POST Bank, di NCKU


Keluar dari sini anda akan mendapatkan buku tabungan. Sedangkan kartu ATM akan diberikan bervariasi, apabila anda mempunyai nomor telepon Taiwan maka anda akan mendapatkan kartu ATM berlogo visa yang bisa dipakai di mana saja. Sedangakan apabila anda tidak mempuyai nomor telepon Taiwan maka anda hanya mendapatkan kartu ATM biasa.

Selesai dari keseluruhan tahap ini anda memiliki :
- Nomor telepon Taiwan, horee.. bisa ngenet tanpa roaming
- Buku tabungan, digunakan untuk transfer beasiswa, bayar-bayar yang lain juga
- Stempel nama China
- ARC sementara
- Form-form dan dokumen pendukung
- Last but not least, bantal dan tempat untuk tidur...

***

Sampai di tahap ini anda sudah siap untuk mempersiapkan untuk registrasi. Jangan khawatir.. dan selamat siap-siap..

PS : Untuk International Student yaa.. Untuk Exchange Student hampir mirip... I'm sorry for not posting it in English but you can contact me if you have some question. 

2 comments:

  1. Selamat sore, rencananya saya ingin melanjutkan s2 ke ncku, apakah kakak berkenan jika saya hubungi lewat email? Terimakasih :)

    ReplyDelete

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com