Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

13 April 2017

Sholat Jumat di Masjid Al Mukminin Singapura

Sejatinya sampai bisa sholat di Masjid Al Mukminin di Singapura ini hasil dari rubah-rubah itenary dan adaptasi setelah selesai bermain di Legoland. Awalnya saya bersama anak saya ingin mencari masjid di sekitar legoland untuk melakukan sholat jumat.

Dari hasil tanya-tanya dengan beberapa orang yang bekerja di area legoland, masjid terdekat dari legoland berada di dekat hello kitty land / puteri harbour, yaitu Masjid Negeri Kota Iskandar. Untuk kesana bisa ikut free shuttle bus dari Mall Of Medini ke Puteri Harbour Theme Park, atau bus LM1 lalu dilanjutkan dengan jalan kaki. Namun rencana harus buyar, sesudah check out dari legoland jam 10 pagi, dan berjalan ke Mall of Medini, tempat bus stop, ternyata sudah terlewat bus yang kesana. waduuuh...

Bus tercepat yang akan berangkat adalah bus CW7L ke imigrasi Tg Kupang, Johor untuk ke Singapura via jalur 2nd link. Ya udah naik itu aja lah, nanti cari masjid di Singapura. Pilihannya ke Boon Lay atau ke Jurong East.

Belum sempat sampai Jurong East ternyata saya dan anak saya harus tertahan di imigrasi masuk singapura.. nasib pergi bareng anak berdua aja, ibunya gak ikut.. lumayan lama masuk kantor imigrasi karena ada permasalahan yang akhirnya terselesaikan... dan bisa masuk Singapura.... fiuuuh... campur deg-degan..

Jam sudah menunjukkan pukul 12, dan saya masih di Tuas Checkpoint immigration... khawatir melewatkan momen sholat jumat.. Di sisi lainnya saya bersyukur sudah di Singapura, paling tidak mapnya cukup banyak tersedia di dunia daring. Karena memang saya tujuan akhirnya di Jurong East temp. Interchange terminal jadinya berbekal jaringan internet roaming yang lebih murah daripada harus beli simcard lokal, saya mencari masjid terdekat. Dapatlah masjid Al Mukminin.

Masjid Al Mukminin

Jurong East MRT berada di sebelah Jurong East temp. Interchange Terminal tempat saya turun bus, sejenak melihat peta digital dan lihat sekitar, saya beruntung melihat warga lokal menggunakan kopiah dan baju panjang, wah.. mau sholat jumat pastinya mereka.. gumam saya, langsung saja saya angkat anak saya yang sudah kecapekan jalan, hehe.. ayo ke masjid...

Jarak 800 meter dari stasiun MRT lumayan juga gempor sambil gendong anak 15 kg belum tasnya, huhah...

Lingkungan sekitar Jurong East ini ternyata adalah pemukiman masyarakat, entah apartemen, entah rumah susun, dan Masjid Al Mukminin menjadi salah satu tempat ibadah yang ada di daerah ini.
tempat wudhu
menunggu khutbah
Uniknya, antusiasme umat muslim sholat jumat disini cukup tinggi, belum masuk waktunya saja sudah ramai duduk. Khutbah disajikan dalam 3 bahasa, arab, inggris dan bahasa melayu. lengkap...

Blk 207, salah satu halte bus terdekat dengan masjid Al Mukminin
Selesai sholat, ternyata di dekat masjid ada halte bus, dan bisa ke stasiun MRT Jurong, ya udah naik aja lah.. daripada tambah gempor ni betis.. berarti ibu-ibu yang gendong anak itu hebat-hebat... salut..

Di mana anak saya? hehehe... tentu saja dia saya tempatkan di tempat yang tidak mengganggu jamaah masjid dan tetap di sekitar saya, dekat kotak amal.. "Pegang Kotak atau Nyender di Kotak Amalnya yaa.."

menunggu bapaknya


Kalau anda masih di MRT, misalnya di green line atau red line, atau sedang melihat burung di Jurong Bird Park dan mendekati waktu sholat jumat, masjid Al Mukminin bisa menjadi salah satu tempat untuk jumatan, bahasanya pun termasuk mudah dipahami.


Masjid Al Mukminin dari halte bus Blk 207


Lokasi Masjid Al Mukminin :
271 Jurong East Street 21, Singapore 609603

1 comment:

  1. wah oke ini infonya..

    jadi ngga bingung lagi kalo mau jumatan kalo pas melancong ke Singapura..

    ReplyDelete

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com