Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

11 November 2016

Pengalaman Terbang Dengan Garuda Indonesia Boeing 737-800 ke Jayapura, Papua

Jayapura, ibukota propinsi paling timur Indonesia, hmm... lama saya termenung ketika ditugaskan ke Jayapura. Walaupun disana teman saya juga ada, dan seharusnya saya tidak perlu khawatir. Tibalah saat saya memutuskan untuk membeli tiket pesawat, saya waktu itu masih di Jogja. Ada beberapa alternatif, yaitu alternatif 1 ke Bali / Ujungpandang, transit ke Jayapura, sedangkan alternatif kedua ke Jakarta lalu transit ke Jayapura. Entah saya terlalu banyak berfikir atau salah pencet, jadinya terpilihlah penerbangan Jogja-Jakarta-Jayapura via Denpasar dan Timika..

Garuda Indonesia GA652 Boeing 737-800
Penerbangan ke Jayapura dari Jakarta rata-rata boarding tengah malam, karena memang memakan waktu lama untuk sampai ke Jayapura... 6 jam... Sebelum boarding saya menunggu di lounge, karena waktu transit cukup lama.

Ngopi dulu..

Masuk pesawat, saya terkesan karena penerbangan panjang ini dilakukan dengan armada Boeing 737-800 terbaru dari Garuda Indonesia, kabinnya baru dan setiap kursi ada audio video on demand (AVOD), disediakan selimut juga.

Kabin baru dilengkapi dengan AVOD

Rute penerbangan GA652

Penerbangan transit di Bali, saya tidak tahu alasan Garuda Indonesia mengambil rute transit ini, mungkin untuk mengakomodir orang-orang dari Papua dan Bali bisa saling terhubung. Di bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar kami transit selama satu jam, saya memutuskan untuk turun dan lapor ke petugas untuk sedikit istirahat.

Boarding Gate di Denpasar

Karena memang penerbangan malam, saya lebih banyak tidur, sesekalinya saya bangun adalah karena melihat pemandangan yang cantik di luar.

Sunrise di Laut Arafuru

Di Timika, karena cuma sebentar, saya tidak turun dari pesawat, dan hanya melihat-lihat ke luar. Di sekitar Timika saya sempat memotret saat pesawat melewati awan-awan yang unik.

Akhirnya, Danau Sentani pun terlihat. Pesawat sudah mulai approach ke landasan dan kami mendarat dengan selamat di Bandara Sentani, Jayapura, Papua pada pagi hari pukul 9, delapan jam perjalanan (termasuk 2 jam transit) dan ditambah 2 jam perbedaan waktu, cukup menjadi pengalaman yang seru.

Bandara Sentani

Seru lagi karena makanan yang disediakan Garuda Indonesia disajikan 3 kali, dan yang paling asik adalah makan dengan penutup es krim.

In-flight Meal with ice cream, woow..

Jus teman perjalanan

Untuk menentukan nomor tempat duduk yang cocok, cobalah cek di www.seatguru.com.

Kalau mau tahu pengalaman terbang dengan Garuda Indonesia di kelas bisnis, lihat disni.

Disclaimer:
Kondisi terkini mungkin berbeda dengan postingan ini :)