Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

22 December 2016

Cara Membuat SIM Internasional untuk Road Trip | westborneoroad

Fuihh... Akhirnya selesai juga... Gumam saya setelah mendapatkan Surat Izin Mengemudi atau SIM Internasional... Jenis SIM yang memang saya ingin miliki, kalau-kalau pas travelling ke luar negeri dan ingin berkendara sudah aman punya lisensi.



Sebenarnya bukan malapetaka yang timbul tapi efek udik dan sok tahunya saya saat mencari lokasi tempat pembuatan SIM Internasional ini sehingga saya memerlukan waktu sampai dua hari untuk bisa mendapatkannya. Berbekal blogwalking di blognya mas arievrahman.. saya putuskan untuk membuat SIM Internasional... yang penting buat dulu, dipakainya kapan perkara belakangan...

Hari pertama berbuah kegagalan, karena saya yang saya pikirkan ternyata berbeda dengan yang saya baca di blong. Malapetakanya bermula setelah turun dari KRL di Stasiun Cawang, saya dengan percaya diri naik transjakarta busway ke arah Semanggi.. eh, Transjakarta yang saya naiki ternyata jurusan bundaran Senayan.. walhasil di Semanggi ga bisa turun, lanjut ke halte Ratu Plaza, tambah macet dan saya harus menghabiskan waktu hampir 2 jam untuk bisa ke POLRI Semanggi, sampai di depan pintu pemeriksaan ditanyain "Mau mengurus apa pak?" saya jawab "Mau urus SIM Internasional" lalu dibalas "Pak SIM Internasional buatnya di Cawang, bukan disini".... Makjleb... Tempat pembuatan SIM di Korlantas POLRI di Cawang, bukan POLRI di Semanggi, geblek..

Karena sudah bad mood duluan, dan jam 2 siang ada janji ya, hari pertama gagal total plus muter-muter aja di sekitar Cawang-Semanggi-Ratu Plaza, hahaha...



So, saran dari saya kalau mau ke suatu tujuan naik transjakarta busway agar tanya dulu ke petugasnya.. terutama petugas yang di bus, jangan sok tau...


Berbekal kegagalan di hari pertama, esoknya saya mulai mencicil mencari informasi dan membaca detail blog mas Ariev... moco sing tenanan..., barulah tersadar kalau ternyata Korlantas POLRI lokasinya dekat sekali dengan Stasuin Cawang. Jadi setelah turun dari stasiun cawang, menyebrang terowongan dan berjalan ke arah seberang Menara MTH.



Sesuai web resmi dari POLRI, dan blog NTMC Korlantas POLRI untuk mengurus SIM Internasional, dibutuhkan biaya sebesar Rp. 250.000,- selain itu juga dibutuhkan dokumen pendukung seperti :
1. KTP asli & Foto copy
2. Paspor asli & Foto copy
3. SIM yg masih berlaku
4. KITAP asli & Foto copy (Utk WNA)
5. Materai Rp. 6.000
6. Pas Foto 4x6 3 lembar terbaru (untuk Pria berdasi & Wanita menggunakan Blezer. Latar belakang photo biru)



Karena dokumen pendukung saya belum lengkap, saya diarahkan oleh petugas yang berjaga di pintu masuk untuk melengkapinya di sebuah gang. Ternyata tulisan mas Ariev  joss banget, ada warung yang menyediakan jasa untuk menyiapkan copy dokumen dan cetak foto. Keren... saya aja ditawari makan tapi saya menolak karena memang yang diperlukan bukan makanan tapi fotokopi dokumen...

Yang unik menurut saya adalah, mereka menyediakan genset, yang ketika saya tanya alasannya dijawab "Kasihan yang sudah datang kesini mas, kalau di kantor SIM kan pakai genset, nah kalau pas mati lampu mereka datang kesini kami ga bisa support, mereka harus jalan jauh ke Cawang untuk sekedar fotokopi dan cetak foto, kasian...." Keren...





Lokasi pembuatan SIM Internasional berada di sebelah Masjid, kalau nggak tahu tanya aja sama Polisi yang jaga di depan dan ketika saya masuk nomor antrian sudah ke enam, tapi karena sepi saya langsung dipanggil, wow, cepat juga... Dokumen diperiksa dan langsung isi formulir, penyesuaian data, ambil foto dan jadi deh.  



Ternyata bagi WNA yang tinggal di Indonesia dan ingin mengendarai kendaraan di Indonesia, harus membuat SIM juga disini dan tidak bisa diwakilkan.

Ini menurut saya termasuk pelayanan publik tercepat yang pernah saya terima, mantap.. setelah itu disempatkan sholat dulu di masjid sebelah, masjidnya juga sejuk... akhirnya

Salah satu kegunaan SIM Internasional ini adalah saya gunakan untuk road trip di Kuala Lumpur - Penang di Malaysia.

Berikut tipsnya :
- Siapkan dokumen yang dibutuhkan untuk syarat pembuatan SIM
- Datang sendiri ke Korlantas POLRI, sepagi mungkin


Dan jangan salah alamat NTMC Korlantas Mabes Polri untuk Pelayanan SIM Internasional ada di :
Korlantas Polri
Jl. Letjen Haryono MT Kav 37-38
Jakarta 12770
Telp: 021-798970


Selamat Mencoba... Ayo Road Trip...

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com