Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

02 January 2017

Naik Bus dari Bandara KLIA ke KL

Ketika sudah mendarat di bandara Kuala Lumpur Internasional Airport (KLIA) baik KLIA maupun KLIA2, tentunya yang ada di pikiran kita adalah bagaimana caranya ke pusat kota Kuala Lumpur.

Untuk dari KLIA, ada beberapa metode dari KLIA ke KL, seperti :
1. Menggunakan KLIA Express / KLIA Transit / Kommuter via Stasiun Nilai
2. Menggunakan Bus
3. Menggunakan Taksi
4. Nebeng Orang Naik Grab Car

Setelah bagasi didapat, anak saya bertanya "Pa, kita naik kereta ya ke Kuala Lumpur?" saya jawab "sepertinya naik bus aja, sama kaya di Jakarta, kita naik bus dari bandaranya"

Pilihan ini bukan tanpa alasan, dari ketiga opsi diatas saat kami travelling ke Kuala Lumpur,  menggunakan bus adalah pilihan win-win solution untuk kami yang tidak diburu-buru waktu, biaya yang cukup murah, pemberangkatan setiap setengah jam, walaupun minusnya waktu tempuh menjadi lebih lama dari KLIA Express karena tergantung kondisi lalu lintas. Tujuan Bus ini adalah ke Stasiun KL Sentral, yang merupakan Stasiun terpadu antar moda transportasi di Kuala Lumpur.

Bus KLIA - KL Sentral

Ke Terminal Bus di Lantai Ground melewati Foodcourt Lantai 2
Bandara KLIA adalah bandara yang terintegrasi moda transportasinya, sehingga untuk ke KL atau lokasi lain cukup mudah. Lokasi Terminal Bus berada di lantai bawah, walaupun agak sedikit membingungkan untuk sampai di terminal bus karena tempatnya di sekitar gedung parkir mobil.

Arah terminal bus hampir sama dengan arah ke Sama-sama Hotel (Hotel Transit di KLIA), lalu kita turun ke lantai Ground untuk mencapai ruang tunggu terminal bus.

Papan Infomasi ke Terminal Bus


Apabila sampai ke hall kedatangan kita mengambil ke arah kanan lalu turun ke lantai dua kita harus berjalan ke pojok KLIA, bila anda turun di lift dan sudah belok ke kanan ternyata menemui foodcourt, jalan terus saja melewati foodcourt yang makanannya bervariasi dan tidak terlalu menguras kantong itu, nanti akan sampai di bagian jalan ke terminal Bus.


Papan Informasi

Papan Informasi di bagian Kedatangan

Tanda di setiap lift, untuk ke terminal bis (Stesen Bas) kita ke lantai 2

Lewati Food Court atau mampir dulu bila lapar


Beli Tiket
Bus untuk tujuan ke KL Sentral dikelola oleh Airport Coach Bus, yang loketnya nomor tiga (berwarna hijau) dan terdapat tulisan KL Sentral. Disini apabila mau ke tempat yang lain seperti ke Ipoh, Shah Alam, dan transfer ke KLIA2 juga tersedia. 

Kounter tiket

Ternyata harga bus pulang pergi lebih murah daripada sekali jalan, namun karena kami belum jelas pulangnya jam berapa jadinya kami beli tiket sekali jalan. Biayanya (Des 2016) :

- Dewasa : 10 Ringgit / Orang
- Anak - Anak : 6 Ringgit / Orang

Untuk harga tiket per tujuan yang update ada di website resmi bandara KLIA (pilih bagian bus). Atas beberapa request, beberapa kota tujuan dan harga kali ini saya tampilkan di blog.

bus Airport Coach

bus Star Shuttle

bus Aerobus

Nunggu Bus
Kebetulan kami harus menunggu sekitar 45 menit karena jadwal keberangkatan yang masih kosong adanya di pukul 17.00. Walaupun di ruang tunggu terminal bus tersebut ada tempat makan namun kami putuskan untuk menunggu di Foodcourt lantai dua. Makanannya cukup bervariasi sehingga mudah untuk lidah kami beradaptasi. Teh tarik, signature drink masyarakat Malaysia kami pesan untuk menjadi welcome drink kami.

Teh Tarik, Malaysia's signature drink

Naik Bus
10 menit sebelum jam pemberangkatan bus datang di gate No. 1, dan kami memasukkan sendiri barang bawaan ke tempat bagasi, yap.. tidak seperti di Indonesia yang dibantu oleh petugas, kalau di KL ini self service. 

Bagasi bus


Suasana di dalam bus

Bus ini cukup besar, menampung sekitar 40an penumpang, karena kami berada di antrian belakang jadinya duduknya ya di bagian belakang. Jalur yang dilalui oleh bus ini adalah jalan tol (highway) yang kualitas jalannya cukup baik sehingga mendukung kami untuk istirahat tidur.

Plusnya lagi, di bus ini disediakan wi-fi gratis, segratis wi-fi di KLIA, sehingga bisa menghemat paket data, hehe..



Sampai di KL Sentral langsung naik ke atas

Mengambil bagasi di terminal bus KL Sentral

Bus melewati daerah Brickfields sebelum sampai ke KL Sentral, setelah sampai KL Sentral  langsung mengambil bagasi dan naik menuju ke hall keberangkatan yang letaknya di lantai dasar. Setelah itu petualangan di KL pun dimulai.

KL Sentral

Eskalator ke NU Sentral mall dan Stasiun Monorail KL Sentral

Bila akan melanjutkan perjalanan dengan bus GoKL atau naik taksi bisa keluar dari pintu yang berseberangan dengan eskalator ke mall (jadi arah sebaliknya). Nanti akan menemukan halte bus KL Sentral seperti ini.


tempat menunggu bus GoKL atau taksi

Bila lapar dan capek bisa istirahat dan makan dulu di NU Sentral, mall yang letaknya bersebelahan dengan KL Sentral dan stasiun monorail KL. Untuk naik LRT harus beli tiket (token) dulu di kiosk dan ke peron di lantai atas, sedangkan untuk naik Kommuter harus beli tiket dulu di kounter, lalu turun ke peron bawah tapi kalau sudah punya kartu Touch n' Go bisa langsung tapping kartu tanpa harus beli token.

Peron LRT


Alternatif lain untuk ke KL Sentral seperti naik Bus ke Stasiun Nilai dan langsung naik kereta Kommuter dilihat di blog budakbandunglaici sedangkan untuk naik KLIA Ekspress bisa lihat web resmi KLIA Ekspress.




Tips :
- Bila dalam satu grup anda ada 2 orang dewasa dan 2 orang anak, maka dalam bahasa melayu, ucapkan "due dewase dan due kanak-kanak"




Untuk naik Bus dari KL Sentral ke KLIA akan silahkan klik disini.


Selamat Berlibur di KL..



50 comments:

  1. Baru rencana tgl 16-20 juli sdh pegang tiket MH jg dan nemu blog ini mantappp bisa buat panduan jadinya...hehe. makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya mau tanya klo kartu touch n go ini 1 kartu bisa dipake rame rame atw 1 orang 1 kartu ya pa?

      Delete
    2. 1 kartu untuk 1 orang, semoga membantu

      Delete
  2. mas kalo naik Malindo dari jakarta panduannya sama kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malindo di KLIA kan? Kalo di KLIA sama..

      Kalau apesnya di KLIA2 ikutin petunjuk disini

      Delete
  3. Om klo dari KLIA mau ke masjid jamek yg murah naik apa ya.... aq recananya mau nginep di sekitar masjid jamek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Opsi 1, Naik bus ke Pudu Raya (terminal bus Pudu) lalu jalan kaki ke Masjid Jamek sekitar 400 m, info lebih lanjut lihat http://www.klia.co.my, sekitar RM10 total

      Opsi 2 :
      a. Naik bus ke Stasiun KL Sentral (stasiun MRT) lalu naik ke peron, beli tiket (token) naik MRT ke Stasiun MRT Masjid Jamek, sekitar RM 12
      b. Naik KLIA Ekspres/Transit ke Stasiun KL Sentral (stasiun MRT) lalu naik ke peron, beli tiket (token) naik MRT ke Stasiun MRT Masjid Jamek, sekitar RM57

      Opsi 3, Naik Taksi / Grab / Uber, mungkin RM 65

      Silahkan pilih sendiri..

      Delete
  4. Mas kalau bus paling malam dari klia ke kl sentral jam berapa ya? Karena flight landing jam 22.30 😅😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Detailnya cek di web http://www.airportcoach.com.my, klik Services > KLIA-KL Sentral. Infonya bus terakhir pukul 00:30.

      Alternatif angkutan umum lain bila ketinggalan bisa naik kereta KLIA Transit / KLIA Express

      Delete
    2. Selamat malam mas Anto...saia sekeluarga akan berlibur k Bukit Bintang tgl 12-14 oct 2018 dengan Flight AK jam 20.35-23.30, nah yg saia mau tanyakan ketika naik bus dr KLIA2 menuju KL sentral, saia ingin melanjutkan perjalanan ke penginapan saia di jalan IMBI tepatnya hotel sunbeam Palm, utk menuju lkasi tsb naik grab (mengingat sdh malam) saia keluar digerbang apa(di KL sentralnya)?

      Delete
    3. Bisa ke pintu keluar KL Sentral yang ke arah halte bus kota / GoKL Red Line bus stop dan bukan halte bus Bandara/Genting yang berada di basement. Untuk pintu yang 1 lagi ke mall NU Sentral.

      Gambar halte bus / tempat menunggu taksi sudah saya update di blog. Scroll lagi ke atas..

      Delete
  5. Selamat malam mas, mau tanya untuk bus dari KLIA ke Pudu Raya apakah dijual ditempat yg sama dengan ke KL Sentral? Terimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tempat / area tempat membeli sama. Tapi loketnya bisa beda... Ada tulisannya loketnya menjual ke jurusan mana saja. Kalau dari KLIA bus ke Pudu Raya itu Star Shuttle (coba cek di starwira.com)

      Delete
  6. Makasih mas infonya. Mas..saya bertiga dan satu anak mau ke kl sentral. Lebih mudah dan murak naik klia express atau taksi mas. Trims mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik taksi (3-4 orang penumpang) biayanya sekitar RM80-100 tergantung trafik, detail tarif cek disini dan disini
      Naik KLIA Express per orang RM55 (tahun 2017) caranya bisa lihat di blog ini tapi arahnya dibalik
      Kalau naik KLIA Express lebih cepat tidak tergantung trafik, atau ada juga kok Grab di KLIA. Paling murah naik bus menurut kami

      Delete
  7. Selamat malam mas, saya mau tanya kalau air asia biasanya di klia atau klia2 ya mas? Mau minta sarannya juga, kalo saya dari bandara mau ke bukit jalil didekat axiata arena, transportasi yg murah apa ya mas? Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Air Asia di KLIA2, mau cepat dari KLIA2 naik kereta KLIA Transit turun di Stasiun Bandar Tasik Selatan lalu ganti naik LRT Sri Petaling Line ke stasiun LRT Bukit Jalil. Atau naik Bus ke Terminal Besepadu Selatan, jalan kaki ke Stasiun Bandar Tasik Selatan lalu naik LRT Sri Petaling line ke stasiun Bukit Jalil

      Delete
  8. assalamualaikum mas,terimakasih atas info nya,sy baru pertama kali hendak ke malaysia,dn tujuannya ke shah alam,lebih mudah dn murah nya naik kendaraan apa y agar sampai di shah alam? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa naik bus dari bandara (KLIA2) ke Shah Alam. Bus Plusliner.

      Alternatif 2. Naik bus dari KLIA ke stasiun kereta Nilai, lalu naik kereta ke stasiun Shah Alam (transit/ganti kereta) di stasiun KL Sentral

      Delete
  9. Selamat malam mas,
    Sy ad flight air asia 21.00 kemungkinan sampai jam 24.00, hotel kita di daerah jalan alor.
    Untuk transportasi dari bandara rencananya pake bus ke kl sentral.
    Kalo malem2 gitu dari kl sentral ke hotel ada grab ga ya mas ? Kira2 jaraknya berapa ?
    Lebih prefer dari bandara pake grab atau bus dulu ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. coba aja pakai grab, kalau ternyata gak ada yg respon, masih banyak taksi di pintu khusus tunggu taksi di KL Sentral
      2. coba, search dulu di aplikasi maps.. riset dulu.. jalan kaki mungkin 1 jam
      3. sesuai info di website KLIA, bus terakhir jam 00.30 ke KL Sentral.. alternatif bisa naik kereta / taksi / grab.. tergantung budget..

      Delete
    2. selamat malam mas,
      kalo harga tiket bus dari KLIA 2 ke KL Sentral untuk dewasa dan anak2 apa sama?apakah untuk tiket anak juga dapat kursi
      Terima Kasih

      Delete
    3. Beda.. tapi harus bilang ke konter.. bisa dalam bahasa Inggris / Melayu

      Anak-anak dapat kursi kok..

      Delete
  10. mas, sy rencana naik malasya air lines, dari KLIA ke daerah sentul paling murah naik apa ya, rencana smpe KLIA jam 14.45 siang. hotel sy di grand pacific sentul, mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bus ke KL Sentral lalu ganti moda MRT ke stasiun terdekat (Chow Kit) atau Monorel (Titiwangsa), untuk naik monorel stasiunnya di mall NU Sentral

      Delete
  11. Kalau dari KLIA2 ke china town kalau naik bus gmn mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek di web ini ada jurusan ke Pudu Raya apa nggak, oya.. pertanyaannya saya jawab di blog KLIA2-KL Sentral yaa

      Delete
  12. Siang mas...mau nanya, saya naik malaysia airlane, dari KLIA1 menuju ke pertama residency Taman Kobena Wilayah Persekutuan KL bagaimana ya? Tolong bantuannya,thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Naik Bus ke KL Sentral seperti tutorial di blog ini
      2. Beli tiket / token MRT ke stasiun MRT Taman Pertama
      3. Naik MRT tujuan Gombak, turun di MRT Pasar Seni
      4. Naik MRT tujuan Kajang, turun di MRT Taman Pertama, ke Taman Kobena jalan kaki
      bisa lihat peta MRT klcityguide.my

      Delete
  13. Sesuai web KLIA Bus pukul 00.30 terakhir, dan anda harus beli tiketnya dulu sebelum itu.. alternatif kedua kalau terlewat masih ada kereta KLIA Express pukul 00.50 dan KLIA Transit 00.59.. masih terlewat juga? Grab atau taksi.. dari KL Sentral ke hotel kemungkinan sudah harus menggunakan taksi karena MRT sudah selesai beroperasi

    ReplyDelete
  14. Hehe.. KL Sentral, itu stasiun pusat MRT dll di KL.. di basement

    ReplyDelete
  15. Mas mau tanya kalau klia1 sama klia2 jaraknya dekat kan.dan dr KLIA saya mau ke genting Highlands naiknapa ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. KLIA1 ke KLIA2 dekat tapi harus naik shuttle (berbayar).. cek di web KLIA apakah ada jurusan ke Genting? Kalau tidak ada harus ke KL Sentral lalu naik bus ke Genting dari KL Sentral

      Delete
  16. Coba cek di web bus dari/ke KLIA mas, sepertinya pagi sudah beroperasi.. tapi semisal gak ke KLIA2 ya harus nyambung naik shuttle (berbayar) dari KLIA ke KLIA2

    ReplyDelete
  17. asal biaya tidak menjadi kompromi.. ya monggo..

    ReplyDelete
  18. Mas.. biasa malindo klia atau klia2 ya? Ke arah chinatown gmn mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek disini untuk airline yang di KLIA 1, selain itu ya di KLIA2
      Ke Chinatown, coba baca di blog, lihat gambarnya & cek comment.. ada kok busnya itu..

      Delete
  19. Kalau yang dimaksud ke Regalia Suites, terdekat adalah stasiun LRT Putra. Dari bandara naik bus ke KL Sentral, jalan kaki ke mall NU Sentral dan naik LRT (monorail) dari stasiun LRT, turun di stasiun LRT Putra.

    Ke Legoland? Itu di Johor lho, secepat2nya 5 jam naik bus. Ada bus dari KL cek disini dan booking bus Bukit Bintang (KL) - Legoland disini

    ReplyDelete
  20. Selamat malam Mas Arsanto Wibowo,

    Mas..saya rencana mau ke KL di bulan Februari..liburan ala backpaker gitu..😊😊.Yang mau saya tanyakan di sini memgenai trasportasi umum,khususnya MRT.Kalo dari KLIA 2 Airport..menuju ke bukit bintang ( rencana saya nginap di salah satu hotel di daerah sana ) itu naik apa yah mas kereta apa yah mas.Trus rencana saya,sore menjelang malam,mau jjs di seputaran menara petronas ( dari bukit bintang ke sana naik MRT adakah..?naik dan turun nya di mana ).Trus besok hari nya saya rencana main ke Batu Caves dari bukit bintang naik MRT juga kan yah..naik dan turun nya dimana..?Terakhir saya mau main ke Genting Highland dari bukit bintang naik MRT juga kah..naik dan turun nya dimana..Mohon di bantu ya mas.Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KLIA2 - Bukit Bintang,
      pilihan 1, bus (murah lama) KLIA 2 ke KL Sentral disini lalu naik bus gratis GoKL sampai Bukit Bintang
      pilihan 2, Kereta (cepat mahal) KLIA2 ke KL Sentral dengan KLIA Ekspress / KLIA Transit lalu nanti naik LRT / MRT ke Bukit Bintang

      Ke Petronas,
      pilihan 1, murah dengan bus GoKL (gratis) cek tempat berhenti dan jalurnya disini
      pilihan 2, naik MRT lihat disini

      Ke Batu Caves,
      naik kereta / bus, dari Bukit Bintang ke KL Sentral (terserah mau naik bus GoKL atau LRT/MRT) lihat perjalan di blog
      lalu beli tiket / token dari KL Sentral ke Batu Caves (pulang tinggal dibalik)

      Ke Genting
      naik kereta / bus, dari Bukit Bintang ke KL Sentral (terserah mau naik bus GoKL atau LRT/MRT)
      lalu beli tiket ke Genting, naik bus dari Basement KL Sentral

      Delete
  21. Mas mau nanya itu di bandara KLIA WiFi nya pake password ga? Krn biasanya nyampek bandara lgsung beli paket walaupun mahal Krn buat ngub sodara yg jemput. Klo bs pake WiFi kan ga mesti beli paket hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada form login wifi di KLIA tapi lupa pakai password apa nggak, coba aja setelah sampai KLIA langsung connect wifi bandara.

      Delete
  22. Assalamualaikum mas, insyaAllah lebaran haji nanti mau kesana. Dan rencana mau nginep d sekitar bukit bintang, kira2 transportasi yg ngga bikin keder dan murah meriah apa ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. KLIA/KLIA2 - KL Sentral: dengan bus,
      KL sentral - bukit bintang: dengan LRT (kereta monorel) atau bus GoKL

      Delete

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com