Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

20 June 2019

Pengalaman Lari 21K di Zengwen Reserovir Marathon, Tainan, Taiwan

Tinggal di suatu kota yang punya sejarah panjang bagi saya tak lengkap tanpa mengikuti even lari yang juga ada di kota tersebut. Di Tainan, Taiwan salah satu even lari tertua yang ada adalah Zengwen Reservoir Marathon, tahun 2018 merupakan ke-35 kalinya even itu digelar. Even lari ini digelar atas kerjasama beberapa pihak terutama Ministry of Education, Tainan Government dan Taiwan Athletic Association. Buat saya, ini merupakan kesempatan yang sangat sayang untuk dilewatkan.

The 35th Zengwen Reservoir Marathon



Pendaftaran & Persiapan
Zengwen Marathon 2018 memperlombakan beberapa kategori seperti Full Marathon 42.195K, Half Marathon 21.3K, 12K dan 3K. Saya sendiri menyadari karena jarang lari, HM menjadi pilihan terbaik untuk mencoba even lari di Taiwan, disamping itu COT (cut-off time) 3,5 jam menjadi hal yang patut dipertimbangkan.

Mendaftar even lari di Taiwan tak seperti di Indonesia yang cepat laris bak martabak, disini saking banyaknya even lari jadi ya tersebar. Mendaftarnya di EO pendaftaran, bao-ming.com dan setelah mendaftar kita akan diberikan email.

Sebelum menyelesaikan pendaftaran, kalau mau ikut Zengwen Reservoir Marathon lebih baik nambah untuk tiket bus pp, kalau saya dari Tainan Train Station ke lokasi PP. Nambahnya juga tidak banyak kok NT$200 , tapi ini sangat bermanfaat karena lokasi lari jauuh dari kota, ini dekat perbatasan Tainan dan Chiayi.

Setelah selesai daftar akan dapat email, lalu kita diminta untuk membayar di convenient store, 7-Eleven melalui mesin yang sudah ada. Sampai sini, pendaftaran selesai tinggal mempersiapkan latihan.

Beruntung udara di kota bersih, sehingga latihan bisa dilakukan kapan saja. Latihan untuk even ini juga satu paket untuk latihan SC Taipei Marathon 2019 yang juga saya sudah daftar untuk FM. Latihannya cukup mempertahankan stamina dengan lari 5K rutin, sesekali 10K dan lebih dari itu.


Race Day
Berangkat ke lokasi tentunya dengan bus yang tiketnya sudah saya beli sebelumnya dan paket racepack dikirim ke alamat kita tinggal, jadi semua tinggal nunggu aja. Berangkat kita dengan bus besar yang nyaman dan start dari Tainan Train Station.

persiapan berangkat dari Tainan Train Station

Sampai tempat parkir bus di Zengwen

papan nama, Zengwen village

Perjalanan sekitar 1 jam, karena jadwal sholat shubuh belum masuk saat bus berangkat dan sudah masuk ketika setengah perjalanan, mau gak mau sholatnya di perjalanan karena kalau ditahan sampai lokasi bisa-bisa sudah terang. Kita berhenti di Zengwen Village (Zengwen Youth Activity Center) yang berada dekat dengan start lane.

Penitipan Barang
Sebelum lari saya menitipkan terlebih dahulu barang-barang yang saya bawa dan disini mejanya banyak jadi tidak antri terlalu banyak. Kita akan diberikan stiker di BIB

Tempat penitipan barang

Lari
Jadwal lari sudah dekat, tapi urutan pertamanya adalah FM dahulu baru HM, sehingga saya manfaatkan untuk mengambil gambar dan melihat-lihat sekitar. Yang unik, walaupun ini jauh banget ada juga atlet dari benua Afrika yang ikut lari

pelari dari benua Afrika

Akhirnya jam 7 pagi FM mulai start dan 7.10 HM start dan kami mulai berlari. Kita melewati jalan di pinggir Zengwun River, dan kala itu di bulan Desember sehingga temperaturnya dingin, sehingga saya lari dengan rushguard supaya gak kedinginan. Pemandangannya asik, langitnya biru, udara segar, asik..

start untuk 21K

melewati tulisan di start lane, keren juga sih

Dua kilometer pertama tidak terlalu berat, tetapi setelah itu sampai KM10.5 yang artinya sekitar 8 kilometer treknya menanjak terus, hehe.. Selama ini ya saya cuma fokus, berhenti di water station yang pertama KM5, dan selanjutnya tiap water station istirahat ambil minum. Yang unik tentunya pemandangan, tapi selama di trek yang keren menurut saya adalah melewati terowongan dan melihat kelas wheelchair yang juga nanjak treknya, keren abis mereka

kilometer awal, masih lebar belum menanjak

mau masuk terowongan, nanjak pula

wheelchair athlete, two thumbs up!

Tapi, ada tapinya karena ini bukan trek jalan besar, sehingga ya lebar tempat lari untuk satu arah tidak terlalu lega, sekitar 4-5 meter sehingga tidak terlalu mudah untuk menyalip kalau pas ingin menyalip pelari lain.

Pemandangan
Karena Zengwen Reservoir ini berada di perbukitan, pemandangannya sangat menakjubkan, beberapa yang saya bisa amati adalah pemandangan di hulu sungai Zengwun, lalu diatas dam, pemandangan di bendungan yang luas ini. Uniknya dam ini berada di kota yang lain, Chiayi, bukan di Tainan, tapi pintu masuk ke area ini ada di Tainan.

Pemandangan yang bisa dinikmati disini tentunya perbukitan, daerah pinggiran sungai yang berbatu-batu, pusat observasi bendungan, bendungan itu sendiri, pembangkit listrik dan tentunya taman-taman di sekitar dam / reservoir.

pusat observasi


dari atas dam, terlihat PLTA di bawah dan aliran sungai

matahari setelah terbit, tapi tertutup awan, pemandangan dari atas dam


nun jauh disana bendungannya, sebelumnya kami lewati

hulu sungai Zengwen

start lane di sebelah kiri aliran sungai, sungai mengalir ke Tainan

Fasilitas
Fasilitas selama lari ini juga tidak sedikit, yang standar terdapat penitipan tas, lalu toilet yang dipisah antara toilet wanita dan pria, lalu toilet ini juga disediakan di beberapa kilometer check point, seperti di sekitar km5 atau 6 (km 14/15) dan km10. Water station pertama di KM5, lalu setiap 2.5 kilometer ada water station yang menyediakan air mineral dan isotonik, di beberapa water station ada buah dan medical station. So far so good.

toilet

water station

tempat sampah



toilet, medical station

Finish
Juara sudah bisa ditebak.. Atlet dari benua Afrika, hehe.. kalau saya cukup di sekitaran 3 jam untuk finish sudah bagus, karena nanjak terus coy, abis itu turun terus.. lumayan gempor untuk nahan berat badan ini, hehe.. Setelah finish foto-foto, dapat medali, handuk finisher dan beberapa roti yang saya berikan ke pelari lain.

finish, selfie dulu..#asthmacanrun

suasana di garis finish

medali, keren desainnya

yes, finihser..


---
Kalau mau melihat beberapa footage dari Zhengwen Reservoir Marathon bisa lihat disini:
The 35th Zhengwen Reservoir Marathon 2018第35屆曾文水庫馬拉松賽 (https://www.nownews.com/news/20181209/3111927/)
Youtube (https://www.youtube.com/watch?v=yzb9AZNtD14)
FB (https://www.facebook.com/曾文水庫馬拉松-1672101349764605)

--

Posting yang sangat terlambat karena terlalu lama di draft, didedikasikan untuk perusahaan yang memberikan saya banyak pelajaran, waktu itu dekat dengan HUT-nya... Didedikasikan juga untuk para pengidap asma yang ingin terus berjuang dan beraktivitas berat.. because #asthmacanrun

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com