Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

14 June 2019

Naik Bus di Taiwan bagian Selatan (Tainan)

Kaohsiung dan Tainan, dua kota di Taiwan yang sering saya singgahi untuk jalan-jalan atau refreshing sejenak dari kesibukan sehari-hari, nah untuk memudahkan kita keliling kota, selain share bike (sepeda dengan konsep sharing) yang kekinian, masih ada bus yang menjadi moda transportasi paling mumpuni di kedua kota ini, yaitu bus kota. Kali ini saya share bagaimana untuk memudahkan kita Naik Bus di Tainan.

bus stop di salah satu tempat wisata di Tainan, terdapat nomor bus, waktu tunggu dan jalur bus

Sebelum naik bus, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu rute-rute bus yang ada, karena tiap kota provider bus itu bisa berbeda-beda namun regulatornya tetap dari pemerintah kota. Kalau di  kota Tainan bisa lihat website http://tourguide.tainan.gov.tw/newtnbusweb/other.aspx atau di http://tourguide.tainan.gov.tw/newtnbusweb/RouteSearch.aspx untuk cek rute bus beserta map / peta jalur bus. Untuk lebih jelasnya, bagaimana cara naik bus simak tips berikut..


1. Kenali dan cek bus stop terdekat
Penting untuk mengenali dan memastikan bus stop yang terdekat dengan posisi anda, karena hampir di setiap daerah ada bus stop yang terdekat, misal di Tainan station ada bus stop terdekat dengan nama Tainan Station yaitu Tainan Station (North Station) / 臺南火車站(北站) dan Tainan Station (South Station) 臺南火車站(南站). Kenapa? karena walaupun namanya sama Tainan Station bisa jadi ada 2 tempat. Begitu juga untuk tempat yang lain karena bisa jadi tempat bus yang harus anda naiki berada di seberang jalan. Untuk ini kamu bisa datang ke bus stop secara langsung atau dengan melihat aplikasi peta misal google map dan cek dan klik bus stop di sekitar anda untuk tahu namanya.

Mengetahui bus stop terdekat (kali ini Dong Ning Community) beserta jalur yang melewatinya

Kenapa google map? Karena aplikasi map dari website Tainan City Bus menggunakan platform opensource yaitu Open Street Map, yang mayoritas menggunakan karakter Mandarin (中文). Ketika anda tempatkan (hover) mouse anda di posisi bus stop, akan ada informasi nomor bus yang tersedia.


bentuk bus stop versi 1, ada kanopi, ada running text informasi bus, ada peta jalur bus

bentuk bus stop versi 2, ada running text informasi bus, ada peta jalur bus

bentuk bus stop versi 3, ada jalur bus tanpa running text, mau tahu kapan bus datang harus via aplikasi/website
Jenis halte bus (bus stop) ada 3 lho di Tainan yang pertama jenis yang besar itu sangat lengkap ada running text informasi kedatangan bus, ada kanopinya, ada peta jalur bus. Yang kedua mirip yang pertama tapi tanpa kanopi, nah yang ketiga cuma informasi saja tanpa realtime waktu tunggu bus.


2. Kenali bus stop akhir (tujuan)
Naik bus tentu dengan tujuan kan, masa iya gak tentu arah? Paling gampang adalah dengan aplikasi maps seperti tips pertama misal google map, cari sekitar daerah tujuan halte terdekat dan lihat bus yang melayani. Setelah mendapatkan bus stop tujuan, perlu anda tulis atau ingat-ingat.

saya mau ke sekitar Anping, ternyata bus stop terdekat itu dilayani jalur 2, bus 88 juga ada beda bus stop

contoh informasi jalur bus stop tujuan

contoh informasi jalur bus stop versi lainnya
Kalau ternyata busnya satu kali naik (tidak perlu ganti bus) bisa lihat di bus stop langsung, berapa stasiun dan bagaimana karakter mandarinnya.


3. Pilih bus yang lewat 
Sudah berada di bus stop, atau sudah menentukan bus stop yang akan dipilih. Setelah itu bisa menentukan atau memilih bus yang akan dinaiki. Untuk mengetahui bus apa saja yang lewat situ bisa ke menu Bus Stop Information di website Tainan City Bus, masukkan nama bus stop yang anda inginkan dan klik search, nanti akan ada menu bus yang lewat halte tersebut beserta waktu tunggu.

menu Bus Stop Information


Menu Bus Stop Infomation yang sudah Spesifik, ada nama halte dan bus yang berhenti dan waktu tunggu

Pastikan sebelum anda tidak salah arah. Lihat baik-baik arah tujuan bus, kode haltenya juga.


4. Lihat jadwal bus
Kadang kita belum berada di halte bus dan ingin tahu kapan bus terdekat akan datang. Atau mau merencanakan keberangkatan, sehingga perlu lihat jadwalnya. Ada banyak cara di website ada menu E-Bus dan akan ada list seluruh jalur bus di Tainan. Silahkan pilih dan akan muncul peta interaktif posisi bus.

Menu E-Bus di website Tainan City Bus


Peta Jalur Bus dan posisi bus, ada dua warna bus (untuk menunjukkan arah yang berbeda) Klik Timetable utuk jadwal

menu Jadwal bus, karena tiap hari mungkin ada perbedaan rute dan jam
Setelah muncul peta, ada tombol Timetable, itu bisa diklik, untuk menampilkan jadwal harian bus dan bisa diprint atau disimpan dalam bentuk PDF.


5. Naik bus dan turun bus saat sudah sampai
Bus sudah dekat? Kamu perlu melambaikan tangan untuk memberhentikan bus. Selain itu ada 2 metode pembayaran. Dengan uang cash koin sebesar 20NTD atau dengan kartu easycard maupun i-pass card yang kalau mau beli bisa datang ke convenient store (7-Eleven, Family Mart, etc) maupun vending machine di Bandara Taoyuan (kalau dari Taoyuan).

Naik bus

Setelah naik, kita perlu bayar dulu (kalau pakai cash) atau tapping kartu di mesin pembaca. Dan kalau mau turun tekan tombol stop yang ada di atas atau di tiang pegangan tangan. Sebelum turun perlu tapping lagi kartu untuk menutup perjalanan, kalau cash nggak perlu tapping langsung turun saja. Oya, turun biasanya dari pintu belakang kalau bus besar, kalau bus kecil cuma satu pintu untuk naik turun, kecuali ramai sesuai arahan supir.

Suasana dalam bus

Suasana dalam bus (perhatikan running text untuk info stop berikutnya)

free, pas World Car Free Day


Tips:
1. Install App Tainan City Bus di Google Play atau Apple App Store.
2. Di web Tainan City Bus ada menu Public Transport Transfer dan itu bisa digunakan untuk mengatur perjalanan kita lho, nanti disuguhkan beberapa alternatif moda transportasi.


Pilih start dan end di tab Public Trasnport Transfer


alternatif moda transportasi

penjelasan rute yang dipilih

Ayoo.. ngebus di Tainan.. Kami pernah jalan-jalan lumayan jauh ke Wushantou Reservoir dengan bus..

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com