Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

31 January 2018

Itenerary Jalan-Jalan Ke Kuala Lumpur dengan Anak-Anak

Kuala Lumpur, Malaysia tentunya menjadi salah satu tujuan wisata yang palng diminati bagi masyarakat Indonesia karena cukup bersahabat baik bagi lidah, juga bagi kantong karena beberapa kebutuhan primer saat berwisata bisa terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Kuala Lumpur City Gallery


Yap, alasan inilah yang menjadi pertimbangan kami untuk berwisata ke Kuala Lumpur. Tentunya tidak hanya untuk pergi sendirian tetapi juga dengan keluarga, anak tentunya. Nah, apa saja yang bisa dinikmati di Kuala Lumpur? Berikut beberapa list yang dilakukan westborneoroad'ers selama di Kuala Lumpur



Bandara KLIA - Hotel
Setelah landing di Bandara Kuala Lumpur International Airport, baik itu KLIA 1 atau KLIA 2, kita perlu segera ke tujuan pertama. Bagi saya yang bawa barang banyak dan keluarga. Tujuan pertama adalah ke hotel, kali ini adalah hotel di daerah Pasar Seni.

Untuk ke hotel ada 2 tahap, pertama adalah ke KL Sentral dan tahap kedua adalah ke Pasar Seni. Dari KLIA 1 atau KLIA 2 ke KL Sentral bisa menggunakan kereta cepat KLIA Express atau KLIA Transit. Sedangkan alternatif yang murah, dan kami pilih adalah menggunakan bus.
- Bus KLIA 1 ke KL Sentral
- Bus KLIA 2 ke KL Sentral

Bus KLIA - KL Sentral


Untuk tahap kedua, saya menggunakan LRT, atau terkenal dengan MRT. Jurusan KL Sentral - Pasar Seni. Untuk panduan menggunakan MRT / LRT bisa lihat di posting Tips dan Cara Naik MRT di Kuala Lumpur.

token untuk naik KRL, bisa didapat di mesin khusus disetiap stasiun


Kalau tujuan kalian misal ke Shah Alam, bisa langsung dari KLIA ke Shah Alam naik bus lho.. Walaupun kalau naik KTM juga bisa, sehingga dari KLIA tidak perlu mampir ke KL Sentral. Nah nanti di Shah Alam bisa keliling dengan bus gratis Smart Selangor Shah Alam.

suasana peron di stasiun KL Sentral


Untuk urusan makan di hari pertama, karena persiapan adaptasi saya membeli nasi dengan ayam kremes merek KFC yang ada di sekitar Pasar Seni, hehe...


Ke Dataran Merdeka
Dekat dengan Pasar Seni, Dataran Merdeka menjadi pilihan, namun sebelum berangkat saya membeli makanan untuk sarapan pagi, seperti nasi lemak dan cemilan donat yang dijajakan di sekitar Pasar Seni. Salah satu keuntungan menginap di sekitar Pasar Seni adalah melimpahnya makanan. Karena menjadi hub transportasi di KL dan banyak pekerja yang menyempatkan waktunya untuk mencari sarapan.


bendera Malaysia

Di Dataran Merdeka, kita bisa menikmati pesona gedung-gedung bersejarah Kuala Lumpur, untuk mengetahui informasi pariwisata Kuala Lumpur dan Malaysia, anda bisa ke KL City Gallery. Simak perjalanan gratisan westborneoroad'ers selama ke Dataran Merdeka dan sekitarnya disini.

Untuk ke Dataran Merdeka, stasiun terdekat adalah Masjid Jamek dan Pasar Seni, sedangkan kalau anda dari KL Sentral bisa naik bus gratis GoKL dan turun tepat di Dataran Merdeka.

Ke Shah Alam
Sebenarnya apa sih spesialnya Shah Alam? Bagi anak saya ada, karena dia bisa bertemu dengan dinding yang sama dengan film animasi anak-anak Upin dan Ipin. Selain itu dia bisa menikmati makanan dari Restoran Geng's Corner.

bersama keluarga dan teman-teman Upin & Ipin


Untuk berkeliling Shah Alam, anda bisa menggunakan KTM ke Stasiun Batu Tiga dari KL Sentral lalu menggunakan bus Smart Selangor Shah Alam. 


Bus Smart Selangor ini bisa mengantarkan kita ke beberapa tempat, salah satunya ke Mall AEON Shah Alam.


Tour de Mall, jalan-jalan ke pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur
Kuala Lumpur adalah salah satu kota yang terkenal sebagai surga belanja di mall, selain Jakarta tentunya. Kesempatan ini kami gunakan untuk sedikit menjelajah atau mengenal mall-mall apa saja yang ada di KL.

menonton di MidValley Mega Mall

Sebetulnya banyak mall di KL, namun saya hanya menyempatkan ke Berjaya Times Square dan mencoba bermain di tangga yang berbentuk tuts piano, Menonton film Jeng Jeng Jeng dari Upin Ipin di bioskop (pawagam) di MidValley Mega Mall dan melihat-lihat di Sunway Putra Mall.

Kenapa MidValley? Karena konon katanya itu adalah mall terbesar di KL. Untuk ke sana pun ada shuttle gratis

Tour de Mosque, mencoba sholat di Masjid
Jika sebelumnya tour de mall, sekarang kebalikannya, bagi muslim, mencoba sholat di masjid tentunya akan membawa aura tersendiri. Terlebih lagi menyempatkan sholat Jumat (bagi laki-laki) dan sedang traveling di luar negeri. Kuala Lumpur mempunyai beberapa masjid yang indah. Masjid Jamek (sayang saat kami datang sedang renovasi dan ditutup total), Masjid Negara dan yang dekat dengan Petronas Twin Tower yaitu Masjid Asy-Syakirin, KLCC.

Masjid Jamek, dari kejauhan

Masjid Negara

Masjid Asy-Syakirin, kawasan KLCC

Saya menyempatkan sholat jumat di Masjid Asy-Syakirin di kawasan KLCC, banyak juga wisatawan yang sholat disana.


Must Visited Place in KL, Petronas Twin Tower dan KLCC
Jika ada satu atau dua tempat yang mejadi "must visited place" di Kuala Lumpur tentulah kawasan KLCC dengan ikon Petronas Twin Towernya. Menyempatkan berfoto dengan kedua gedung kembar ini menjadi salah satu momen yang mungkin perlu diagendakan.



Di kawasan KLCC, terdapat kolam yang dilengkapi dengan atraksi air mancur menari, ini cukup memberikan pengalaman tersendiri bagi anak kecil terutama yang senang dengan air.



Didalam Suria KLCC, terdapat Petrosains, tempat kita belajar tentang bumi dan proses pengambilan, pengolahan minyak dan pemanfaatan energi. Selain itu kita bisa belajar tentang ilmu fisika yang unik.

melihat miniatur kendaraan di luar angkasa


Melihat KL dari atas di Menara KL dan Batu Caves Temple
Saya pernah mengelingi Kuala Lumpur saat berlari di KL Marathon, tiga gedung yang menjulang tinggi dan menjadi ikon Kuala Lumpur adalah Petronas Twin Tower dan Menara KL. Bagi yang menyukai melihat kota dari ketinggian seperti naik ke Sky100 di Hong Kong, maka Menara KL bisa menjadi alternatif.

di Menara KL


Di gardu pandang Menara KLkita bisa melihat KL dari sudut pandang yang lain, hee.. tapi kita harus merogoh kocek cukup dalam untuk bisa menikmatinya.

pemandangan di depan Batu Caves Temple
 
Alternatif lain untuk melihat dari sudut pandang yang lain adalah naik ke Batu Caves Temple, yang berada di dekat stasiun Batu Caves. Walaupun sudah tidak di area Kuala Lumpur tapi kita bisa melihat suasana kota dari atas. Karena Batu Caves Temple berada di dalam gua yang untuk kesana kita harus menapaki anak tangga yang cukup membuat nafas tersengal.



Melihat Burung Khas Malaysia di KL Bird Park
Burung Hornbill, yang menjadi maskot KL Bird Park memang sudah sulit dilihat di habitat aslinya, walaupun masih banyak. Burung ini punya postur yang besar dengan paruh yang unik. Salah satu tempat dimana kita bisa melihatnya adalah di KL Bird Park.


Mengunjungi KL Bird Park bersama anak-anak tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri karena kita bisa dekat dengan hewan-hewan yang jarang ditemui di kehidupan kota.


Sekian saja dari kami, masih banyak yang lain tapi cukup lah.. :)
 
NB:
Genting gak masuk list, karena gak disekitar KL, hee.. tapi kalau mau ke Genting bisa naik bus dari KL Sentral.

Tips :
  • Apabila ke Kuala Lumpur, menginaplah di hotel yang dekat dengan titik henti moda transportasi seperti di sekitar Pasar Seni dan Dataran Merdeka, sekitar Pudu Raya dan tentunya. Salah satu hotel yang pernah saya singgahi adalah Hotel J Avenue.
  • Jalan dan jalur pedestrian di Kuala Lumpur termasuk ramah terhadap pejalan kaki, jangan lupa bawa stroller apabila berpergian dengan balita.
  • Kalau mau menggunakan kartu touch n go lihat disini.
  • Untuk urusan paket data telekomunikasi bebas, kalau saya sendiri menggunakan Digi yang sudah mendukung 4G.
  • Ke KL pilih mana? Air Asia apa Malaysia Airlines
  • Mau naik bus gratis di KL? Coba aja download dulu peta jalur bus GoKL

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com