Indonesian who support traveling with family or kids, take photo and diving

21 April 2019

Berkunjung ke Masjid Xiaotaoyuan, Shanghai, Tiongkok

Shanghai, salah satu kota besar di Tiongkok, yang sempat saya kunjungi tahun 2018 lalu, ternyata menyimpan potensi wisata religi, tidak hanya menjadi kota metropolitan tetapi Shanghai juga mempunyai banyak masjid. Ketika saya datang ke Shanghai, tercatat ada 6 masjid di Shanghai, dan ini termasuk kota yang terbanyak memiliki masjid di Tiongkok.

tulisan kaligrafi China di depan pintu masjid

Salah satu masjid di pusat kota, terbesar dan dekat dengan MRT yang pernah saya singgahi sebentar untuk sholat Maghrib adalah masjid Xiaotaoyuan atau dalam bahasa mandarin : 小桃園清真寺 (dibaca xiaotaoyuan qingzhensi).
Menuju masjid
Masjid Xiaotaoyuan ini berada di distrik Huangpu. Dan untuk menuju ke masjid bisa kita ke MRT Fuxing East Rd. lalu berjalan kaki di pedestrian Fuxing East Rd. ini ke arah timur hingga sebelum persimpangan jalan. Nanti akan ada papan petunjung Xiaotaoyuan Masjid.

papan informasi arah ke masjid

gang xiaotaoyuan

Masjid Xiaotaoyuan ini ada 2 bagian, bagian laki-laki dan bagian perempuan. Untuk sholat jamaah sehari-hari yang digunakan di bagian laki-laki. Taunya bagaimana? Masjid yang berwarna pink (dekat dengan jalan besar) itu untuk perempuan. Sedangkan yang untuk laki-laki masih harus jalan sedikit nanti ketemu gapura besar dengan tulisan kaligrafi "Innaddina 'indallahil islam" di atas gapura.

gapura masjid Xiaotaoyuan

Setelah masuk anda mungkin akan terkesima karena ternyata masjidnya cukup besar. Yang menarik, adzan dikumandangkan tanpa pengeras suara, jadi muadzin harus melakukannya di luar masjid agar terdengar. Saya menyempatkan berwudhu di masjid ini, lalu sholat maghrib sekalian karena waktu sudah sore.

pintu masuk masjid

ruang sholat utama

Ketika maghrib, mungkin karena orang-orang masih dalam perjalanan pulang atau mungkin masih di kantor, yang berjamaah tidak terlalu banyak namun tetap ada jamaah. Kalau mau lihat cerita lain ketika saya di masjid ini bisa lihat di posting ini.

masjid Xiaotaoyuan yang untuk wanita

jadwal sholat

So, kalau ke Shanghai misal mampir ke Disneyland, bisa juga sambangi masjid-masjid terdekat yang ada di Shanghai.

---

Map Masjid Xiaotaoyuan :
Alamat : 上海市黄浦区复兴东路小桃园街52号
Map : https://j.map.baidu.com/YMSoG

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Copyright © West Borneo Road Published By Gooyaabi Templates | Powered By Blogger

Design by Anders Noren | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com